10 Earphone Terbaik di Indonesia 2019

Earphone TerbaikHidup di era milenial seperti sekarang ini, kita tentu menyaksikan sendiri betapa perkembangan gadget melesat begitu cepat. Hal ini turut mendorong lahirnya pasar aksesoris gadget, salah satunya adalah earphone. Meskipun kecil, rasanya tak lengkap jika memiliki gadget tapi tidak punya earphone sebagai pasangannya. Tulisan kali ini akan mengulas rekomendasi 10 earphone terbaik untuk Anda, beserta bahasan lengkap kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Memilih Earphone yang Tepat

Earphone, yang disebut juga penyuara telinga atau alat dengar telinga, sudah dibuat sejak tahun 1910 oleh seorang mahasiswa Universitas Stanford yang bernama Nathaniel Badwin. Cara kerja utama earphone adalah dengan mengubah energi listrik menjadi gelombang suara sehingga suara dapat terdengar lebih jelas. Hal yang juga menjadi keunggulan benda yang satu ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Meski begitu, teknologi yang diterapkan earphone saat itu belum secanggih seperti earphone yang sering kita gunakan sekarang. Earphone digunakan untuk disambungkan pada radio, agar dapat mendengarkan suara dari radio lebih jelas. Dan untuk menggunakannya, kita perlu menyambungkan earphone pada tenaga listrik yang berasal dari baterai bertegangan tinggi dan biasanya diletakkan dalam tanah.

Namun penemuan tersebut tidak langsung mendapat sambutan baik dari masyarakat kala itu. Baru kemudian di perang dunia pertama, penemuan Badwin dikembangkan untuk digunakan oleh pilot sebagai penutup telinga. Selain itu, earphone juga berfungsi sebagai noise control yang memungkinkan para pilot mendengar sinyal audio dan mempermudah proses penerbangan.

Penggunaan earphone semakin meluas ketika mulai diterapkan pada pesawat telepon di sekitar tahun 1970. Penggunaannya semakin populer terutama di akhir tahun 1990-an, dimana earphone digunakan untuk mendengarkan musik. Apalagi dengan berkembangnya perangkat elektronik seperti televisi, home theater, laptop, hingga smartphone seperti sekarang ini.

Jenis-Jenis Earphone

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi earphone pun semakin pesat dan memiliki jenis yang beragam. Untuk dapat memilih earphone yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya yang ada di pasaran. Berikut adalah jenis-jenis earphone yang dapat Anda pilih untuk penggunaan sehari-hari:

Earbud

Earphone jenis pertama ini adalah jenis yang paling banyak digunakan oleh orang-orang terutama saat mendengarkan musik dari ponsel. Dari segi bentuknya, ujung Earbud berbentuk bulat rata dari bahan plastik dengan lubang kecil seperti speaker. Menggunakan earphone ini cukup ditempelkan pada telinga tanpa terlalu memasukkannya terlalu dalam. Hal ini membuat Earbud mudah dipakai dan dilepaskan, meskipun masih ada suara-suara dari luar yang terdengar.

Earfit

Earfit EarphoneDari segi bentuk, Earfit memiliki bentuk yang mirip dengan Earbud yang dapat digunakan dengan memasukkannya dalam telinga. Perbedaannya adalah fitur tambahan untuk menambah kenyamanan saat penggunaan, seperti kabel untuk dikaitkan di daun telinga dan plastik atau karet pada ujung earphone. Fitur tambahan ini ditujukan supaya earphone jenis ini tidak mudah terlepas saat digunakan. Hal ini membuat Earfit cocok digunakan saat melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti untuk mendengarkan musik ketika berolahraga.

Earphone On-Ear

Jika Anda membutuhkan earphone yang tidak terlalu menjepit pada telinga, Earphone On-Ear ini dapat menjadi pilihan. Bentuknya seperti bando yang memiliki beragam ukuran untuk disesuaikan dengan ukuran kepala. Pada bagian ujung-ujungnya terdapat speaker yang dilapisi dengan kain atau kulit sehingga terasa empuk di telinga. Selain itu keunggulan dari Earphone On-Ear ini adalah desainnya yang stylish meskipun ukurannya jauh lebih besar dan tidak begitu mudah dibawa-bawa.

