10 Cat Tembok Terbaik di Indonesia 2019

Cat Tembok TerbaikUntuk memiliki rumah idaman yang indah bukan saja diperlukan bahan material bangunan, namun juga bahan pendukung lainnya seperti cat tembok. Cat tembok membuat rumah idaman Anda lebih berwarna dan tentunya memperindah tampilan rumah Anda. Sekarang ini banyak produk cat tembok yang bisa Anda pilih terjual di pasaran, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih cat tembok yang tepat untuk rumah idaman Anda.

Untuk ringkasnya, silahkan lihat tabel di bawah ini untuk membandingkan 5 pilihan teratas kami untuk cat tembok. Untuk lebih detailnya, silahkan baca di artikel ini selanjutnya.

GAMBARPRODUKINFOCEK HARGA
Jotun JotaplastJotun Jotaplast
  • Ukuran: 3,5 L, 8 L
  • Interior/Eksterior: interior
  • Komposisi: modified acrylic
Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
No DropNo Drop
  • Ukuran: 1 L, 4 L, 20 L
  • Interior/Eksterior: eksterior
  • Komposisi: resin mengandung acrylic
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
Dulux Catylac InteriorDulux Catylac Interior
  • Ukuran: 5 kg, 25 kg
  • Interior/Eksterior: interior
  • Komposisi: acrylic
Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
Mowilex CendanaMowilex Cendana
  • Ukuran: 5 kg, 25 kg
  • Interior/Eksterior: interior
  • Komposisi: acrylic
Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
AvitexAvitex
  • Ukuran: 1 kg, 5 kg, 25 kg
  • Interior/Eksterior: interior
  • Komposisi: acrylic
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Memilih Cat Tembok yang Tepat

Penggunaan cat tembok dalam mempercantik tempat tinggal memang sudah diterapkan dalam peradaban kehidupan manusia sejak ribuan tahun silam. Warna-warna yang dihasilkan oleh cat tembok membuatnya menjadi pilihan favorit dalam menghias tempat tinggal kesayangan. Sebelum mengulas apa saja rekomendasi 10 cat tembok terbaik di Indonesia, kita akan mengenal lebih jauh mengenai cat tembok itu sendiri.

Perkembangan Cat Tembok

Tercatat dalam sejarah bahwa sekitar 38.000 tahun sebelum Masehi, kaum Mesir kuno sudah menggunakan pewarnaan untuk menghias dinding dengan unsur warna biru dan hijau. Pewarnaan itu dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan, seperti arang, tanah, hingga darah binatang dan menggunakan ujung batang tumbuhan sebagai kuasnya. Sedangkan kaum Romawi dan Yunani kuno memanfaatkan bahan dari campuran timah beserta anggur dan cuka untuk mewarnai dinding mereka.

Bahan yang digunakan untuk menjadi cat tembok pun semakin berkembang dari waktu ke waktu. Seperti yang diterapkan oleh kaum Mesir kemudian dimana mereka menggunakan campuran kaca bumi, batu permata, timbal, tanah, dan darah binatang sebagai teknik pencampuran warna dengan minyak dan lemak. Hingga kemudian di sekitar abad 13, standar pengecatan cat disahkan oleh serikat pekerja cat dalam mengatur bagaimana pembuatan dan penerapan cat tembok itu sendiri.

Uniknya, penggunaan cat tembok dalam menghias dinding rumah sempat dipandang sebagai sesuatu yang tabu di Amerika Serikat pada zaman kolonial. Saat itu, mengecat tembok rumah melanggar norma-norma agama karena dinilai sebagai orang yang sombong dan terlalu memikirkan hal yang bersifat duniawi. Bahkan mereka yang mengecat rumahnya akan dijatuhi hukuman, tidak peduli siapa dan apa statusnya dalam masyarakat.

Namun ternyata adanya larangan ini membuat masyarakat semakin tertarik untuk mewarnai dan mengecat dinding rumah mereka. Banyak kemudian gerakan yang diam-diam mengajarkan cara membuat dan menggunakan cat tembok untuk dinding mereka. Mereka pun memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kuning telur, susu, kopi, jeruk lemon, dan lain sebagainya.

