10 Action Camera Terbaik di Indonesia 2019

Action Camera TerbaikPas sekali buat kamu yang sedang mencari sebuah action camera, kita memang akan membahas secara rinci 10 pilihan kamera paling populer yang bisa kamu beli tahun ini.

Action camera sama sekali berbeda dibandingkan dengan kamera pada umumnya. Kamera jenis ini didesain untuk dipasangkan ke helm, papan seluncur, mobil, sepeda motor dan lain-lain. Dengan ukuran kamera yang lebih kecil, lensa yang dimiliki tetap mampu menangkap gambar dengan resolusi tinggi bahkan sampai 4K.

Kita akan membahas secara rinci spesifikasi action camera terbaik yang cocok untuk kamu gunakan, sesuai dengan kebutuhan, dan pastinya harga yang terjangkau dengan kantong konsumen Indonesia.

Kegunaan Action Camera

Dengan ukuran yang lebih kecil dan POV (point of view) yang sangat populer digunakan oleh banyak penggemar olahraga ekstrem, action camera menjadi pilihan paling baik karena mudah untuk ditempelkan saat beraktifitas. Tidak jarang juga kita menjumpai action camera digunakan oleh profesional karena akan sangat sulit jika menggunakan kamera biasa di situasi ekstrem seperti ini.

Namun kamera ini tidak hanya dapat digunakan oleh pecinta olahraga ekstrem, kamu juga bisa menggunakannya untuk piknik atau keperluan praktis lainnya, berkat ukurannya yang kecil, namun cukup powerful untuk kamu gunakan sehari-hari.

Ada banyak merek action camera yang saat ini beredar di Indonesia. Apa merek terbaik yang bisa kamu pilih? Mulai dari GoPro, dimana mereka menjual paling banyak kamera sampai hari ini, bahkan merekalah yang memperkenalkan pertama kali ke pasar jenis kamera aksi. Namun ada juga begitu banyak merek lain yang mampu bersaing, dengan harga yang lebih murah untuk kamu gunakan. Kita akan bahas dibawah.

Spesifikasi Action Camera Terbaik

Jika kita membahas fitur utama dari sebuah action camera, jenis flagship dari banyak merek sudah menyajikan kualitas 4K. Walaupun ada perbedaan dari kualitas berbagai merk, dimulai dengan fps yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Fitur utama lain yang perlu kamu perhatikan adalah sistem stabilisasi gambar yang bisa jadi optikal atau digital, dengan kualitas hasil video yang berbeda.

Walaupun action camera secara prinsipnya adalah untuk merekam video, jenis yang terbaik juga mampu mengambil gambar berkualitas walaupun masih kalah jika dibandingkan dengan kamera digital pada umumnya.

Fitur lain yang perlu kamu lihat adalah ketersediaannya wifi, GPS sampai kontrol layar sentuh yang akan meningkatkan harga kamera sendiri. Kamu tetap bisa memilih kamera yang lebih murah dengan tanpa adanya fitur-fitur ini, dengan kualitas gambar yang bersaing.

Tips Menggunakan Action Camera

Setelah pernah menggunakan beberapa action camera mulai yang paling murah seperti Kogan, sampai GoPro dan Xiaomi, ada banyak kesalahan yang sudah saya lakukan. Disini akan saya bagikan apa saja kesalahan tersebut supaya kamu bisa menghindarinya, terutama bagi pemula.

Harapannya kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut juga agar kualitas gambar yang kamu ambil dapat meningkat, dan juga aktivitas yang kamu lakukan menjadi lebih menyenangkan! Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Media penyimpanan

Satu dekade lalu, media penyimpanan seperti SD card hanya digunakan semata-mata untuk menyimpan data rekaman baik itu berupa video maupun foto. Namun sekarang ini, kapasitas penyimpanan bukan lagi satu-satunya faktor yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan kualitas gambar yang prima.