Earphone In Ear Monitor (IEM)

Meskipun secara sekilas bentuk earphone ini mirip dengan jenis Earbud dan Earfit, namun detail pada bagian ujung atau speakernya berbeda. Bagian ujung earphone IEM Ini berbentuk lebih kecil dan sedikit runcing, karena penggunaannya memang untuk dimasukkan hingga ke dalam lubang telinga. Kelebihannya, suara yang terdengar lebih jelas tanpa ada gangguan suara-suara dari luar dan lebih nyaman dengan bud empuknya. Meski begitu, penggunaan earphone jenis ini dalam waktu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan telinga.

Earphone Wireless/Bluetooth

Sesuai dengan namanya, earphone ini tidak memiliki kabel dan bekerja dengan teknologi bluetooth yang disambungkan dari perangkat yang akan digunakan. Dari segi bentuk sendiri beragam, mulai dari yang berukuran kecil untuk dimasukkan ke dalam lubang telinga, dengan dua speaker atau hanya dengan satu speaker. Earphone ini memang praktis digunakan dengan bentuknya yang kecil dan tanpa kabel, namun perlu baterai untuk menggunakannya.

Tips Memilih Earphone

Setelah mengetahui apa saja jenis earphone yang ada di pasaran sekarang, selanjutnya adalah menentukan earphone mana yang akan dipilih. Untuk mempermudah Anda dalam memilih earphone yang tepat, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kebiasaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih earphone yang tepat adalah mengetahui apa kebutuhan dan kebiasaan Anda dalam menggunakan earphone. Apakah earphone akan lebih banyak digunakan untuk mendengarkan musik, bermain game, atau menelpon? Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa menyesuaikan setidaknya dengan jenis earphone apa yang akan dipilih.

Jika earphone digunakan sebagian besar untuk menelpon atau video call, maka jenis wireless atau bluetooth akan menjadi earphone yang tepat. Namun jika Anda menggunakannya untuk bermain game, Anda bisa memilih jenis On-Ear atau In Ear Monitor supaya menghasilkan suara lebih jelas sekaligus nyaman dipakai. Dan untuk mendengarkan musik sendiri, hampir semua jenis earphone cocok untuk dipilih kecuali Earphone Wireless terutama yang hanya memiliki satu speaker.

Pilih Desain dan Bentuk

Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, earphone memiliki ragam desain dan bentuk yang dapat Anda sesuaikan dengan selera. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan bentuk earphone yang akan dipilih dengan mobilitas sehari-hari. Jika earphone digunakan untuk mendengarkan musik selama di perjalanan menuju tempat sekolah atau kerja, maka jenis Earbud, Earfit, dan In Ear Monitor dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda lebih mengutamakan desain yang stylish, maka Earphone On-Ear bisa Anda pilih.

Perhatikan Spesifikasi Earphone

Bukan hanya gadget, aksesorisnya seperti earphone ini pun memiliki spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam memilih earphone adalah frekuensi, sensitivitas, dan hambatan atau impedance. Frekuensi menunjukkan kemampuan earphone untuk memperdengarkan suara-suara yang kecil sekalipun, dimana semakin lebar rentang frekuensinya maka kualitas earphone semakin bagus.

Sedangkan sensitivitas akan menunjukkan seberapa keras suara yang bisa dihasilkan oleh earphone, sehingga Anda tidak perlu memperbesar volume gadget. Tingkat sensitivitas earphone ditunjukkan melalui Sound Pressure Level (SPL) dengan satuan miliWatt atau desibel, dimana semakin besar SPL maka semakin besar tingkat sensitivitas earphone. Dan untuk hambatan menunjukkan resistensi earphone, yang biasanya berkisar di antara 15 ohm – 150 ohm dan dapat diatur sesuai selera Anda.

10 Rekomendasi Earphone Terbaik

Dengan pembahasan memilih earphone yang tepat di atas tentu menambah informasi Anda mengenai earphone itu sendiri, sekaligus bagaimana cara memilihnya. Anda dapat menerapkan tips-tips di atas dalam memilih produk yang tepat dari rekomendasi 10 earphone terbaik berikut ini.

1. Earphone Xiaomi Piston

Earphone Xiaomi Piston

Bukan saja mengeluarkan produk smartphone, Xiaomi juga meluncurkan produk earphone sebagai aksesoris pelengkap. Xiaomi Piston merupakan jenis earphone In Ear Monitor (IEM) untuk memberikan pengalaman mendengarkan suara yang jelas tanpa gangguan. Xiaomi Piston didesain dengan Dual Damping System, yang memungkinkan untuk mengurangi efek suara dengan memecah pantulan suara sehingga suara terdengar lebih jernih. Xiaomi Piston terbuat dari bahan Beryllium Alloy yang membuatnya dapat melakukan transmisi suara lebih cepat dan stabil.

