10 Kamera Digital Terbaik di Indonesia 2019

Kamera Digital TerbaikDalam hidup tentu kita banyak mengalami momen-momen berharga yang penting untuk dikenang, dan salah satu cara untuk mengenangnya adalah dengan mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera digital. Dengan menghasilkan bentuk gambar maupun video, kamera digital menjadi salah satu benda yang diperlukan. Pada pembahasan kali ini, penulis akan mengulas lebih lanjut mengenai kamera digital terbaik di Indonesia tahun 2019 ini.

Untuk ringkasnya, silahkan lihat tabel di bawah ini untuk membandingkan 5 pilihan teratas kami untuk kamera digital. Untuk lebih detailnya, silahkan baca di artikel ini selanjutnya.

GAMBARPRODUKINFOCEK HARGA
Canon IXUS 185Canon IXUS 185
  • Dimensi: 9,5x5,4x2,2 cm
  • Berat: 126 gr
  • Resolusi: 20 MP
  • Sensor: DIGIC 4+
  • Fitur: Mode Potret, Easy Auto, Date Stamp
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Shopee
Nikon Coolpix B500Nikon Coolpix B500
  • Dimensi: 11,4x7,8x9,6 cm
  • Berat: 541 gr
  • Resolusi: 16 MP
  • Sensor: BSI CMOS
  • Fitur: Easy Auto, Built-in Flash, SnapBridge App
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Bukalapak
Fujifilm X-T20Fujifilm X-T20
  • Dimensi: 11,8x8,3x4,1 cm
  • Berat: 383 gr
  • Resolusi: 24,3 MP
  • Sensor: APS-C X-Trans CMOS III
  • Fitur: Control Mode, Auto Mode, Auto Focus Zone, AF-C Custom
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Shopee
Canon EOS M100Canon EOS M100
  • Dimensi: 10,8x6,7x3,5 cm
  • Berat: 302 gr
  • Resolusi: 24,2 MP
  • Sensor: APS-C CMOS
  • Fitur: Self Portrait Mode, Creative Assist
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Shopee
SONY DSC-W830SONY DSC-W830
  • Dimensi: 9,3x5,2x2,2 cm
  • Berat: 122 gr
  • Resolusi: 20,1 MP
  • Sensor: Super HAD CCD
  • Fitur: Sweep Panorama, Optical Steadyshot, Intelligent Auto
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Shopee

Memilih Kamera Digital yang Tepat

Obscura, awal kamera digitalTeknologi kamera sudah ada di peradaban manusia sejak sekitar abad ke-10 Masehi, yang dikenal juga dengan Kamera Obscura. Kamera Obscura berarti kamar gelap, dimana penciptanya yaitu Al-Haitham atau Alhazen membuat kamera tersebut dengan konsep lubang kecil di kotak gelap. Alhazen menuangkan teori-teori optiknya dalam buku yang berjudul Al-Bayt Al-Muslim yang kemudian banyak dipelajari dan dijadikan dasar pengembangan teknologi kamera oleh para ilmuwan dunia.

Beberapa diantaranya adalah Joseph Kepler dan Robert Boyle yang menjadikan Kamera Obscura sebagai pijakan riset mereka. Joseph Kepler mengembangkan teknologi kamera tersebut dengan menambahkan lensa negatif yang diletakkan di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar. Perkembangan teknologi oleh Joseph Kepler ini yang juga menjadi prinsip dasar dalam pengambilan gambar jarak jauh di dunia modern. Sedangkan Robert Boyle mengembangkan Kamera Obscura menjadi ukuran yang jauh lebih kecil dan tanpa menggunakan kabel.

Teknologi kamera yang lebih praktis kemudian digagas oleh Louis Daguerre dan Joseph Niepce di sekitar 1836. Kedua ilmuwan ini membuat kamera yang dinamai Daguerreotype, dimana kamera ini dilapisi pelat tembaga dan perak serta ditambahkan uap iodium agar lebih sensitif terhadap cahaya. Kemudian di tahun 1840, ilmuwan bernama Henry Fox Talbot mengembangkan kamera dengan pendekatan proses menggunakan calotype dan memanfaatkan kertas yang diletakkan di depan layar monitor.

