10 CCTV Terbaik di Indonesia 2019

CCTV terbaikSebagai seseorang yang bergelut di dunia fotografi, saya yakin kalau ada banyak ilmu yang dapat saya terapkan juga pada sebuah sistem CCTV. Dan nyatanya memang benar. Ada banyak tips yang dapat saya bagikan disini dari pengalaman saya memasang sistem CCTV terbaik di toko saya.

Yang pertama kali tidak saya antisipasi adalah adanya banyak komunitas CCTV online seperti Kaskus yang dapat kamu baca, dan saling tanya jawab.

Hari ini, saya akan membagikan beberapa tips yang sudah saya pelajari selama memasang CCTV di toko rekanan (detailnya dapat dilihat disini), semoga dapat kamu terapkan dan berguna dalam pemilihan CCTV terbaik yang paling cocok buat kamu.

Memilih CCTV

Kamu harus mengerti batas dari sebuah sistem CCTV, jadi jangan berharap terlalu tinggi. Sebagian besar sistem CCTV yang dijual di pasaran terdiri dari sejumlah kamera yang dihubungkan pada sebuah recorder DVR dan menyimpannya dalam sebuah harddisk. Sistem ini sangat mudah untuk diterapkan dan juga tahan lama.

Namun kamu juga harus mengerti bahwa ada jenis kamera CCTV yang dipasarkan dengan spesifikasi seperti memiliki resolusi HD atau 4K, namun pada prakteknya, ada banyak pengaruh lain yang membuat sebuah gambar yang diambil menjadi tajam, tidak melulu terletak pada resolusi.

Tips Pemasangan CCTV

Nah, hati-hati jika kamu ingin menempatkan kamera CCTV, karena tidak hanya posisi view yang perlu kamu perhatikan. Memang faktor ini sangat berpengaruh agar sebuah kamera CCTV berfungsi dengan semestinya, namun beberapa tips berikut tidak kalah pentingnya.

Jarak yang cukup untuk membersihkan kamera

Memasang kamera di tempat yang dapat kamu raih dapat menjadi kendala pada kemungkinannya disabotase kamera yang kamu pasang. Namun hal ini penting agar lensa kamera dapat kamu bersihkan paling tidak seminggu sekali agar kamu mendapatkan kualitas gambar yang terbaik.

Faktor ini memang terdengar sepele untuk pemakaian sehari-hari, namun jika kamera menggunakan infrared, kotoran di lensa seperti jaring laba-laba dapat memantulkan kembali cahaya langsung ke dalam lensa.

Jangan pasang permanen paling tidak dalam 1 minggu pertama

Kamu kemungkinan besar akan berubah pikiran tentang posisi masing-masing kamera yang kamu pasang karena berbagai sebab. Mulai dari kemunculan ide baru, view yang lebih baik, blind spot, dan lain-lain. Saran saya, pasang kamera CCTV kamu dengan baik, namun coba untuk tidak memasang dengan terlalu kokoh, misalnya dengan penambahan kayu, besi, dimana akan boros dikala kamu perlu memindahkan kamera yang baru saja kamu pasang tersebut.

Coba untuk memasang seadanya sehingga kamu dapat setiap saat memindahkannya, namun jaga agar kamera kamu tetap terpasang dengan cukup kuat.

Perhatikan video langsung saat pemasangan

Lihat secara langsung view kamera sewaktu pemasangan sampai setiap baut dipasangkan dengan erat. Yang paling sering terjadi adalah pergeseran dan berputarnya kamera setelah selesai pemasangan baut. Karena itu hal ini menjadi penting agar kamu tidak perlu bongkar pasang kamera berulang-ulang.

Hindari view melalui kaca

Jangan pernah menempatkan kamera di belakang kaca kecuali jika kamu memang dari awal tidak ingin sama sekali menggunakan fitur infrared. Infrared akan memantul kembali dari kaca yang berakibat pada rusaknya sensor kamera cctv.

Tetap jaga privasi setiap orang

Yang terakhir, walaupun ini bukan merupakan sebuah aspek teknis, penting bagi kamu untuk tetap memperhatikan privasi perorangan saat menentukan posisi setiap kamera.