Untuk kabelnya sendiri, Xiaomi Piston memiliki kabel berukuran panjang sekitar 1.2 meter yang terbuat dari bahan silikon dan didesain ergonomis dengan kemiringan 15 derajat. Pada bagian kabel juga terdapat tiga tombol dan mikrofon dengan sambungan kabel khusus supaya tidak mengganggu kualitas suara saat menelpon. Xiaomi Piston memiliki rentang frekuensi 20-20.000 Hz dan tingkat sensitivitas yang berada pada angka 93 dB.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki Dual Damping System dan bahan pembuatan dari Beryllium Alloy untuk kualitas suara yang optimal.
  • Memiliki tiga tombol kontrol dan kabel mikrofon terpisah untuk menjaga kualitas suara.
  • Desain yang stylish dan tampak modern dengan balutan perpaduan warna hitam dan abu-abu metalik.
  • Cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari pada berbagai merk gadget, terutama jika membutuhkan pendengaran suara tajam tanpa gangguan suara lain.
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Kekurangan produk ini:

  • Seperti jenis earphone In Ear Monitor (IEM) lainnya, produk ini bisa mengganggu kesehatan telinga jika digunakan dalam waktu yang terlalu lama.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/earphone-big-bass-handsfreeheadset-compatible-for-xiaomi-piston-mi-2nd-generation-oem-i144283087-s158428825.html

Beli di Shopee: https://shopee.co.id/Xiaomi-Piston-Mi-2nd-Generation-Original-Handfsree-Headset-Earphone-i.3634840.138274668

2. Earphone Oppo MH133

Earphone Oppo MH133

Earphone jenis Earbud ini dilengkapi dengan kabel sepanjang 1.2 meter, ukuran yang cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti mendengarkan musik atau menonton video melalui smartphone. Meskipun dikeluarkan oleh merk Oppo, earphone ini dapat digunakan pada berbagai merk smartphone maupun gadget lainnya dengan jack berukuran 3.5 mm. Untuk bahannya sendiri, Oppo MH133 terbuat dari bahan alumunium yang berkualitas

Dari segi frekuensi, Oppo MH133 memiliki rentang frekuensi di titik 20Hz – 20kHz yang menunjukkan rentang cukup dalam mendengarkan suara-suara yang kecil sekalipun. Sedangkan untuk tingkat sensitivitasnya, earphone Oppo MH133 ini berada pada angka 113dB / mW. Satu fitur yang menjadi keunggulan Oppo MH133 ini adalah adanya tombol ON / OFF dan tombol khusus untuk mikrofon.

Kelebihan produk ini:

  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Cocok untuk penggunaan standar sehari-hari, seperti mendengarkan musik atau menonton video.
  • Memiliki tombol khusus ON / OFF dan untuk mengaktifkan mikrofon.

Kekurangan produk ini:

  • Earphone jenis ini masih kurang rapat dalam menghalangi suara-suara dari luar.
  • Produk ini kurang cocok digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan pendengaran suara yang tajam, seperti bermain game.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/oppo-handsfree-earphone-headset-mh133-suara-jernih-putihwhite-i141308386-s152296818.html

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/handphone/headset-earphone/cllsm5-jual-murah-headset-oppo-mh133-handsfree-earphone-3-5mm-jack-in-ear-music-earphone-original

3. Earphone Xiaomi Hifi Music

Earphone Xiaomi Hifi Music

Satu lagi produk besutan merk Xiaomi, Xiaomi Hifi Music bisa menjadi pilihan untuk penggunaan earphone sehari-hari. Earphone berjenis Earbud ini memiliki kabel berbentuk unik, yaitu bentuk pipih atau gepeng dengan panjang sekitar 1.5 meter. Untuk rentang frekuensinya sendiri, Xiaomi Hifi Music berada di kisaran 18-20.000 Hz. Dan untuk tingkat sensitivitasnya, earphone Xiaomi Hifi Music ini berada di angka 120 dB.

Kelebihan produk ini:

  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget dan mudah dibawa.
  • Kabel earphone cukup panjang untuk penggunaan sehari-hari.
  • Tingkat sensitivitasnya cukup tinggi sehingga suara yang terdengar lebih jelas.