Kertas film tentu tidak dapat dilupakan dalam teknologi perkembangan kamera, dimana pada tahun 1885 benda ini mulai digunakan pada kamera. Kamera berbasis kertas film pertama kali dibuat oleh George Eastman yang diberi nama Kodak, berbentuk kotak sederhana dengan lensa fixed-focus dan kecepatan rana tunggal. Teknologi kamera pun terus berkembang dengan diciptakannya kamera compact, TLRs, SLRs, analog, hingga kamera digital yang banyak digunakan di tahun 2019 ini.

Jenis Kamera Digital

Jika kamera-kamera pendahulunya menggunakan film dalam proses kerjanya, kamera digital memanfaatkan memory card atau teknologi penyimpanan internal. Hal inilah yang membedakan kamera digital dengan jenis kamera lainnya, sekaligus menjadi ciri khasnya karena bekerja secara digital dan dapat terintegrasi dengan gadget lainnya. Kita dapat mengedit foto atau video yang diambil sebelum dicetak, menyimpan file berbentuk digital, hingga mengirimkannya ke media lain seperti HP atau media sosial.

Fuji DS-1P merupakan kamera digital yang pertama kali muncul dengan teknologi file terkomputerisasi, dibekali dengan memory card berukuran 16MB. Kamera ini diluncurkan pada tahun 1988, namun tidak dijual secara komersial baik di Jepang sendiri maupun negara lain. Baru kemudian di tahun 1989 Fuji DS-X diluncurkan dan dipasarkan secara besar-besaran di Jepang, kemudian di tahun 1990 dibuatlah Dycam Model 1 yang dijual di Amerika.

Seiring dengan berkembangnya waktu, teknologi kamera digital pun terus berkembang sehingga bermunculan berbagai jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis kamera digital yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini:

Kamera Digital Pocket

Kamera Digital PocketKarena ukurannya yang cukup kecil dan mudah dimasukkan ke dalam saku, kamera digital pocket seringkali disebut dengan kamera digital saku atau kamera compact. Kamera digital pocket rata-rata memiliki fitur otomatis Auto Mode yang memungkinkan penggunanya hanya perlu menekan satu tombol saja. Kebanyakan kamera digital jenis ini memiliki lensa zoom yang akan bergerak keluar saat akan digunakan, dan ditarik lagi ke dalam saat kamera dalam keadaan stand by atau dimatikan. Sensor pada kamera digital pocket ini cenderung lebih kecil yang menjadikannya cocok untuk mengambil gambar atau video jarak dekat.

Kamera Digital SLR (DSLR)

Sesuai dengan namanya, kamera DSLR merupakan kamera lensa tunggal yang menggunakan cermin refleks untuk memantulkan cahaya dalam menangkap gambar. Berbeda dengan kamera digital pocket, kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) memiliki sensor yang cukup besar dengan kisaran antara 18 mm sampai 36 mm. Besarnya sensor kamera akan mempengaruhi terhadap pixel gambar, yang jika digabungkan dengan lensa berdiameter besar akan menghasilkan gambar yang lebih bagus dan tajam.

Kamera Digital Prosumer

Kamera digital jenis ini dikenal juga dengan sebutan Kamera Semi-Pro atau Bridge Camera, karena berada di tengah-tengah antara kamera digital pocket dan kamera DLSR. Kamera Digital Prosumer awalnya hadir untuk memberi solusi mendapatkan kamera berkualitas lensa baik karena saat itu harga kamera DSLR mahal. Kamera digital prosumer juga memiliki setelan exposure lengkap dan dapat diatur secara manual, serta dapat ditambah dengan berbagai aksesoris lensa.

Tips Memilih Kamera Digital Yang Tepat

Seperti yang diulas pada bagian sebelumnya, perkembangan teknologi kamera digital cukup pesat sehingga sekarang banyak produk yang bisa Anda pilih. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan kamera digital yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan apa kebutuhan Anda dalam menggunakan kamera, apakah untuk pengambilan gambar profesional, semi-profesional, atau untuk mengabadikan momen sehari-hari. Jika Anda membutuhkan kamera untuk skala profesional, maka kamera DSLR dapat menjadi pilihan yang tepat. Kalau Anda membutuhkan kamera untuk penggunaan sehari-hari, Anda bisa memilih kamera digital pocket. Dan kalau Anda ingin memiliki kamera dengan sensor yang lebih baik dari kamera pocket namun tidak terlalu mahal, kamera digital prosumer bisa menjadi solusi.