Sesuaikan view kamera hanya di lahan pribadi yang kamu miliki. Pernah ada pemasangan kamera yang mengarah ke taman rumah orang lain, hal ini sangat tidak dianjurkan.

Tips Efektif Perawatan CCTV Yang Praktis

Meningkatnya tingkat kejahatan merupakan salah satu isu terbesar dalam kehidupan modern. Salah satu cara untuk menghalangi perampokan, pencurian atau bentuk kriminal lainnya adalah dengan mempekerjakan seorang penjaga. Namun sebenarnya hanya dengan sebuah sistem CCTV yang efisien, kita dapat mengontrol setiap view yang mengarah ke properti yang kita pantau selama 24 jam setiap harinya.

Namun pastinya kamu tidak ingin budget operasional membengkak karena mahalnya biaya perawatan sistem CCTV. Karena itulah perawatan yang efektif menjadi prioritas penting agar fungsi CCTV dapat optimal.

Ada 5 daftar yang perlu kamu perhatikan setiap kali melewati proses perawatan, berikut daftarnya.

Kebersihan lensa

Perawatan CCTVKamera CCTV memang tidak sering diperhatikan kebersihannya. Karena itu mulai sekarang, perlu kamu cek secara teratur. Kamera CCTV seringkali diposisikan di luar ruangan yang berakibat pada memburuknya kualitas karena faktor alam sebut saja angin, debu sampai kelembaban yang tinggi seperti di Indonesia.

Secara sistem dapat saja CCTV yang kamu kelola bekerja sempurna namun jika lensa kamera CCTV kotor, maka dapat mengurangi view yang diambil. Terkadang karena satu titik kotoran di lensa dapat membingungkan pemilik terhadap objek gambar yang diambil.

Agar kamu memiliki video yang bersih setiap saat, perhatikan debu sampai titik air yang diam di lensa kamera kamu dan bersihkan segera jika terlihat di monitor CCTV. Jika menunggu pembersihan rutin, kamu bisa lupa dimana spot kotor sebelumnya, dan ini mengharuskan kamu untuk membersihkan semua kamera, dimana akan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak.

View yang jelas

Nah hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah penghalang-penghalang yang sering ada dalam view kamera. Bisa jadi pohon yang semakin tumbuh besar, penempatan lemari yang menghalangi pandangan kamera, dan sebagainya. Terkadang hal ini dilupakan, yang membuat view kamera menjadi kurang jelas.

Pastikan view kamera tetap jelas dan tidak ada gangguan apapun seiring waktu berjalan.

Sumber daya kelistrikan yang cukup

Jika ada hujan lebat, seringkali akan diadakan pemadaman. Jika kamu memiliki sebuah UPS, pastikan daya baterainya terisi penuh. JIka kamu tidak mengecek sumber kelistrikan setelah terjadi badai, sering kali kamu akan kewalahan terutama jika sistem CCTV yang kamu bangun menjaga bangunan yang memiliki banyak surat-surat penting.

Sangat dianjurkan juga untuk mengecek UPS yang mengaliri kamera memiliki voltase yang diharapkan, caranya kamu dapat menggunakan voltmeter. Karena jika tidak sesuai, maka akan terjadi banyak malfungsi sistem pada pengambilan maupun perekaman gambar.

Kabel dalam kondisi baik

Kabel listrik dari sebuah sistem CCTV sama pentingnya selayaknya kamera CCTV itu sendiri. Kamu perlu melihat apakah kabel ini masih terlihat baik atau ada robekan di beberapa sisi. Hal ini penting karena memang robekan kabel tidak secara langsung berakibat pada putusnya sambungan video, namun dapat menjadi pertanda bahwa nantinya robekan tersebut akan semakin besar dan berakibat pada kegagalan sistem. Terlebih jika kabel ini terletak di bagian luar ruangan.

Selain itu, cek kembali setiap sambungan kabel karena bagian ini paling banyak ditemukan masalah mulai dari kabel yang tertarik atau terlalu kendor, jadi pastikan posisinya tetap terjaga.