Kecepatan penulisan suatu media penyimpanan menjadi sangat penting, terlebih dengan kemampuan perekaman 4K, dimana kamu membutuhkan setidaknya kecepatan penulisan sebesar 60MB/sec. Sedangkan untuk mendapatkan kualitas Full HD, kamu harus memiliki kartu dengan kecepatan 30MB/sec.

Bagaimana jika kartu kamu tidak memiliki kecepatan yang cukup? Walaupun kamera bisa merekam video dengan kualitas 4K, namun kartu kamu hanya mampu menulis sampai 30MB/sec, maka kamu tidak bisa mengharapkan kualitas yang sama. Biasanya kamu hanya mendapatkan kualitas Full HD bahkan bisa saja video yang kamu ambil rusak karena kecepatan yang nanggung tadi.

Karena itu cek kecepatan media penyimpanan yang kamu gunakan, jangan sampai dibawah kualitas kamera yang ditawarkan.

Setelan video

Ada 3 setelan video penting yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan kualitas video yang optimal, mulai dari lebar pandang, resolusi sampai fps.

Lebar pandang adalah berapa derajat pandangan lensa yang mampu ditangkap dalam satu waktu. Sebagai perbandingan, sebuah lensa yang memiliki lebar pandang sebesar 180o mampu menangkap semua benda yang ada di depan lensa.

Kebanyakan action camera memiliki lebar pandang mulai dari 140o sampai 160o dan bisa disesuaikan berapa banyak sensor kamera ingin untuk menangkap gambar.

Jika kamu ingin mengedit fisheye yang biasa ditangkap oleh banyak action camera, kamu bisa menggunakan banyak aplikasi atau program software seperti Filmora yang mudah untuk kamu pelajari.

Secara pribadi saya lebih memilih lebar pandang yang lebih luas untuk gambar pemandangan, namun pastinya ada distorsi yang perlu diedit jika diperlukan. Sedangkan untuk perekaman harian, biasanya saya lebih menggunakan lebar pandang yang lebih kecil. Namun semua ini tergantung keinginan kamu, bahkan jika ada kesalahan pun kamu bisa menggunakan software tambahan untuk memperbaikinya.

Sedangkan resolusi kamera dan fps saling bertolak belakang, dimana dengan resolusi yang tinggi, biasanya fps akan lebih kecil karena keterbatasan processor. Dan jika kamu ingin mendapatkan fps yang tinggi, maka resolusi juga harus kamu kurangi, namun semuanya kembali ke masing-masing action camera yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Saran saya, jika kamu menggunakan resolusi 4K dan 30fps untuk mendapatkan kualitas video panorama yang luar biasa, namun dapat memakan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, sekaligus membutuhkan media penyimpanan yang memiliki kecepatan penulisan yang cukup.

Sedangkan jika kamu menggunakan kualitas video 2K atau 1080p dengan 60fps kamu akan mendapatkan solusi terbaik dan seimbang antara kualitas video dan ukuran file video penyimpanan.

Ada juga kualitas 1080p dengan 120fps atau 720p dengan 240fps dimana dapat kamu gunakan untuk slow motion, kamu bisa merekam percikan air, dan sebagainya pastinya menjadi sangat menarik!

Tingkatkan kualitas suara

Ada 2 hal dimana kebanyakan action camera masih kalah jauh dibandingkan kamera pada umumnya, yang pertama ada pada kualitas suara, kemudian perekaman di tempat gelap.

Kembali lagi, jika kamu berencana untuk mengedit kembali suara rekaman dengan timpaan suara lain, hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika kamu berencana untuk menggunakan mic bawaan dari action camera, kamu harus mencoba untuk menggunakan aksesoris mic tambahan demi kualitas yang lebih baik.

Yang bisa saya sarankan adalah dengan menggunakan busa khusus yang menghalang suara angin. Hal ini penting jika kamu banyak menggunakan kamera di luar ruangan bahkan sambil bergerak seperti jogging, bersepeda bahkan sampai berjalan santai, apalagi kondisi iklim di Indonesia yang sering berangin membuat aksesoris ini menjadi favorit.