Fitur Kamera Digital

Tiap kamera digital memiliki fitur yang menjadi unggulan, seperti dari segi sensor, pixel, exposure, flash, memory card, waterproof, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih kamera digital dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya Anda membutuhkan kamera digital dengan flash supaya gambar terlihat lebih jelas meski pencahayaan kurang. Atau Anda dapat juga memilih kamera digital yang memberikan banyak fitur-fitur unggulan dalam satu produk, sehingga mendapatkan banyak kelebihannya.

Layanan Purna Jual

Seperti kebanyakan barang elektronik lainnya, kita juga perlu memperhatikan layanan purna jual yang akan diberikan saat hendak membeli kamera digital. Seperti berapa lama garansi yang diberikan, bagian apa saja yang mendapatkan garansi, dan apakah ada service center yang mudah dihubungi. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengatasi permasalahan kamera digital yang rusak atau masalah-masalah lainnya di kemudian hari.

Budget

Hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan sebelum memilih kamera digital yang tepat adalah budget yang dimiliki. Produk-produk kamera digital memang memiliki rentang harga yang beragam, mulai dari angka satu juta-an sampai puluhan juta rupiah. Biasanya semakin bagus fitur dan kelebihan yang dimiliki sebuah kamera digital, maka semakin mahal juga harganya. Namun tidak menutup kemungkinan ada produk-produk yang harganya tidak begitu mahal tetap bisa memberikan kualitas yang baik.

10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik

Dengan banyaknya pilihan kamera digital dengan sederet fitur-fitur yang ditawarkan, Anda mungkin masih bingung untuk memilih produk yang tepat. Pada bagian ini, penulis akan memberikan 10 rekomendasi kamera digital terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini!

1. Canon IXUS 185

Canon IXUS 185

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Bagi Anda yang menginginkan kamera berukuran kecil dan mudah dibawa bepergian, kamera digital jenis pocket bisa menjadi salah satu pilihan. Canon IXUS 185 dibekali dengan lensa beresolusi 20MP dan didukung dengan fitur Zoom Plus yang memungkinkan Anda melakukan hingga 16x. Untuk processornya sendiri, Canon IXUS 185 memanfaatkan processor gambar DIGIC 4 plus dalam sistem kerjanya.

Keunggulan lain yang dimiliki Canon IXUS 185 adalah tersedianya berbagai Mode Potret yang dapat mempercantik hasil gambar yang diambil, seperti efek fish-eye, miniature, monokrom, super vivid, poster, firework, dan lain sebagainya. Anda juga tidak perlu repot-repot mengatur pengambilan gambar, karena adanya fitur Easy Auto untuk pengaturan otomatis. Terdapat pula fitur Date Stamp yang akan menambahkan keterangan tanggal dan waktu pada setiap gambar yang diambil.

Kelebihan produk ini:

  • Mudah dan simpel untuk berpergian
  • Memiliki fitur Mode Potret, Easy Auto, dan Date Stamp
  • Harga terjangkau

Kekurangan produk ini:

  • Sensor dan resolusi lensa kurang tinggi untuk profesional
  • Lensa tidak dapat diganti-ganti

2. Nikon Coolpix B500

Nikon Coolpix B500

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Jika Anda mencari kamera digital prosumer, Nikon Coolpix B500 bisa menjadi salah satu pilihan. Sekilas kamera digital ini terlihat seperti kamera DSLR namun dengan ukuran yang lebih kecil dan didukung dengan layar LCD sebesar 3 inch. Untuk sensornya, Nikon Coolpix B500 didukung dengan sensor 16MP 1/2.3″ BSI CMOS yang bekerja dalam rentang ISO 125-6400.