Kebersihan DVR

Seiring berjalannya waktu, DVR dapat dipenuhi oleh banyak debu, dan ini akan berakibat pada penurunan performa selayaknya sebuah komputer. Jaga kebersihan DVR secara teratur untuk mencegah debu terakumulasi secara terus menerus. Cara terbaik adalah dengan menggunakan kain microfiber untuk membersihkannya. Kamu juga dapat menggunakan blower pada bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Cara Memilih Kamera CCTV Yang Paling Cocok

memilih CCTV yang tepat

Ada berbagai macam teknologi CCTV yang saat ini beredar di pasar Indonesia dengan fitur dan tipe fungsi yang berbeda-beda. Berikut beberapa pedoman yang saya gunakan sebelum membeli kamera CCTV baik yang dapat kamu pertimbangkan.

Fungsi slot SD card

Ada jenis CCTV dengan sistem tunggal dimana setiap kamera menyimpan sendiri data ke dalam sebuah memori seperti microSD. Pengguna dapat memasukkan kartu memori dengan berbagai macam kapasitas mulai dari 32GB, 64GB sampai 128GB untuk perekaman video.

Namun jika kamu lebih memilih CCTV yang lebih murah dengan kuantitas yang lebih besar, penggunaan kabel yang terhubung ke sebuah DVR menjadi pilihan yang lebih bijak.

Rotasi kamera

Kamera CCTV yang dipasarkan saat ini mampu memutar baik secara horizontal maupun vertikal agar setiap jengkal ruangan dapat direkam. Beberapa kamera terbaik dapat berputar secara horizontal sampai 355 derajat dan berputar secara vertikal sampai 100 derajat.

Jadi jika kamu menginginkan sebuah sistem CCTV yang dapat memonitor banyak ruang 3 dimensi, sebuah kamera CCTV dengan tingkat rotasi tinggi seperti ini menjadi pilihan yang cocok.

Kualitas gambar

Kamera CCTV terbaik dapat memproduksi video dalam 720 pixel sampai 1080 pixel. Tentu saja, dengan semakin besar resolusi yang ditawarkan, kualitas gambar akan semakin baik. Namun hal ini memiliki resiko, kamu jadi harus menampung data rekaman yang jauh lebih besar sehingga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak pula.

Jika kamu memiliki sebuah DVR dengan kapasitas penyimpanan mencapai beberapa Terabyte, mungkin pembelian resolusi tinggi tidak menjadi masalah. Namun kamera yang hanya memiliki kapasitas internal saja dapat dengan mudah terisi penuh kurang dari 24 jam.

Untuk mengatasi ini, beberapa kamera memiliki fitur overwrite yang dapat secara otomatis menimpa data saat kapasitas penyimpanan sudah terisi penuh. Sebuah kamera 1 MP dapat mengambil data sampai 38GB dalam satu hari saja.

Jadi, kamu perlu mengecek kapasitas penyimpanan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kamera CCTV yang memiliki resolusi lebih tinggi. Walaupun kualitas gambar lebih besar, durasi rekaman yang terlalu pendek sebaiknya kamu hindari.

Sensor gerakan dan suara

Kamera CCTV yang memiliki sensor seperti ini tidak terlalu populer di Indonesia dikarenakan harga selangit yang dipatok. Namun kamera seperti ini sejatinya merupakan kamera masa depan. Sebagian besar smartphone sudah menggunakan teknologi ini, tidak lama lagi akan memasuki kamera CCTV.

Dengan sensor gerakan dan suara, kamera dapat membunyikan alarm atau melalui notifikasi khusus di aplikasi smartphone kamu. Penerapan kamera seperti ini sudah banyak dilakukan pada kawasan ketat penjagaan seperti kawasan militer walaupun tidak populer untuk penerapan sehari-hari bahkan untuk perkantoran.

Tahan air

Fitur ini jelas diperlukan untuk CCTV luar ruangan apalagi untuk kawasan di Indonesia. Dengan curah hujan yang tinggi, setiap kamera CCTV yang dipasang di luar ruangan, mulai dari halaman, sampai bagian depan toko menjadi sebuah keharusan.

Apa saja aksesoris yang diberikan?