Mic eksternal untuk membantu meningkatkan kualitas suara action cameraPilihan lain adalah dengan menggunakan mic eksternal dimana mampu meningkatkan kualitas suara secara signifikan selain juga mampu mengurangi suara angin secara langsung. Ada banyak merek pihak ketiga yang dapat kamu gunakan dan disematkan ke berbagai action camera yang saat ini beredar di Indonesia.

Dalami model yang kamu gunakan

Jika kamu masih pendatang baru di dunia action camera, kamu mungkin masih belum banyak mengerti tentang banyaknya setelan kamera yang disediakan. Karena itulah kita akan membahas dengan rinci setiap 10 model action camera terbaik dibawah ini agar kamu dapat memilih model terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Panduan Penting Sebelum Memutuskan Membeli Action Camera

Ada banyak sekali jenis action camera yang dapat kamu pilih, mulai dari raja pasar seperti GoPro dan Xiaomi Yi, sampai merek yang kurang terkenal seperti SJCAM dan Brica, semuanya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kamu pertimbangkan.

Kualitas gambar merupakan salah satu fitur paling penting saat kamu memilih action camera, dimana membuat GoPro dan Xiaomi ada di level teratas untuk ini.

Sangat penting buat kamu untuk mengecek kembali fps yang dihasilkan, dibandingkan resolusi maksimal kamera. Kenapa? Hal ini disebabkan beberapa model mampu menghasilkan kualitas resolusi sampai 4K, namun dengan fps yang terbatas, mulai dari 15 fps. Dengan 15 fps, kualitas video menjadi patah-patah dan tidak enak dilihat.

Fps sendiri adalah Frame per second, yang berarti berapa gambar yang mampu ditangkap lensa dalam satu detik. Dengan semakin banyaknya frame dalam satu detik, maka kualitas video menjadi lebih mulus dan berkualitas. Standar paling minimal untuk mendapatkan kualitas video yang baik adalah 30 fps sampai 60 fps.

Ada pilihan di setting kamera yang dapat kamu pilih misalkan untuk mengambil video 4K pada 30 fps atau 1080p pada 120 fps yang jelas menghasilkan kualitas perekaman yang sangat mulus. Semuanya tergantung pada pilihan yang kamu buat.

Merek terbaik juga selalu dilengkapi dengan aksesoris tambahan sampai dengan gimbal, walaupun dijual secara terpisah. Casing tahan air juga penting jika kamu membawa action camera untuk berenang ataupun diving.

Tahun lalu, saya melihat ada banyak peningkatan fitur yang ditambahkan ke action camera. Fitur seperti image stabilisation dan GPS banyak muncul, bahkan sampai adanya kontrol suara yang menjadi sangat populer belakangan ini, memudahkan kamu untuk tetap fokus pada kegiatan outdoor yang kamu lakukan tanpa perlu menyentuh secara langsung kamera setiap saat.

Kamu mungkin sudah mengenal dan tahu bahwa GoPro merupakan juara pasar action camera saat ini, namun bukan berarti beberapa merek lainnya kalah dari segi kualitas dibandingkan GoPro. Terlebih merek pesaing juga mampu menawarkan harga yang lebih bersaing.

Sudah siap untuk memilih? Mari kita bahas satu per satu model action camera terbaik di Indonesia di tahun 2019 untuk merekam momen-momen aktivitas dan petualangan yang akan kamu jalani.

10 Rekomendasi Action Camera Terbaik di Indonesia

Selain GoPro, ada banyak model action camera yang sangat populer di Indonesia dengan harga bersaing. Mulai dari Xiaomi,Brica sampai SJCAM yang menawarkan fitur dan kualitas yang tidak kalah dibandingkan model GoPro. Namun dengan adanya GoPro Hero 7 yang baru saja keluar, apa cukup bagus untuk mendominasi pasar?