Teknologi pembuatan cat dinding pun terus berkembang, dimana yang terlihat signifikan adalah pada sekitar abad ke-17 dimana orang mulai menggunakan campuran air dan minyak meski masih menggunakan campuran lain seperti timah. Pembuatan cat tembok sendiri masih dilakukan dengan manual, yang mana berdampak pada keracunan pekerja karena bersentuhan langsung timah. Baru kemudian pada sekitar abad ke-18, seorang warga negara Inggris yang bernama Marshall Smith menemukan alat pembuatan cat yang lebih efisien dan mendorong perkembangan industri cat tembok secara pesat.

Jenis-Jenis Cat Tembok

Dengan berkembangnya industri cat tembok yang memiliki berbagai inovasi, jenis-jenis cat tembok yang bisa digunakan pun semakin beragam. Anda bisa menyesuaikan pilihan cat tembok berdasarkan kebutuhan penggunaannya serta efek warna yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa jenis cat tembok yang bisa Anda gunakan:

Doff

Cat tembok jenis doffDikenal juga dengan jenis cat tembok Matt, cat tembok Doff akan menghasilkan karakter warna lembut yang terlihat menyatu dengan dinding. Cat tembok Doff memberikan efek kilap yang tidak terlalu berlebih pada permukaan dinding dan tahan terhadap cuaca ekstrim. Cat tembok jenis ini cocok digunakan untuk dinding rumah di bagian luar, atau pada kamar tidur sekalipun.

Eggshell

Dengan tampilan mirip seperti kulit telur, cat tembok jenis Eggshell ini akan memberikan kesan yang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis Doff. Meski begitu, cat tembok Eggshell memiliki tekstur yang lebih terlihat dan mudah dibersihkan. Karena tidak terlalu memantulkan sinar matahari, cat tembok jenis ini cocok digunakan pada ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang kerja pribadi Anda.

Glossy

Sesuai dengan namanya, cat tembok jenis ini akan menghasilkan tampilan glossy yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada jenis High Gloss yang dapat memantulkan cahaya sehingga dinding terlihat berkilau dan mudah dibersihkan, menjadikannya cocok digunakan pada bagian luar rumah Anda. Dan ada juga jenis cat Semi Gloss dengan kilap yang lebih rendah namun tidak mudah mengelupas, sehingga cocok digunakan untuk bagian rumah yang mudah terkena noda seperti dapur dan kamar mandi.

Satin

Tidak seperti jenis Glossy yang memberikan kilap atau Doff yang menyatu dengan tembok, jenis cat tembok Satin akan memberikan kesan mewah namun meneduhkan mata. Teksturnya sendiri lembut dan tidak memantulkan cahaya, serta mudah dibersihkan dengan efisien. Cat tembok Satin ini cocok untuk pewarnaan dinding kamar tidur dan ruang tamu, atau pada pengaplikasian di tempat-tempat seperti galeri atau kafe.

Tips Memilih Cat Tembok yang Tepat

Menggunakan dan memilih cat tembok yang tepat memang bisa dikatakan agak tricky, karena banyaknya pilihan jenis maupun warna cat tembok yang ada sekarang. Salah-salah memilih, tampilan ruangan malah bisa menjadi terlihat lebih sempit atau bahkan lebih kusam. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips memilih cat tembok yang dapat Anda terapkan:

Menggunakan Jenis Cat Tembok yang Sesuai

Setiap jenis cat tembok memiliki keunggulannya masing-masing seperti yang telah dijabarkan di atas, dan Anda bisa menggunakannya sesuai dengan bagian atau area yang dibutuhkan. Untuk mengecat bagian luar atau eksterior rumah, cat tembok yang dapat memantulkan cahaya dan tahan terhadap cuaca bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk bagian interior, Anda bisa memilih cat tembok yang lebih lembut dan halus serta mudah dibersihkan karena ada resiko terkena noda.