Sebelum membeli kamera CCTV, kamu perlu melihat dulu apa saja yang akan dapat kamu temukan di dalam kotak kamera. Aksesoris penting mulai dari kaki kamera, baut, kabel dan adaptor listrik. Terkadang, beberapa kamera tidak dilengkapi adaptor, sehingga kamu harus membelinya secara terpisah.

Outdoor dan Indoor

Indoor CCTVBeberapa kamera CCTV dikhususkan untuk dipasang di dalam ruangan. Akan terlihat dari spesifikasi resolusi yang biasanya lebih tinggi, ditambah fitur night vision yang terbatas. Hal ini jauh berbeda dengan kamera CCTV yang memang dibuat untuk outdoor. Fitur yang ditekankan pada kamera outdoor adalah daya tahan terhadap air serta fitur night vision yang mencapai jarak 60 meter.

Kamera indoor belum tentu bagus saat ditempatkan di bagian luar ruangan karena keterbatasan cahaya, akan mengurangi kualitas gambar. Begitupun sebaliknya.

Kabel atau tanpa kabel?

Kamera CCTV menggunakan kabel sangat diminati pembeli yang memiliki sistem CCTV dengan jumlah kamera yang banyak, sehingga harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kamera CCTV yang menggunakan koneksi wireless.

Namun ada banyak kelebihan yang ditawarkan kamera tanpa kabel, mulai dari mobilitas pemasangan sampai fitur live feed dari smartphone kamu. Walaupun pastinya kamu harus melengkapi kamera IP dengan konektifitas internet yang tinggi dan stabil selain penggunaan router jika dibutuhkan.

10 CCTV Terbaik Di Indonesia 2019

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kamu perlu melihat fitur-fitur seperti resolusi gambar, sensor, lebar pandang, jarak rotasi, dan kelengkapan sensor. Sedangkan untuk pemakaian outdoor, kamu dapat memilih kamera yang mendukung fitur tahan air sampai kekokohan kamera, dari perilaku pengrusakan orang luar.

Jangan lupa untuk menghubungkan resolusi gambar dengan kapasitas penyimpanan dalam sistem CCTV yang kamu rencanakan. Berikut 10 kamera CCTV terbaik yang saat ini beredar di pasaran Indonesia.

1. Xiaomi Yi Home

Xiaomi Yi Home

Kamera CCTV ini termasuk high-end dan cocok untuk mengontrol keadaan rumah kamu. Dengan sambungan Wi-Fi, kamu dapat melihat rekaman langsung melalui smartphone dengan mengunduh App resmi di Playstore.

Bersama kamera ini tersedia mikrofon 2 arah dengan filter anti-noise yang juga dapat kamu gunakan untuk video call, terlebih gambar hasil rekaman yang diberikan juga memiliki kerapatan yang tinggi dengan resolusi HD.

Kelebihan Xiaomi Yi Home:

  • Lensa wide 110o
  • Slot microSD sampai 32GB
  • IR night vision sampai 3 meter
  • 4x perbesaran optik
  • Deteksi gerak
  • Audio 2 arah

Kekurangan Xiaomi Yi Home:

  • Harga cukup mahal, kurang cocok untuk pembelian dalam jumlah yang banyak seperti toko dan gudang, karena itu lebih tepat untuk aplikasi di rumah pribadi

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/promo-xiaomi-yi-home-720p-camera-cctv-ip-camera-international-version-flash-sale-i167766908-s196410069.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-yi-home-edition-ip-kamera-cctv-white/pc–MTA-1165968

2. Xiaomi Mijia

Xiaomi Mijia

Seperti kamera sebelumnya, kamera cctv Xiaomi Mijia ini juga dapat kamu kendalikan lewat Mi Home App. Sehingga, asalkan terhubung dengan Wifi, kamu dapat melihat apa yang kamera lihat dimanapun kamu berada. Kamera ini memiliki rotasi horizontal sampai 360o dan rotasi vertikal sebesar 45o.

Sebagai catatan, kamu tidak boleh mengubah rotasi kamera secara manual (menggunakan tangan), karena akan merusak bagian rotasi kamera. Sebaiknya selalu gunakan Mi Home App untuk mengubah view jika diperlukan.