1. Action Camera GoPro Hero 7

 Action Camera GoPro Hero 7

Generasi terbaru dari GoPro ini menawarkan resolusi yang sama dengan Xiaomi Yi 4K Plus yaitu 4K pada 60fps. Dengan harga yang sampai dua kali lipatnya, fitur yang disematkan kurang lebih mirip, namun ada kelebihan yang tidak dimiliki Xiaomi Yi 4K Plus.

Yang pertama adalah tahan air yang dimiliki kamera ini dimana mampu tahan sampai 10 meter tanpa menggunakan casing apapun. Selain itu ada Hyper Smooth EIS yang ada di atas produk Xiaomi dimana memang kualitasnya sangat baik dimana bekerja selayaknya menggunakan gimbal. GoPro Hero 7 mampu memprediksi arah gerakan sehingga dapat langsung memperbaiki hasil rekaman dengan cepat dan sangat mulus.

Kelebihan GoPro Hero 7:

  • Kemampuan merekam video 4K 60fps sampai 1080p pada 240fps
  • Mampu menangkap 12MP foto hingga 30 fps
  • HyperSmooth Video Stabilization
  • Vertical Portrait Mode untuk Social Media
  • SuperPhoto Auto HDR Photo Enhancement
  • 10 m Waterproof tanpa Housing
  • Touch Zoom Framing dengan 2 LCD
  • Deteksi muka, senyum dan pemandangan
  • Fitur Live Streaming, TimeWarp Video, Voice Control sampai Raw Photos

Kekurangan GoPro Hero 7:

  • Harga dua kali lipat Xiaomi 4K Plus
  • Kualitas warna kalah dibandingkan sensor Sony pada merek Xiaomi

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/gopro-hero-7-black-action-camera-wifi-12mp-4k60-hdr-hyper-smooth-video-resmi-tam-1th-sandisk-microsd-extreme-32gb-authorised-seller-gopro-indonesia-i411091307-s456690052.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/gopro-hero7-action-cam-black/ps–MEM-46535-01878

2. Action Camera Xiaomi Yi 4K Plus

 Action Camera Xiaomi Yi 4K Plus

Action camera Xiaomi Yi 4K Plus berbeda jika dibandingkan dengan versi Xiaomi Yi 4K dimana terletak pada kemampuan perekaman 4K-nya. Pada model ini, kamera mampu merekam video 4K dengan 60fps dibandingkan dengan 30fps. Xiaomi Yi 4K Plus disini adalah action camera pertama yang menawarkan resolusi 4K dengan 60fps, dimana merupakan kualitas gambar terbaik saat ini, didukung dengan sensor Sony 16MP, kamu tidak perlu ragu lagi dengan hasil video ataupun foto dari Xiaomi Yi 4K Plus.

Dengan kapasitas 1400 mAh kamu dapat merekam resolusi video 4K pada 60fps sampai dengan 73c menit lamanya. Selain itu kamera ini dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization yang mampu mengurangi goncangan saat perekaman video. Walaupun begitu, EIS yang digunakan pada kamera ini masih kalah jika dibandingkan dengan EIS pada GoPro dimana tampak lebih mulus.

Kelebihan Xiaomi Yi 4K Plus:

  • Ambarella H2 Chipset Quad-core ARM Cortex-A53 64-bit CPU
  • Sensor kelas satu dengan 12 MP Sony Exmor IMX377
  • Baterai 1400mAh
  • Lebar pandang 155o
  • Tersedia Wifi dan bluetooth
  • Tersedia fitur editing
  • Tersedia voice control dan live streaming

Kekurangan Xiaomi Yi 4K Plus:

  • EIS masih kalah jika dibandingkan dengan EIS pada GoPro series

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-yi-4k-plus-yi4k-international-version-combo-paket-hemat-action-camera-i307100419-s307921934.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-yi-4k-plus-yi4k-60fps-usb-c-international-version-action-camera/ps–POI-11133-01815

3. Action Camera Xiaomi Mijia

 Action Camera Xiaomi Mijia

Kamera Mijia ini menawarkan resolusi 4K pada 30fps dengan harga yang murah. Walaupun ada banyak action camera lainnya yang menawarkan kualitas 4K, belum tentu sensor yang digunakan ada di kualitas yang sama. Xiaomi menggunakan sensor Sony yang ada di atas jenis sensor lainnya di pasar action camera.