Kekurangan produk ini:

  • Masih terdengar suara-suara dari luar karena speaker tidak menutup sempurna.
  • Produk ini mungkin kurang cocok digunakan untuk aktivitas yang memerlukan pendengaran sangat jelas tanpa terganggu suara lain.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/xiaomi-handsfreeheadsetearphone-hifi-music-kabel-gepeng-i143072014-s156566462.html

4. Apple Earphone

Apple Earphone

Sesuai dengan namanya, Apple Earphone memang ditujukan untuk produk-produk besutan merk Apple seperti iPhone dan iPod. Dengan bentuk speaker yang bulat dan ramping, earphone jenis Earbud ini mudah digunakan dengan memberikan suara yang jelas. Keunggulan lain dari Apple Earphone ini adalah adanya tombol kontrol untuk mengatur suara, baik memperbesar atau memperkecil sesuai selera.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok bagi Anda yang memiliki gadget keluaran Apple.
  • Desain yang simpel dan mudah dibawa.
  • Memiliki tombol khusus pengatur suara.

Kekurangan produk ini:

  • Tidak cocok digunakan untuk gadget dari merk selain Apple.
  • Tidak terlalu menutup telinga dari suara-suara di luar, sehingga kurang cocok untuk penggunaan yang membutuhkan suara jelas.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/apple-earphone-headset-handsfree-for-iphone-456-white-original-i238822032-s289014228.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/apple-earpod-original-headset-for-iphone-5-or-5s-6-4-putih/ps–AZO-60023-01101

5. Earphone Philips SHE 1350/60

Earphone Philips SHE 1350-60

Earphone besutan merk Philips ini memiliki bentuk yang sederhana, namun memiliki kualitas bass yang cukup bagus untuk pemakaian sehari-hari. Baik untuk mendengarkan musik atau menonton video, Philips SHE 1350/60 bisa menjadi teman yang cocok buat Anda. Earphone jenis Earbud ini memiliki bentuk dan cara kerja yang sudah familiar untuk kebanyakan orang, sehingga mudah untuk digunakan.

Philips SHE 1350/60 didukung dengan driver berukuran 15 mm dan panjang kabel kurang lebih 1 meter untuk kenyamanan pemakaian Anda. Untuk rentang frekuensinya sendiri, Philips SHE 1350/60 berada pada angka 16-20.000 Hz. Earphone dengan berat 0.011 kg, tinggi 9 cm, dan lebar 4 cm ini hadir dengan pilihan warna hitam.

Kelebihan produk ini:

  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget dan mudah dibawa.
  • Bentuknya sederhana namun memiliki kualitas bass yang cukup bagus.

Kekurangan produk ini:

  • Bentuk Earbuds mungkin terlalu besar bagi sebagian orang sehingga dapat menimbulkan rasa sakit jika pemakaian terlalu lama.
  • Tidak memiliki varian atau pilihan warna lain.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/philips-in-ear-headphone-she1350-hitam-i1529037-s1836953.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/philips-earphone-she-1350-60/ps–SOH-11258-00213

6. Earphone Indoku 133

Earphone Indoku 133

Merupakan jenis Earfit, bentuknya yang unik memang menjadi salah satu keunggulan dari earphone Indoku 133 ini. Pada bagian speaker dilapisi dengan bahan karet agar tidak menyakiti telinga saat digunakan. Juga ditambah dengan soft hanger yang dapat dikaitkan pada daun telinga sehingga earphone tidak mudah lepas. Bagian soft hanger ini terbuat dari bahan busa yang lembut untuk menambah kenyamanan saat menggunakan Indoku 133.

Didesain khusus untuk mendengarkan musik, Indoku 133 diusung dengan tema stylish dan modern yang menyasar anak-anak muda. Bukan hanya itu, Indoku 133 juga memberikan berbagai pilihan warna yang menarik yaitu hitam, putih, ungu, biru, dan merah.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok digunakan sambil melakukan aktivitas luar ruangan, seperti berolahraga.
  • Didukung oleh lapisan karet pada speaker dan soft hanger agar earphone tidak mudah terlepas.
  • Memiliki desain yang stylish dan berbagai pilihan warna.