Selain itu, bahan pembuatan cat tembok juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih produk yang tepat. Untuk penggunaan pada dinding rumah, cat tembok berbahan dasar air bisa menjadi pilihan yang sesuai. Sedangkan untuk bagian-bagian yang berbahan kayu, Anda bisa menggunakan cat tembok yang terbuat dari bahan dasar minyak.

Memilih dan Memadupadankan Warna

Pemilihan warna biasanya menjadi concern terbesar dalam memilih cat tembok yang tepat, baik untuk pengaplikasian di rumah maupun tempat lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menyesuaikan pilihan warna dengan suasana yang ada pada ruangan tersebut. Misalnya untuk kamar tidur akan lebih cocok dengan penggunaan warna lembut, sedangkan untuk ruang tamu terlihat lebih indah dengan warna yang lebih terang.

Meskipun Anda bisa menggunakan warna-warna yang berbeda pada setiap ruangan di rumah, pastikan padu padan warna tersebut masih senada dan tidak bertabrakan. Penggunaan warna yang terlalu banyak biasanya justru akan merusak keindahan tampilan rumah Anda. Anda bisa mengikuti panduan lingkaran warna yang biasanya digunakan oleh para desainer ruangan dalam memilih kombinasi warna yang tepat.

Menyesuaikan dengan Pencahayaan

Menyesuaikan cat tembok dengan pencahayaanFaktor pencahayaan pada ruangan menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan dalam memilih cat tembok yang tepat. Tingkat pencahayaan ruangan akan mempengaruhi bagaimana efek cat tembok yang digunakan, apakah kemudian akan membantu mengeluarkan warna atau justru membuat ruangan terlihat lebih kusam. Jika pencahayaan pada ruangan tersebut terang, warna-warna hangat seperti warna kuning akan lebih menonjol keindahannya. Sedangkan jika pencahayaan tidak terlalu terang, warna-warna yang lebih cocok digunakan adalah warna bernuansa biru.

10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik

Setelah mengenal lebih jauh mengenai cat tembok dan bagaimana cara memilihnya, selanjutnya kita akan membahas rekomendasi 10 cat tembok terbaik. Rekomendasi ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memilih cat tembok yang memang sesuai dengan penggunaan dan kebutuhan Anda. Berikut adalah 10 rekomendasi 10 cat tembok terbaik di Indonesia untuk Anda:

1. Jotun Jotaplast

 Cat Tembok Jotun Jotaplast

Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Terbuat dari bahan dasar modified acrylic, Jotun Jotaplast dapat membantu menutupi kekurangan yang ada pada permukaan ruangan dengan lebih efisien. Anda dapat menggunakan cat tembok Jotun Jotaplast ini pada bagian dasar dinding rumah maupun langit-langit ruangan. Pengaplikasian cat tembok Jotun Jotaplast ini juga cukup mudah, serta dapat memberikan coverage yang luas pada ruangan.

Hadir dengan beberapa kemasan, cat tembok ini diklaim dapat memberikan hasil akhir yang halus pada interior ruangan Anda, anti jamur, dan lebih cepat kering. Hal ini membuat Jotun Jotaplast cocok digunakan untuk mewarnai ruang santai maupun kamar tidur di rumah Anda. Selain itu, bahan pembuatan Jotun Jotaplast bebas dari bahan kimia seperti APEO, formaldehida, dan logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda.

Kelebihan produk ini:

  • Memberikan hasil akhir halus dan menutupi kekurangan pada permukaan ruangan
  • Anti jamur, lebih cepat kering, dan memberikan coverage yang luas
  • Bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya
  • Harga lebih murah dibanding produk sejenis yang berukuran sama

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk penggunaan luar ruangan atau eksterior rumah

2. No Drop

 Cat Tembok No Drop

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Diformulasikan sebagai cat pelapis anti bocor, No Drop cocok digunakan pada aplikasi di permukaan tembok, asbes, seng, beton, dan lain sebagainya. No Drop bersifat elastis, kedap air, dan tahan cuaca yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahan ruangan yang bocor saat hujan turun. Hal ini membuat No Drop cocok digunakan untuk pengaplikasian pada bagian eksterior rumah Anda.