Kelebihan Xiaomi Mi Mijia:

  • Rotasi horizontal 360o dan rotasi vertikal 45o
  • Resolusi 720p
  • Audio 2 arah
  • Tersedia antena eksternal
  • Deteksi gerak sampai 9m
  • Slot microSD sampai 32GB

Kekurangan Xiaomi Mi Mijia:

  • Harga yang tinggi

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-yi-mijia-yuntai-cctv-720p-smart-wifi-ip-camera-360-putih-i175449778-s208064467.html

 

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-mijia-smart-720p-wifi-ip-camera-pan-tilt-version-white/pc–MTA-1215800

3. Acetech

Acetech

Kamera CCTV Acetech memiliki variasi resolusi HD mulai 720p, 960p sampai 1080p untuk masing-masing kamera 1 Mp, 1,3 Mp, dan 2 Mp. Software yang didukung juga lengkap mulai dari Android, iOS sampai smartphone Windows.

Pemasangan plug and play memudahkan pengguna dalam pemasangan tanpa perlu menginstal driver tambahan apapun. Selain itu kamera ini juga mendukung fitur terlengkap lainnya seperti sensor gerak dan suara yang dapat mengirimkan pesan langsung jika ada gerakan atau suara yang masuk melalui SMS, email bahkan alarm lokal.

Kelebihan yang tidak dimiliki kamera CCTV lainnya adalah vandal proof, dimana kamera ini tahan terhadap pengrusakan yang disengaja oleh pencuri atau perampok.

Kelebihan Acetech:

  • IR Cut night vision sampai 10 meter
  • Resolusi sampai Full HD 1080p
  • Infrared
  • Sensor gerak dan suara
  • Mendukung microSD sampai 64GB
  • Audio 2 arah
  • Vandal proof

Kekurangan Acetech:

  • Sudut pandangan hanya 90o

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/acetech-wifi-smart-camera-babycam-ip-cam-cctv-wireless-portable-home-security-ip-camera-network-720p960p1080p-night-vision-i322872714-s328711726.html

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/kamera/cctv/m8lkx3-jual-acetech-wifi-smart-camera-ip-cctv-wireless-portable-original-kamera-keamanan-rumah

4. Xiaomi Xiaofang

Xiaomi Xiaofang

Kamera ini berjenis IP Cam dengan bentuk kotak berdimensi 5 cm. Mampu merekam sampai 1920 x 1080, kamu akan mendapatkan hasil gambar terbaik untuk sebuah kamera CCTV. Kamu dapat memasukkan sebuah microSD sampai kapasitas 64 GB melalui slot yang terletak di bagian bawah kamera.

Pada kaki kamera Xiaofang, terdapat magnet yang dapat kamu gunakan untuk penempatan di plat besi karena itu kamera ini sangatlah kompatibel dan mudah untuk dipindah-pindah. Namun infrared yang dimiliki kamera ini terlihat oleh mata, jadi saat malam hari, akan terlihat 2 titik merah pada bagian depan kamera.

Kelebihan Xiaomi Xiaofang:

  • Kamera video Full HD
  • Mampu merekam dalam gelap sampai jarak 9 meter
  • Sensor asap dan karbon monoksida
  • Lensa wide, aperture f / 2.0, 110o
  • IR-Filter

Kekurangan Xiaomi Xiaofang:

  • Sinar infrared terlihat mata

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-xiaofang-1s-small-square-box-smart-1080p-ip-cctv-wifi-camera-putih-i113300191-s116496656.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/xiaomi-xiaofang-smart-square-wifi-ip-camera-cctv-1080p/pc–MTA-1482312

5. Kamera CCTV Q6

Kamera CCTV Q6

Kamera ini merupakan pesaing berat produk Xiaomi. Memiliki fitur yang sama dengan merk Xiaomi, namun dengan harga yang lebih bersaing, Q6 dapat menjadi pilihan alternatif terbaik.

Kamera ini juga mendukung pengguna lebih dari satu, sehingga kamu dan anggota keluargamu dapat berbarengan menonton hasil rekaman langsung menggunakan smartphone yang kalian miliki.