Kekurangan produk ini:

  • Earphone ini dirancang khusus untuk mendengarkan musik atau menonton video, dan tidak ada mikrofon untuk menelpon.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/indoku-headphone-133-khusus-untuk-mp3-game-dll-hitam-i1159120-s1389318.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/indoku-133-black-earphone/ps–3TA-16738-00085

7. Earphone Sony MDR-XB50BS

Earphone Sony MDR-XB50BS

Merupakan perpaduan earphone In Ear Monitor (IEM) dan bluetooth, Sony MDR-XB50BS memberikan kualitas suara yang optimal serta penggunaan simpel. Meskipun tidak sepenuhnya tanpa kabel, karena terdapat kabel yang menghubungkan antara dua speaker, Sony MDR-XB50BS tetap mudah digunakan tanpa perlu menyambungkan kabel pada gadget. Terdapat fitur Extra Bass yang membuat suara yang dihasilkan Sony MDR-XB50BS lebih jelas dan kuat. Tak hanya itu, Sony MDR-XB50BS memiliki fitur pendukung Arc yang berupa lengkungan pada telinga sehingga tidak mudah lepas.

Untuk menggunakannya, Anda perlu menyambungkan earphone Sony MDR-XB50BS ini melalui bluetooth pada gadget. Seperti earphone bluetooth lainnya, Sony MDR-XB50BS pun bekerja dengan tenaga baterai yang diklaim dapat tahan hingga 8.5 jam. Dari segi desainnya, Sony MDR-XB50BS unggul dengan IPX4 yang membuatnya tahan air serta memiliki berbagai pilihan warna yaitu merah, hitam, dan biru.

Kelebihan produk ini:

  • Perpaduan jenis IEM dan bluetooth menjadikan produk ini simpel dan mudah digunakan serta tetap menghasilkan kualitas suara yang baik.
  • Terdapat fitur Extra Bass, lengkungan telinga Arc, dan desain IPX4 untuk mengoptimalkan kinerjanya.
  • Daya tahan baterai cukup lama.
  • Memiliki desain yang stylish dan berbagai pilihan warna.

Kekurangan produk ini:

  • Karena menggunakan baterai, kita tidak bisa menggunakannya jika daya tahannya habis.
  • Harga produk ini cukup mahal dibanding dengan produk lainnya.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/sony-extra-bass-sports-bluetooth-in-ear-headphone-mdr-xb50bs-hitam-i11112146-s14074153.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/sony-mdr-xb50bs-extra-bass-sports-bluetooth-in-ear-headset-hitam/ps–STS-16697-00756

8. Earphone Micro Sport S530

Earphone Micro Sport S530

Merupakan konsep earphone wireless, Micro Sport S530 digunakan dengan menyambungkan earphone dan gadget melalui bluetooth tanpa ada kabel sama sekali. Berbeda dengan kebanyakan earphone yang memiliki dua speaker, Micro Sport S530 ini hanya memiliki satu speaker yang berbentuk mengikuti struktur telinga. Meski tampak simpel, desain yang bertema earwing ini membuat Micro Sport S530 tidak mudah terlepas saat digunakan.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok digunakan saat berolahraga, atau untuk menerima telepon saat sedang berkendara menggunakan mobil.
  • Desain bertema earwing namun tetap stylish, serta tidak mudah terlepas.
  • Penggunaan yang simpel tanpa adanya kabel.

Kekurangan produk ini:

  • Seperti jenis earphone wireless atau bluetooth lainnya, produk ini mengandalkan baterai yang tidak bisa digunakan saat daya energinya habis.
  • Kurang dapat menghasilkan suara yang maksimal dan mudah menerima gangguan suara lain karena hanya memiliki satu speaker.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/bluetooth-music-invisible-headset-micro-sport-stereo-mini-handsfree-smartphone-wireless-earphone-s530-black-i7177511-s9156241.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/s530-micro-sport-stereo-bluetooth-earphone-hitam/pc–MTA-0628141

9. Earphone Shure SE215

Earphone Shure SE215

Satu lagi earphone jenis In Ear Monitor (IEM) hadir dari merk Shure, yang mengunggulkan fitur Sound Isolating yang dimilikinya. Fitur ini memungkinkan Shure SE215 memfilter bahkan menghilangkan suara dari luar yang dapat mengganggu kualitas suara yang sedang Anda dengarkan. Ditambah lagi, Shure SE215 didukung oleh bass yang jelas dan jernih sehingga suara yang dihasilkan lebih detail.