Hasil yang diberikan cat tembok No Drop adalah Semi Gloss, yang mana tampilan akan terlihat mengkilap tanpa berlebih serta tidak mudah mengelupas. Bukan saja sebagai pelapis bocor, No Drop juga bisa memiliki nilai dekoratif karena terdapat berbagai pilihan warna untuk mempercantik rumah Anda. Cat tembok besutan merk Avian ini hadir dengan pilihan ukuran 1 kg, 4 kg, hingga 20 kg yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan produk ini:

  • Bersifat elastis, kedap air, dan tahan cuaca sehingga mengatasi permasalahan ruangan bocor dan tidak mudah mengelupas
  • Memiliki berbagai pilihan warna dan ukuran
  • Cocok digunakan untuk penggunaan eksterior atau bagian luar rumah

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada interior ruangan
  • Harga cat jenis anti bocor cenderung lebih mahal dibanding jenis lainnya

3. Dulux Catylac Interior

 Cat Tembok Dulux Catylac Interior

Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Sesuai dengan namanya, Dulux Catylac Interior merupakan cat tembok yang cocok untuk penggunaan pada bagian dalam di rumah Anda. Dengan memberikan hasil akhir yang Doff atau Matt, Dulux Catylac Interior dapat menjadi pilihan yang Anda gunakan untuk mewarnai ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur. Cat tembok besutan merk Dulux ini hadir dengan teknologi Chroma Brite yang menonjolkan warna-warna cerah untuk dinding interior rumah Anda.

Hadir dengan kemasan 5 kg dan 25 kg, Dulux Catylac Interior diklaim ramah lingkungan dengan tidak adanya bahan berbahaya seperti mercury. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya sertifikat dari Singapore Green Label yang menjamin keamanan bahan pembuatan cat tembok Dulux Catylac Interior ini. Untuk waktu pengeringan Dulux Catylac Interior ini sendiri, Anda membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok untuk penggunaan interior dengan hasil akhir Doff atau Matt yang lembut dan tanpa kilap
  • Memiliki teknologi Chroma Brite yang menonjolkan warna cerah pada ruangan
  • Ramah lingkungan dan bebas dari bahan berbahaya seperti merkuri

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada eksterior ruangan

4. Mowilex Cendana

 Cat Tembok Mowilex Cendana

Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Keunggulan dari cat tembok besutan merk Mowilex ini adalah banyaknya pilihan hingga ratusan warna yang dapat Anda gunakan pada rumah Anda. Mowilex Cendana didesain untuk penggunaan interior rumah, yang dapat diaplikasikan pada bagian permukaan dinding baik di ruang tamu, ruang keluarga, maupun kamar tidur. Mowilex Cendana hadir dengan dua pilihan ukuran, yaitu 5 kg dan 25 kg yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan produk ini:

  • Banyaknya pilihan warna yang diberikan
  • Cocok untuk penggunaan interior rumah

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada eksterior atau bagian luar rumah

5. Avitex

Cat Tembok Avitex Interior

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Berjenis doff atau matte, Avitex Interior cocok untuk digunakan pada bagian-bagian dalam rumah Anda seperti kamar tidur maupun ruang bersantai untuk keluarga. Avitex Interior diklaim tahan pudar, mudah diaplikasikan pada permukaan area, dan mudah dicuci jika terkena pada tangan maupun pakaian. Cat tembok besutan merk Avian ini hadir dengan pilihan warna hingga 170 varian, dengan kemasan 1 kg, 5 kg, dan 25 kg.

Kelebihan produk ini:

  • Memberikan hasil akhir Matt yang cocok untuk penggunaan interior rumah
  • Tahan pudar, mudah diaplikasikan, dan mudah dicuci
  • Memiliki varian warna yang cukup banyak dan pilihan kemasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada eksterior rumah

6. Dulux Weathershield

Cat Tembok Dulux Weathershield

Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Sesuai dengan namanya, Dulux Weathershield diformulasikan untuk melindungi dinding bagian luar dari berbagai perubahan cuaca maupun serangan lumut dan jamur. Dulux Weathershield terbuat dari bahan acrylic dan berbahan dasar air, serta diklaim dapat memberikan perlindungan dua kali lebih lama. Terutama dari lumut dan jamur yang biasanya muncul karena cuaca ekstrem seperti hujan dan panas yang kerap kita alami di Indonesia.