Kelebihan Q6:

  • Rotasi horizontal 350o dan vertikal 100o
  • Night vision
  • Kualitas video HD 720p
  • Sensor gerak dengan fitur snapshot
  • Audio 2 arah
  • Harga bersaing

Kekurangan Q6:

  • Luas pandangan rekomendasi hanya 100 m2

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/kamera-cctv-q6-wifi-hd720-p2p-cctv-camera-baby-monitor-with-2-way-audio-motion-sensor-alarm-and-micro-sd-slot-i322826870-s328636549.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/qcf-ip-camera-smart-net-ct-v380-q6-wifi-cctv-camera-with-2-way-audio-putih/pc–MTA-0555104

6. Kamera CCTV Cognos

Kamera CCTV Cognos

Produk ini cukup laris di Lazada dengan review bintang 4. Dengan aplikasi KEYE kamu dapat memantau hasil rekaman lewat smartphone yang kamu miliki baik itu menggunakan Android maupun iOS.

Hasil rekaman berkualitas rata-rata, namun kelebihan utama terletak pada rotasi tinggi yang dimiliki kamera ini. Kamera Cognos dapat melakukan rotasi horizontal sampai 355o dan rotasi vertikal sebesar 120o. Kamera ini juga tersedia audio 2 arah yang dapat kamu gunakan sebagai mikrofon sekaligus speaker.

Kelebihan Cognos:

  • Rotasi horizontal 355o dan vertikal 120o
  • Slot microSD sampai 32GB
  • Support iOS dan Android

Kekurangan Cognos:

  • Fitur kalah dibandingkan produk Xiaomi

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/cognos-ip-cam-720p-camera-cctv-wireless-13-mp-baby-monitoring-i111546795-s113917338.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/gadget-holic/cognos-ip-cam-720p-camera-cctv-wireless-1-3-mp

7. Kamera CCTV SPC

Kamera CCTV SPC

Dengan resolusi yang cukup, kamera CCTV ini dapat memberikan hasil rekaman yang cukup dengan ukuran file yang kecil sehingga kamu dapat memiliki durasi rekaman yang lebih panjang. Terlebih, kamera ini mendukung microSD sampai dengan kapasitas 64 GB.

Kekurangan kamera ini terletak di harga yang diatas rata-rata. Apalagi, fitur yang diberikan juga biasa saja. Alternatif terbaik untuk SPC adalah Q9 atau Cognos. Tetap saja, jika kamu lebih menginginkan durasi rekaman yang lebih panjang, kamera ini dapat menjadi pilihan.

Kelebihan SPC:

  • Slot microSD sampai 64GB
  • Alarm
  • Sensor gerak
  • Audio 2 arah
  • Resolusi HD 720p 1,3 Mp

Kekurangan SPC:

  • Harga diatas rata-rata
  • Tidak memiliki sensor suara

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/spc-smart-babycam-ip-cam-cctv-wifi-wireless-portable-best-seller-i126456898-s132981913.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/spc-smart-ip-wifi-baby-camera-cctv/pc–MTA-1412149

8. Kamera CCTV ELP

Kamera CCTV ELP

Kamera CCTV dari ELP ini sangat hemat memori, karena kamera ini hanya merekam gambar pada resolusi 480 pixel dalam 1 fps (frame per detik). Memang gambar akan kelihatan putus-putus. Namun jika sensor mendeteksi adanya gerakan, maka kamera ini akan meningkatkan perekaman gambar menjadi 15 fps. Sehingga kapasitas memori penyimpanan dapat kamu tekan secara maksimal. Durasi rekaman pun dapat kamu simpan sampai berminggu-minggu untuk kapasitas standar.

Memori 4 GB biasanya dapat menyimpan video berdurasi sampai 24 jam dengan menggunakan kamera ini.