Dengan kualitas sensor dan resolusi yang ditawarkan, Xiaomi Mijia sangat bersaing di kelas atas, berhasil menawarkan kualitas video yang sangat baik dengan harga yang terjangkau. Ada kekurangan yang saya sendiri tidak terlalu suka pada kamera ini, yaitu hasil jepretan fisheye terlalu ekstrem, sehingga kamu akan membutuhkan software untuk mengedit hasil video untuk dibuat menjadi normal.

Kelebihan Xiaomi Mijia:

  • Kapasitas baterai yang besar 1450mAh
  • Kualitas video 4K dengan 30fps
  • Sensor Sony IMX 317
  • 145o wide angle

Kekurangan Xiaomi Mijia:

  • Fish eye yang terlalu ekstrem

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-mijia-action-camera-4k-30fps-international-version-paket-complete-garansi-1-tahun-i336245789-s346520940.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-mijia-action-cam-4k/pc–MTA-1642871

4. Action Camera Xiaomi Yi 4K Discovery

 Action Camera Xiaomi Yi 4K Discovery

Model Xiaomi Yi satu ini adalah versi lite dari Xiaomi Yi 4K Plus. Kamera ini menawarkan 4K namun hanya pada 20fps dengan sensor Sony IMX179 yang memukau. Saran saya, akan lebih optimal untuk merekam video pada 1080p dimana kamu bisa mendapatkan fps mencapai 60fps.

Walaupun kapasitas kamera yang ditawarkan sangat kecil hanya 900mAh, namun dengan resolusi dan fps yang pada umumnya kamu bisa menggunakan action camera ini sampai 90 menit.

Kelebihan Xiaomi Yi 4K Discovery:

  • Sensor IMX179 dengan 12MP
  • Mendukung 4K pada 20fps, 1080p pada 60fps sampai 720p pada 90fps
  • 8 mode pengambilan gambar
  • Tersedia fitur WiFi
  • 150o wide angle

Kekurangan Xiaomi Yi 4K Discovery:

  • Kapasitas baterai kecil hanya 900mAh

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-yi-discovery-wifi-hd-4k-international-version-paket-complete-action-camera-garansi-resmi-1-tahun-i368803141-s392555110.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-yi-discovery-4k-action-camera-black/pc–MTA-2089409

5. Action Camera GoPro Hero 6

 Action Camera GoPro Hero 6

Yang membuat seri GoPro Hero 6 ini ada di peringkat bawah adalah harganya yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan keluaran terbaru GoPro, GoPro Hero 7. Walaupun fungsi yang ditawarkan kurang lebih sama, dimana sudah 4K pada 60fps, tahan air 10M, dan juga tidak ketinggalan EIS ala GoPro yang masih di atas merk lainnya.

Selain itu pada kamera ini sangat cocok untuk slow motion dimana sampai 240fps untuk 1080p dimana kualitas sudah Full HD. Dengan 240fps kamu bisa memperlambat video sampai 4 kali atau bahkan 8 kali dimana rentang normal fps ada di 30 sampai 60 saja.

Kelebihan GoPro Hero 6:

  • Kontrol suara
  • Foto HDR, RAW
  • Fitur GPS
  • Tahan air 10M
  • Kualitas video 4K pada 60fps dan 1080p pada 240fps

Kekurangan GoPro Hero 6:

  • Harga yang tidak jauh berbeda dengan keluaran GoPro terbaru

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/gopro-hero6-black-quik-stories-resmi-gopro-4k-wifi-waterproof-plus-new-zoom-mode-i141452583-s152550037.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/gopro-hd-hero-6-action-cam/pc–MTA-1453468

6. Xiaomi Yi Action Camera

 Xiaomi Yi Action Camera

Action camera Xiaomi Yi ini adalah versi standar dari Xiaomi. Kamu bisa mendapatkan semua fitur-fitur dasar untuk pemakaian sehari-hari dimana kualitas kamera sudah Full HD dengan 60fps.