Nikon Coolpix B500 membantu penggunanya dalam mengatur setting pengambilan gambar dengan adanya fitur Easy Auto Mode, yang akan mengoptimalkan pengaturan kamera dalam pencahayaan seperti apapun. Kamera digital ini juga didukung dengan fitur Built-in Flash yang akan membantu menghasilkan gambar yang lebih baik dalam pencahayaan yang kurang terang. Anda bisa membagikan gambar atau video yang diambil menggunakan Bluetooth, WiFi, dan NFC dengan adanya fitur sharing SnapBridge App.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok bagi Anda yang mencari kamera digital di tingkat menengah antara pocket dan DSLR
  • Fitur unggulan Easy Auto Mode, Built-in Flash, dan SnapBridge App

Kekurangan produk ini:

  • Sensor dan rentang ISO kurang cocok untuk profesional

3. Fujifilm X-T20

 

X-T20 Fujifilm

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Salah satu hal yang menjadi keunggulan Fujifilm X-T20 adalah adanya fitur Control Mode dan Auto Mode yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan. Control Mode dapat Anda gunakan saat ingin mengatur pencahayaan, exposure, shutter speed, dan lain-lain secara manual. Sedangkan Auto Mode dapat Anda pilih untuk mengambil gambar dengan pengaturan otomatis, biasanya saat pencahayaan sulit diatur dengan tepat.

Untuk sensornya sendiri, kamera digital besutan merk Fujifilm ini mengandalkan sensor 24.3 MP APS-C X-Trans™ CMOS III pada lensa XF dan bekerja dengan rentang ISO hingga 12800. Jika Anda ingin mengambil gambar yang bergerak, Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Focus Zone dan AF-C Custom supaya gambar bisa terlihat dengan jelas dan bagus. Berjenis kamera digital mirrorless, Fujifilm X-T20 memiliki prinsip kerja menyerupai kamera DSLR namun tidak menggunakan cermin sehingga ukurannya lebih kecil dan ringan.

Kelebihan produk ini:

  • Kecil dan ringan
  • Sensor dan rentang ISO cukup tinggi
  • Fitur Control Mode dan Auto Mode, Auto Focus Zone dan AF-C Custom untuk gambar berkualitas

Kekurangan produk ini:

  • Harga mahal

4. Canon EOS M100

Canon EOS M100

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Merupakan kamera digital prosumer berjenis mirrorless, Canon EOS M100 didukung dengan sensor 24.2 MP CMOS (APS-C) dan ISO mulai dari 100 hingga 25600. Canon EOS M100 menggunakan DIGIC 7 Image Processor dalam proses kerjanya dan diklaim dapat menghasilkan gambar Full HD dengan resolusi 60 Pixels. Kamera digital besutan merk Canon ini juga didukung dengan LCD berukuran 3 inch yang dapat diputar hingga 180 derajat.

Canon EOS M100 memiliki fitur Self Portrait Mode dan Creative Assist yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan. Untuk pengaturannya sendiri, Canon EOS M100 bersifat Auto sehingga Anda tidak perlu mengaturnya secara manual. Anda dapat membagikan hasil gambar yang diambil melalui fitur Bluetooth, WiFi, dan NFC yang tersemat pada kamera digital ini.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok bagi Anda yang mencari kamera digital di tingkat menengah antara pocket dan DSLR
  • Sensor dan rentang ISO cukup tinggi
  • Fitur Self Portrait Mode dan Creative Assist untuk gambar berkualitas

Kekurangan produk ini:

  • Pengaturan Auto mungkin kurang diminati

5. SONY DSC-W830

SONY DSC-W830

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh SONY DSC-W830 adalah Sweep Panorama, yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan sudut pandang lebih luas. Biasanya teknik panorama ini digunakan untuk mengambil gambar pemandangan yang luas dan sudah ada di beberapa smartphone, namun tentu saja kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus menggunakan kamera digital. Kamera digital jenis pocket ini didukung dengan sensor kamera 20.1MP dan resolusi sebesar 720 pixels (HD).

Untuk mendukung hasil gambar yang lebih maksimal, SONY DSC-W830 memiliki fitur Optical SteadyShot yang berfungsi mengurangi guncangan pada lensa dan Intelligent Auto sebagai pengaturan otomatis. SONY DSC-W830 memiliki rentang ISO sekitar 80 hingga 3200 dalam menjalankan performanya, dan dapat melakukan zoom hingga 8x.