Kelebihan ELP:

  • Dilengkapi sensor gerak
  • Infrared malam sampai kejauhan 10-20 meter
  • Plug and play

Kekurangan ELP:

  • Resolusi standar 480p
  • Kapasitas memori maksimal 16 GB

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/elp-1-megapixel-hari-modus-malam-indoor-outdoor-usb-cctv-dome-kamera-perumahan-vandal-proof-untuk-rumah-dan-pc-industri-keamanan-kamera-cctv-untuk-pemantau-bayi-hewan-peliharaan-monitor-keamanan-rumah-i10155441-s12924751.html

9. Anran

Anran

Kamera ini jagoan untuk CCTV outdoor. Selain tahan air, yang merupakan bagian penting dari kamera CCTV outdoor di Indonesia yang sering hujan, kamera ini juga memiliki kemampuan night vision di atas kamera CCTV lainnya yang mencapai 60 meter.

Kelemahan kamera ini terletak pada lebar pandang hanya sebesar 80o jelas kalah jauh dibanding kompetitornya sampai 110o yang dimiliki produk Xiaomi. Namun dengan peruntukannya untuk merekam satu sudut saja, kamera ini dapat menjadi pilihan yang tepat, terlebih jika penempatan kamera outdoor ini terletak lantai tinggi bangunan untuk menghadap ke luar.

Kelebihan Anran:

  • Tahan air
  • Lensa wide 3,6mm dilengkapi dengan IR Cut
  • Jarak night vision sampai 60 meter dengan 1200 TVL
  • Penutup aluminium
  • Kamera dengan kualitas kokoh

Kekurangan Anran:

  • Harga tinggi
  • Lebar pandang 80o

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/anran-1200tvl-waterproof-outdoor-36-infrared-daynight-vision-for-analog-security-camera-i3986582-s4941674.html

10. Kamera CCTV Boom Series

Kamera CCTV Boom Series

Kamera Boom Series adalah jenis kamera hybrid yang dapat kamu pasangkan DVR mulai dari tipe analog, AHD, HDTVI dan HDCVI. Hasil rekaman kamera ini juga termasuk baik jika dibandingkan dengan kamera CCTV lainnya karena dilengkapi dengan kamera beresolusi Full HD.

Selain fitur hybrid, kamera ini memiliki fitur yang terbatas tanpa adanya sensor apapun.

Kelebihan Boom Series:

  • Resolusi 2MP 1080p
  • Kamera hybrid
  • Jarak IR 15 meter

Kekurangan Boom Series:

  • Lensa 3,6 mm

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/camera-cctv-boom-series-outdoor-4-in-1-i354632464-s370268223.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/radjaonlineid/camera-cctv-spc-outdoor-ahd-4-in-1-2-0-mp-boom-series

Kesimpulan

IP camera berbeda dibandingkan kamera CCTV yang menggunakan DVR. Di satu sisi, kamera IP merupakan sistem kamera tunggal yang sebagian besar menerima memori tambahan mulai dari 32 GB, sampai 128 GB. Selain itu kamu juga dapat menggunakan fitur penyimpanan berbasis cloud yang memiliki fungsi sama seperti sebuah DVR. Namun jenis kamera CCTV ini jauh lebih mahal sehingga kurang cocok untuk digunakan dalam sistem CCTV dengan skala yang besar.

Yang keluar sebagai pemenang dari daftar Kamera CCTV unggulan diatas adalah Xiaomi Mi Home dan Xiaomi Mijia. Alasannya adalah kualitas gambar yang sangat baik. Kamu dapat menggunakan kamera ini untuk video call karena memang kualitas sensor kamera Xiaomi diatas merek-merek lainnya. Selain itu, fitur kamera CCTV Xiaomi juga lengkap namun harga dari kamera-kamera ini diatas rata-rata, jadi kami tidak merekomendasikan kamera ini untuk digunakan dalam jumlah massal seperti pemasangan di toko yang berukuran luas.

Untuk penggunaan outdoor pada ketinggian lebih dari 2 lantai, kamera CCTV dari Anran dapat menjadi pilihan karena kualitas gambar yang sangat baik disertai fitur-fitur yang kokoh dan jarak night vision yang sangat jauh.

Sudah baca 10 daftar rekomendasi kami diatas? Saatnya menentukan pilihan kamera CCTV paling cocok buat kamu. Kebutuhan setiap tempat berbeda-beda sesuai dengan fitur dan kapasitas sistem yang kamu punya.

Tinggalkan komentar

shares