Versi ini sudah internasional dimana menggunakan bahasa Inggris dan sangat layak untuk dipakai, apalagi penawaran harga yang diberikan juga sangat memikat. Jika kamu mencari action camera dengan budget rendah, kamera ini bisa menjadi pilihan. Walaupun murah, kualitas yang disajikan sangatlah bersaing dengan action camera kelas atas. Jadi kamu tidak akan kecewa.

Kekurangannya ada pada tidak adanya layar LCD untuk melakukan edit ataupun dalam pengambilan gambar. Kamu harus menggunakan App Xiaomi Yi yang dapat kamu unduh di PlayStore untuk melakukan hal ini.

Selain itu kamera ini tidak mendukung resolusi 4K namun resolusi 1080p sudah sangat baik untuk dipakai sehari-hari.

Kelebihan Xiaomi Yi Action Camera:

  • 16MP Sony Exmor X sensor
  • Lensa wide angle 155o
  • 1080p/60fps dan 720p/120fps
  • Kapasitas baterai 1010mAh

Kekurangan Xiaomi Yi Action Camera:

  • Tidak mendukung 4K
  • Tidak dilengkapi LCD

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-yi-action-camera-basic-edition-i160559382-s182790261.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-yi-action-camera-white/pc–MTA-0195907

7. Action Camera GoPro Hero 5

 Action Camera GoPro Hero 5

Versi GoPro Hero 5 bisa dibilang lawas dibandingkan keluaran terbaru GoPro Hero 6 dan GoPro Hero 7 dimana sudah mendukung resolusi 4K pada 60fps. Ada banyak alternatif action camera di rentang harga yang sama yang dapat kamu pilih. Apalagi Xiaomi Yi 4K Plus lebih murah dibandingkan kamera GoPro versi ini.

Walaupun begitu, tetap saja GoPro Hero 5 masih tidak ketinggalan jauh dengan berbagai fitur seperti voice control EIS yang terkenal kemulusannya, dan juga waterproof.

Kelebihan GoPro Hero 5:

  • Mendukung resolusi 4K pada 30fps dan 1080p pada 120fps
  • Mampu menangkap 30fps untuk foto
  • Waterproof sampai 10m
  • Tersedia fitur voice control dan Wifi

Kekurangan GoPro Hero 5:

  • Versi lawas dari keluaran terbarunya

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/gopro-hero5-black-sandisk-extreme-32gb-speed-90-hardcase-medium-tongsis-attanta-smp-09-i11522170-s14567654.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/gopro-hero5-action-camera-black/pc–MTA-0534353

8. Action Camera SJCAM SJ7 Star

Action Camera SJCAM SJ7 Star

Kamera ini cukup populer di pasar Asia dimana kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik dengan menggunakan sensor Sony IMX117. Action camera jenis SJ7 Star dari SJCAM ini merupakan produk high-end yang menawarkan resolusi 4K pada 30fps dan 1080p pada 120 fps. Cukup bagus bukan?

Walaupun begitu, masih diragukan EIS pada kamera ini dan fitur-fitur pendukung lainnya. Dengan harga yang hampir sama dengan Xiaomi Yi seri 4K plus, banyak konsumen yang beralih ke model Xiaomi karena kelengkapan fitur yang ditawarkannya.