Kelebihan produk ini:

  • Mudah dan simpel saat berpergian
  • Fitur Sweep Panorama, Optical SteadyShot, dan Intelligent Auto
  • Harga terjangkau

Kekurangan produk ini:

  • Rentang ISO tidak tinggi
  • Lensa tidak dapat diganti-ganti

6. Fujifilm X-A5

Fujifilm X-A5

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Satu lagi kamera digital prosumer berjenis mirrorless, Fujifilm X-A5 memanfaatkan sensor 24.2MP APS-C CMOS dan rentang ISO hingga 12800 dalam menjalankan kinerjanya. Fujifilm X-A5 menggunakan layar sentuh LCD yang dapat diputar hingga 180 derajat, memudahkan bagi Anda penyuka selfie untuk mengambil gambar. Dan untuk mengambil gambar dengan lebih fokus dan memudahkan dalam mendeteksi fase, Fujifilm X-A5 didukung dengan fitur Intelligent Hybrid AF.

Hal lain yang juga diunggulkan oleh kamera digital besutan merk Fujifilm ini adalah beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar lebih baik. Fitur 4K Burst Function berfungsi untuk membantu Anda memilih frame gambar terbaik, sedangkan Multi Fokus akan menggabungkan gambar 4K untuk menumpuk fokus. Fujifilm X-A5 juga didukung dengan total 28 filter yang dapat disesuaikan dengan berbagai latar dan kondisi pengambilan gambar.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok untuk yang menyukai DSLR namun lebih kecil dan ringan
  • Sensor dan rentang ISO tinggi
  • Fitur Intelligent Hybrid AF, 4K Burst Function, dan Multi Fokus

Kekurangan produk ini:

  • Harga mahal

7. Sony Alpha A6000

Sony Alpha A6000

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Salah satu keunggulan dari Sony Alpha A6000 adalah mesin BINZ X, yang diklaim dapat memproses tiga kali lebih cepat sehingga teksturnya lebih detail dan gambar terlihat lebih nyata. Selain itu, Sony Alpha A6000 juga didukung dengan fitur Fast Hybrid yang merupakan autofokus super cepat untuk dapat mendeteksi fase dan kontras dengan lebih baik. Anda dapat membagikan gambar yang diambil dengan memanfaatkan fitur One Touch Sharing yang dapat terhubung dengan gadget kesayangan Anda.

Dari segi tampilan, Sony Alpha A6000 tampak stylish dengan sentuhan modern pada desain body dan layar 3 inch-nya. Bukan hanya tampilan luarnya saja, Sony Alpha A6000 menyematkan sistem interface UI untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan kamera digital prosumer ini. Sony Alpha A6000 dibekali dengan sensor 24MP CMOS dan rentang ISO antara 100 hingga 25600.

Kelebihan produk ini:

  • Sensor dan rentang ISO tinggi
  • Didukung BINZ X, fitur Fast Hybrid dan One Touch Sharing
  • Tampilan stylish dengan sistem interface UI

Kekurangan produk ini:

  • Harga mahal

8. Nikon D3400

Nikon D3400

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Jika Anda mencari kamera DSLR berbodi ramping, Nikon D3400 bisa menjadi salah satu pilihan. Nikon D3400 berbobot 445 gram dengan dimensi 124 x 98 x 75.5 mm yang membuatnya mudah dan ringkas untuk dibawa berpergian. Kamera besutan merk Nikon ini dibekali dengan sensor lensa 24MP dan rentang ISO berada pada kisaran 100 hingga 25600.

Salah satu hal yang diunggulkan Nikon D3400 adalah klaim hasil gambar yang bebas dari moire, yaitu pola berupa garis atau titik tidak beraturan yang mengganggu penampilan gambar. Untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih maksimal, Nikon D3400 juga dibekali fitur Picture Control yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat membagikan hasil gambar yang diambil melalui berbagai konektivitas yang tersedia, seperti fitur Bluetooth Low Energy yang akan menghemat baterai kamera dan SnapBridge untuk menghubungkan dengan gadget kesayangan.