Selain itu, Dulux Weathershield juga memiliki fitur Color Lock yang dapat mempertahankan warna cat tembok sehingga terlihat lebih cerah dan tentunya tahan lebih lama. Fitur Dirt Guard yang dimiliki Dulux Weathershield akan mencegah kotoran dan debu menempel pada dinding, dan fitur Keep Cool dapat memantulkan panas yang mengurangi suhu permukaan dinding hingga 50° C. Dulux Weathershield juga diklaim ramah lingkungan karena telah memenuhi standar dari Singapore Green Label.

Kelebihan produk ini:

  • Melindungi dinding rumah dari cuaca ekstrim, lumut, serta jamur
  • Memiliki fitur Color Lock, Dirt Guard, dan Keep Cool yang akan memaksimalkan perlindungan pada dinding rumah lebih lama
  • Cocok untuk penggunaan pada eksterior atau bagian luar rumah
  • Ramah lingkungan

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk penggunaan interior rumah
  • Harga produk jauh lebih mahal dibandingkan produk-produk lainnya

7. Aquaproof

Cat Tembok Aquaproof 

Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Satu lagi cat tembok yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan bocor pada rumah adalah Aquaproof. Aquaproof terbuat dari bahan polimer yang kedap air dan memiliki kemampuan dalam menghambat air agar tidak masuk ke dalam pori-pori area tersebut. Sifat elastis yang dimiliki Aquaproof diklaim hingga mencapai 500% sampai 600%, sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai cuaca dan tahan hingga 5 tahun.

Aquaproof juga memiliki sifat thixotropic yang membuatnya tidak menetes saat diaplikasikan, serta mempunyai daya lekat kuat yang tidak mudah terkelupas. Anda dapat menggunakan cat anti bocor ini pada area-area seperti dinding luar bagian samping, facade rumah, wuwungan atap, atau dak beton pada rumah Anda. Aquaproof hadir dengan 24 pilihan warna serta tiga pilihan ukuran yaitu 1 kg, 4 kg, dan 20 kg.

Kelebihan produk ini:

  • Cat anti bocor dengan tingkat elastisitas tinggi dan lebih tahan lama hingga 5 tahun
  • Mudah diaplikasikan dan tidak gampang terkelupas
  • Memiliki beberapa pilihan warna dan ukuran
  • Cocok untuk penggunaan eksterior rumah Anda

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada interior ruangan
  • Harga cat jenis anti bocor cenderung lebih mahal dibanding jenis lainnya

8. Indana Paint Decofresh

 Cat Tembok Indana Paint Decofresh

Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Ketahanan pada panas dan cocok digunakan pada berbagai iklim menjadi salah satu keunggulan dari cat tembok besutan merk Indana Paint ini. Indana Paint Decofresh terbuat dari bahan dasar styrene acrylic yang membuatnya tidak mudah mengelupas dan tahan panas sehingga cocok untuk berbagai musim. Hal ini menjadikannya sebagai cat tembok yang cocok digunakan pada bagian luar ruangan atau eksterior rumah Anda.

Dengan kemasan berbagai ukuran, Indana Paint Decofresh diklaim dapat digunakan untuk berbagai jenis permukaan tembok serta langit-langit ruangan. Kelebihan lain yang diberikan oleh Indana Paint Decofresh adalah banyaknya pilihan warna yang bisa Anda pilih, dimana tersedia hingga lebih dari 40 koleksi warna. Indana Paint Decofresh juga ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan keluarga karena bebas dari bahan mercury yang berbahaya.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok untuk penggunaan eksterior karena tahan panas dan tidak mudah mengelupas
  • Pilihan warna yang tersedia sangat beragam
  • Bahan pembuatan bebas dari mercury

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk penggunaan interior ruangan
  • Isi kemasannya lebih sedikit dibanding cat tembok lain yang sejenis