Untuk kabelnya, Shure SE215 dibuat dari bahan kabel kevlar yang mudah disesuaikan dalam penggunaannya tanpa takut kusut atau terbelit. Shure SE215 berada pada rentang frekuensi 22 Hz – 17,5 kHz dengan tingkat hambatan atau impedance 17 ohm. Untuk sensitivitasnya sendiri, Shure SE215 berada pada angka 107 dB SPL/mW. Terdapat tiga varian warna yang dapat Anda pilih untuk produk Shure SE215 ini, yaitu hitam, bening (clear), dan biru.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Sound Isolating dan kualitas bass yang jelas untuk menghasilkan suara yang lebih maksimal.
  • Cocok digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan pendengaran suara tajam, seperti bermain game.
  • Bahan kabel terbuat dari material kevlar yang mudah disesuaikan dan tidak mudah terbelit.

Kekurangan produk ini:

  • Harga produk ini cukup jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk lainnya.

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/shure-se215-sound-isolating-earphones-with-remote-mic-black/ps–BAA-18276-00012

10.Earphone Knowledge Zenith KZ-ZS3

Earphone Knowledge Zenith KZ-ZS3

Earphone jenis Earfit ini bisa menjadi pilihan dengan keunggulan bentuknya yang didesain untuk mendukung kenyamanan penggunaan Anda. Terdapat pengait untuk dipasang pada daun telinga supaya earphone tidak mudah lepas, dan bagian speaker yang dilapisi bahan karet yang empuk. Knowledge Zenith KZ-ZS3 memiliki fitur Noise Cancelling yang akan meredam suara-suara berisik dari luar sehingga pengguna bisa fokus mendengarkan dari gadget.

Knowledge Zenith KZ-ZS3 hadir dengan panjang kabel sekitar 1.2 meter dan berat 17 gram yang cukup ringan untuk dibawa berpergian. Knowledge Zenith KZ-ZS3 berada pada rentang frekuensi 20-20.000 Hz dan tingkat sensitivitas berada pada angka 1083 dB. Earphone yang hadir dengan warna hitam ini juga memiliki fitur Voice Control yang memungkinkan Anda mengatur suara yang akan didengarkan.

Kelebihan produk ini:

  • Desain yang nyaman digunakan dan tidak mudah terlepas.
  • Memiliki fitur Noise Cancelling dan Voice Control untuk optimalisasi pemakaian.
  • Memiliki kabel yang cukup panjang dan tingkat sensitivitas cukup tinggi.

Kekurangan produk ini:

  • Untuk menggunakan dengan maksimal, pemakaian harus lebih ditekan ke dalam telinga.
  • Hanya memiliki satu varian warna yaitu hitam.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/knowledge-zenith-earphones-kz-zs3-with-mic-super-bass-sport-earphone-i160182575-s182112469.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/knowledge-zenith-kz-zs3-sport-headeset/pc–MTA-1655995

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi 10 earphone terbaik di Indonesia dengan beragam jenis, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilih earphone yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan hal-hal lain yang telah diulas pada bagian tips di atas. Pastikan Anda telah menimbang fitur dan spesifikasi yang ditawarkan agar dapat sesuai dengan keinginan dan penggunaan nantinya.

Jika Anda masih bingung memilih produk yang mana, Xiaomi Piston dapat dijadikan pertimbangan untuk penggunaan sehari-hari yang optimal. Sebagai earphone jenis In Ear Monitor (IEM), Xiaomi Piston akan membantu Anda mendapatkan kualitas suara yang jelas, lebih jernih, dan stabil. Bukan hanya untuk mendengarkan musik atau bermain game, Xiaomi Piston juga cocok digunakan untuk menelpon dengan adanya kabel mikrofon tersendiri. Tak kalah pentingnya, Xiaomi Piston ini memiliki harga murah namun tetap terlihat elegan dengan desain stylish yang diusungnya.

Meski begitu, tentu saja pilihan kembali lagi di tangan Anda karena tergantung dengan tujuan pemakaian serta kebutuhan Anda sendiri. Dan ingat apapun produk yang Anda pilih, mendengarkan musik dalam waktu lama menggunakan earphone tidak akan berdampak baik bagi kesehatan telinga. Pastikan untuk tidak melebihi batas wajar pemakaian earphone tersebut, sehingga baik telinga maupun earphone tetap terjaga dengan baik.

Untuk menjaga agar earphone lebih awet dan tahan lama digunakan dalam waktu panjang, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pastikan Anda menggulungnya dengan teratur sehingga kabel tidak menjadi kusut atau terbelit. Juga berikan perhatian ekstra untuk bagian speaker agar tetap dapat menghasilkan suara yang berkualitas dan tetap optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan komentar

shares