Kelebihan produk ini:

  • Bodi ramping, mudah dibawa saat berpergian
  • Sensor dan rentang ISO tinggi, bebas moire
  • Fitur Picture Control, Bluetooth Low Energy, dan SnapBridge

Kekurangan produk ini:

  • Pengaturan manual mungkin kurang disukai

9. SONY Cyber Shot DSC-RX100

SONY Cyber Shot DSC-RX100

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Satu lagi kamera digital besutan SONY yang bekerja dengan mengandalkan mesin processor BIONZ X, SONY Cyber Shot DSC-RX100 diklaim memiliki kecepatan potret hingga 24 fps. SONY Cyber Shot DSC-RX100 memanfaatkan lensa ZEISS Vario-Sonnar berukuran 24-200mm yang dapat mengambil gambar dengan ruang lebih lebar serta fleksibilitas yang lebih besar. Selain itu, kamera digital berjenis pocket ini juga telah didukung dengan sensor kamera beresolusi 20.1 MP 1 Inch Exmor RS CMOS serta rentang ISO hingga 12800.

SONY Cyber Shot DSC-RX100 menggunakan sistem Hibrida dengan 315 titik AF untuk meningkatkan keakuratan dan kecepatan fokus dalam meningkatkan kualitas gambar yang diambil. Kamera digital ini juga memiliki fitur Touch Focus dan Shutter Focus yang dapat disesuaikan dengan posisi sudut maupun kemiringan pengambilan gambar. Anda dapat membagikan hasil gambar maupun video yang diambil dengan dukungan konektivitas yang tersemat dalam SONY Cyber Shot DSC-RX100, baik melalui WiFi maupun gadget.

Kelebihan produk ini:

  • Sensor dan rentang ISO tinggi
  • Didukung sistem Hibrida serta fitur Touch Focus dan Shutter Focus

Kekurangan produk ini:

  • Harga mahal

10. Canon EOS 1500D

Canon EOS 1500D

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Shopee

Bagi Anda yang ingin memulai terjun ke dunia fotografi, kamera DSLR Canon EOS 1500D bisa menjadi salah satu pilihan. Canon EOS 1500D didukung dengan sensor CMOS APS-C 24 MP serta rentang ISO hingga 12800 dalam proses kerjanya. Canon EOS 1500D juga dibekali dengan processor DIGIC 4+ yang diklaim dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan berkualitas, serta mengurangi noise yang muncul pada gambar yang diambil.

Tak hanya itu, Canon EOS 1500D juga memiliki fitur Autofocus 9 titik tipe silang serta kecepatan 3fps untuk dapat menghasilkan gambar lebih akurat. Sedangkan untuk mengambil gambar di luar ruangan atau objek yang bergerak, Canon EOS 1500D didukung dengan fitur Viewfinder Optik. Dengan bobot 475 gram dan dimensi 129.0 X 101.3 X 77.6 mm membuat kamera digital besutan merk Canon ini cukup ringan untuk menemani Anda saat hunting gambar maupun momen terbaik.

Kelebihan produk ini:

  • Sensor dan rentang ISO tinggi
  • Fitur Autofocus dan Viewfinder Optik, serta processor DIGIC 4+
  • Harga terjangkau

Kekurangan produk ini:

  • Kurang cocok untuk fotografi profesional

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai kamera digital terbaik di Indonesia 2019, mulai dari perkembangannya, tips memilih produk yang tepat, hingga rekomendasi kamera digital terbaik. Memang produk-produk kamera digital terbilang sangat bervariasi mulai jenis, fitur, hingga harga yang ditawarkan. Karena itu faktor kebutuhan dan minat cukup berpengaruh dalam memilih produk kamera digital yang tepat bagi Anda.

Jika Anda mencari kamera digital untuk mengabadikan momen-momen dalam hidup sehari-hari, Canon IXUS 185 bisa menjadi salah satu pilihan. Selain ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa, Canon IXUS 185 sudah dibekali dengan sensor lensa maupun fitur-fitur pendukung untuk menghasilkan gambar yang baik. Dan tak kalah pentingnya, harga Canon IXUS 185 terbilang cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki kamera digital.

Setelah memiliki kamera digital yang Anda idamkan dan sesuai dengan kebutuhan maupun minat Anda, hal yang perlu diperhatikan juga adalah perawatan. Seperti barang-barang elektronik lainnya, kamera digital pun memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah rusak terutama pada bagian lensanya. Rajin-rajinlah untuk membersihkan kamera digital kesayangan Anda dan pastikan untuk menyimpannya dengan baik pada tempat yang aman.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan komentar

shares