Kelebihan SJCAM SJ7 Star:

  • Menggunakan processor Ambarella A12
  • Sensor Sony IMX117
  • Baterai 1000mAh
  • Tersedia LCD 2 inchi

Kekurangan SJCAM SJ7 Star:

  • Fitur yang masih kalah dibandingkan produk GoPro maupun Xiaomi

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/sjcam-sj7-star-wifi-action-camera-4k-ultra-hd-waterproof-underwaterblack-i127228986-s134033514.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/murahsenang/paket-komplit-sjcam-sj7-star-original-action-camera

9. Action Camera Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs

 Action Camera Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs

Produk Brica sangat populer di Eropa dan Amerika karena termasuk ke budget action camera. Kamu bisa mendapatkan kualitas 4K dengan harga yang terjangkau.

Walaupun tidak mampu merekam video 4K pada 60fps seperti produk flagship dari Xiaomi dan GoPro, hal ini dikarenakan processor yang dipasang masih dibawah model tersebut. Namun sebenarnya dengan 4K pada 30fps pun sudah mampu menyajikan kualitas gambar terbaik apalagi sensor Sony yang digunakan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs:

  • Sensor Sony Exmor X 16MP mampu merekam 4K video pada 30fps
  • Ada 2 layar LCD di depan dan belakang
  • Tersedia port microphone
  • Tersedia fitur Wifi

Kekurangan Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs:

  • Banyak konsumen yang mengeluh daya tahan mounting Brica

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/brica-b-pro-5-alpha-edition-mark-iis-ae2s-wifi-4k-black-attanta-smp-09a-phone-clip-kaos-brica-sticker-bpro5-i107488063-s108740278.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/ixuspro/brica-b-pro5-alpha-edition-mark-iisbrica-ae2sbrica-alpha-edition-2s

10.Action Camera Ezviz S1C

 Action Camera Ezviz S1C

Kamera ini ada di rentang harga paling murah bahkan lebih murah dari model Xiaomi Yi Action Camera. Kamera ini cocok untuk kamu beli sebagai action camera pertama kamu.

Dengan kemampuan video 1080p pada 30fps, kamu juga bisa menempatkannya di mobil atau kendaraan yang kamu gunakan untuk perekaman perjalanan kamu sehari-hari. Terlebih, dengan resolusi yang lebih kecil, kamu bisa merekam lebih banyak karena tidak menghabiskan terlalu besar kapasitas memori.

Kelebihan Ezviz S1C:

  • Harga paling terjangkau
  • Menggunakan Ambarella A12
  • Terdapat LCD touch screen
  • Tersedia Wifi
  • Tersedia memori internal 1GB
  • Tersedia fitur driving mode
  • Baterai 1160mAh

Kekurangan Ezviz S1C:

  • 140o wide angle
  • Resolusi video hanya sampai 1080p
  • Sensor CMOS 8MP kalah jauh dibandingkan kompetitornya

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ezviz-s1c-sport-action-camera-full-hd-with-lcd-touch-screen-grey-i171044479-s201378805.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/ezviz-s1c-sport-action-camera-blue/pc–MTA-1496044

Kesimpulan

Nah sudah baca 10 pilihan produk action camera sebelumnya? Pastinya kamu berkeinginan untuk membeli lebih dari satu produk tadi karena banyaknya fitur-fitur yang ditawarkan masing-masing model.

Untuk memudahkan kamu, jika kamu memiliki budget besar, GoPro Hero 7 menjadi pilihan yang terbaik berkat EIS yang ditawarkan sangat berkualitas untuk kamu gunakan. Namun sensor Sony pada produk Xiaomi tidak bisa kamu remehkan karena warna dan kontrasnya sangatlah baik.

Apalagi dengan harga dua kali lebih murah, Xiaomi Yi 4K Plus menjadi pilihan utama buat kamu mendapatkan action camera yang sangat baik untuk kamu gunakan di berbagai kesempatan.

Jangan lupa, untuk merekam kualitas 4K kamu membutuhkan kartu penyimpanan yang lebih besar dan cepat, namun biasanya kamu bisa mendapatkannya gratis dalam paket pembelian yang kami lampirkan di Lazada.

Selamat berbelanja!

Tinggalkan komentar

shares