9. Weldon Exterior

Cat Tembok Weldon Exterior

Cek Harga di Bukalapak

Sesuai dengan namanya, Weldon Exterior merupakan salah satu produk cat tembok yang cocok digunakan untuk aplikasi pada bagian luar ruangan atau eksterior rumah Anda. Weldon Exterior terbuat dari bahan acrylic emulsion dengan lapisan film keras yang dapat memberikan daya tutup lebih maksimal pada permukaan area. Selain itu, Weldon Exterior hadir dengan berbagai pilihan warna dan mudah dibersihkan dari noda yang menempel.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok untuk penggunaan eksterior rumah
  • Memiliki daya tutup lebih maksimal dan mudah dibersihkan dari noda

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk pengaplikasian pada interior rumah

10. Jotun Essence Easy Primer

 Cat Tembok Jotun Essence Easy Primer

Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Terbuat dari material acrylic berbahan dasar air, Jotun Essence Easy Primer digunakan sebagai cat tembok dasar yang melapisi permukaan dinding. Penggunaan cat tembok dasar atau primer ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas akhir yang lebih bagus, baik untuk penggunaan di bagian eksterior maupun interior rumah. Dengan menggunakan cat tembok dasar atau primer, warna cat pada sentuhan akhir juga akan lebih menonjol dan tahan lebih lama.

Jotun Essence Easy Primer diklaim memiliki tingkat adhesive atau kerekatan yang tinggi sehingga mudah menempel dalam pengaplikasiannya. Selain itu, Jotun Essence Easy Primer juga memiliki alkali resistant yang berfungsi melindungi permukaan area untuk hasil akhir lebih maksimal. Cat tembok yang hadir dengan ukuran 18 Liter dan 20 Liter inipun cocok digunakan pada permukaan beton, batu, atau softboard.

Kelebihan produk ini:

  • Berfungsi sebagai cat tembok dasar yang dapat digunakan untuk eksterior maupun interior rumah
  • Memberikan hasil akhir yang lebih indah dan maksimal dengan perlindungan pada permukaan area, serta membuat warna lebih tahan lama
  • Mudah diaplikasikan dengan daya rekat yang tinggi

Kekurangan produk ini:

  • Penggunaan cat tembok dasar dapat menambah biaya keseluruhan

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi 10 cat tembok terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih produk yang tepat untuk penggunaan dan kebutuhan Anda. Dengan lebih mengenal mengenai cat tembok itu sendiri, Anda tentu menjadi lebih memahami apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih produk yang tepat. Anda juga dapat menyesuaikan pilihan yang ada dengan beberapa tips yang sudah diulas penulis pada bagian sebelumnya.

Jika Anda masih kebingungan untuk memilih produk cat tembok yang tepat, terutama untuk bagian interior rumah, Jotun Jotaplast bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukan saja dapat menutupi kekurangan yang ada pada permukaan area dengan lebih efisien, Jotun Jotaplast juga melindungi permukaan dari jamur yang tentu akan merusak keindahan serta mengganggu kesehatan keluarga. Bahan-bahan pembuatan Jotun Jotaplast terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya yang tentunya akan lebih aman untuk keluarga Anda.

Tampilan akhir yang diberikan Jotun Jotaplast lebih halus dan tidak mengkilap, membuatnya cocok digunakan untuk ruangan-ruangan seperti ruang santai keluarga maupun kamar tidur. Keunggulan lainnya adalah coverage ruangan yang lebih luas serta lebih cepat kering dalam pengaplikasiannya. Dan tak kalah pentingnya, harga Jotun Jotaplast yang lebih murah ini tentu dapat menghemat pengeluaran Anda.

Namun tentu saja pilihan kembali lagi di tangan Anda, dan sangat penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan serta kondisi pada area yang akan dicat. Perhatikan juga aspek-aspek seperti pencahayaan, tata letak furniture, dan ukuran ruangan dalam menentukan cat tembok yang akan dipilih. Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada para ahli untuk dapat membantu memilih cat tembok yang memang tepat untuk digunakan di rumah kesayangan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan komentar

shares