10 Kamera Mirrorless Terbaik Di Indonesia 2019

Kamera Mirrorless TerbaikApa itu kamera mirrorless yang semakin populer saat ini, jika dibandingkan dengan sebuah kamera profesional DSLR. Jika kamu masih baru di dunia kamera berlensa, mungkin kebanyakan masih akan bertanya apa perbedaan keduanya. Namun dengan banyaknya merek kamera yang mempromosikan kelebihan kamera mereka masing, masing, kamu bisa bingung apa jenis kamera yang terbaik untuk kamu miliki.

Kita akan membahas lebih jauh tentang kamera mirrorless itu sendiri dengan detail sampai bagaimana caranya bekerja, dan perbedaan dengan kamera DSLR.

Apa itu kamera mirrorless

Seperti namanya sendiri, sebuah kamera mirrorless tidak memerlukan cermin refleksi di bagian dalam kamera. Dimana kalau kita bandingkan dengan sebuah kamera DSLR, cermin menjadi bagian yang sangat penting.

Cermin pada kamera DSLR berfungsi untuk merefleksikan cahaya masuk ke optical viewfinder. Sedangkan pada kamera mirrorless, optical viewfinder tidak digunakan. Untuk mengganti hal tersebut, sensor secara terus menerus menampilkan gambar sehingga muncul pada layar LCD di bagian belakang, atau banyak dikenal dengan nama electronic viewfinder. Ini adalah perbedaan dari keduanya.

Secara umum kamera mirrorless dan kamera DSLR tidak memiliki banyak perbedaan lain. Walaupun kamera mirrorless sendiri masih baru di pasaran, sehingga beberapa model tidak semena-mena cocok untuk dipasangkan dengan lensa model yang lain.

Apalagi penggunaan baterai dari kamera mirrorless yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kamera DSLR dimana pada kamera DSLR menerapkan optical viewfinder sehingga gambar langsung tampil setelah cahaya dipantulkan oleh cermin dalam kamera. Hal ini tidak terjadi di sebuah kamera mirrorless, dimana sensor secara terus menerus menerima gambar untuk ditampilkan di sebuah layar LCD, sehingga baterai kamera mirrorless akan lebih banyak menghabiskan daya jika dibandingkan dengan jenis kamera DSLR.

Namun dengan tidak adanya cermin di dalam kamera mirrorless, membuat kamera ini dapat dibuat dalam dimensi yang sangat kecil dan ringan jika dibandingkan dengan kamera DSLR yang berukuran sangat besar.

Untuk detail pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kamera, akan kita bahas lebih lanjut dibawah.

Kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless

Sebenarnya kamera DSLR sudah mampu menjawab keinginan pasar akan sebuah kamera profesional. Namun mengapa kamera mirrorless semakin populer saat ini? Alasan utamanya adalah karena ukuran dari kamera mirrorless cenderung lebih kecil disebabkan tidak adanya cermin tambahan didalamnya dan diganti dengan electronic viewfinder lewat LCD.

Awalnya kamera mirrorless semakin populer di masyarakat awam dan fotografer pemula, namun dengan semakin banyaknya teknologi yang dikembangkan pada sebuah kamera mirrorless, kamera ini tidak kalah professional jika dibandingkan dengan sebuah kamera DSLR.

Jumlah lensa yang banyak

Lensa kameraSeperti kamera DSLR, kamera mirrorless menggunakan sistem pemasangan berukuran sangat kecil dan berbeda-beda. Masing-masing brand memiliki sistem khusus dan hal ini jarang kamu temukan pada kamera DSLR yang memiliki kemiripan.

Ada juga produk pihak ketiga yang menyediakan lensa untuk masing-masing sistem pasang tersebut. Walaupun ada ikatan lensa yang universal untuk dipasang di merek yang berbeda seperti Panasonic Olympus dan DJI. Kamu dapat mengganti kedua lensa kamera antara dua merek tersebut dengan kecocokan yang hampir sempurna.

Sensor

Walaupun ukuran kamera ini lebih kecil dibandingkan dengan kamera DSLR pada umumnya, kamera mirrorless bisa memiliki ukuran sensor yang sama. Seperti layaknya Canon dan Nikon yang menyajikan sensor bingkai penuh dan potong di kamera DSLR, Sony juga menerapkan sensor ini ke dalam kamera mirrorless. Sedangkan perusahaan Fujifilm malah satu langkah lebih maju dengan menambahkan sensor yang lebih besar dibandingkan dengan sensor bingkai penuh.

Yang perlu kamu tahu, bahwa karena kamera mirrorless lebih kecil belum tentu lensa yang ditawarkan juga lebih kecil. Sebuah lensa 300mm pada kamera DSLR juga akan memiliki ukuran yang sama pada kamera mirrorless. Sensor yang lebih besar mampu memberikan kualitas gambar yang lebih baik, namun bukannya tanpa kekurangan tersendiri.

Kemampuan autofocus dari kamera mirrorless sangat bergantung pada proses produksi dan lensa yang digunakan pada kamera tersebut. Karena alasan ini, sangat sulit untuk menyatakan jika kamera mirrorless mampu menghasilkan autofocus yang lebih baik dari kamera DSLR. Terlebih sistem autofokus pada kamera DSLR sudah meningkat signifikan dengan mampu mengambil gambar dengan tajam walaupun berada di kondisi redup dan objek gambar yang bergerak.

Walaupun kamera mirrorless mampu lebih baik dibandingkan DSLR dalam fungsi autofocus di masa yang akan datang, kamera mirrorless tetap akan kalah dalam hal daya tahan baterai. Hal ini karena dalam electronic viewfinder, sensor terus menerus digunakan demi menampilkan gambar pada layar, berbeda dengan kamera DSLR yang menggunakan cermin. Fungsi baterai menjadi sangat penting jika kamu sedang butuh kamera seharian.

Jika kita berbicara dengan video pun, kamera mirrorless muncul sebagai pemenang di kategori ini. Dalam mode video, kamera DSLR pun harus di set menggunakan LCD di belakangnya, alih-alih menggunakan optical viewfinder. Karena ini lah perusahaan pengusung kamera mirrorless seperti Sony dan Panasonic lebih cenderung untuk meningkatkan teknologi video di berbagai jenis produk kamera yang mereka usung. Canon dan Nikon dalam hal ini masih ketinggalan.

Aksesoris penunjang

Walaupun kamera mirrorless baru-baru saja muncul jika dibandingkan dengan kamera DSLR, pilihan aksesoris untuk kamu gunakan ada banyak sekali tersedia. Kebanyakan sistem mirrorless menawarkan berbagai macam pilihan lensa. Banyak model, walaupun tidak semua, memiliki slot tambahan untuk flash eksternal dan model high-end menawarkan pegangan baterai vertikal, mirip dengan pegangan DSLR dimana akan mampu membantu ergonomis dan meningkatkan daya tahan baterai.

Jika kita berbicara tentang pencahayaan studio professional, kita akan menjumpai banyak alat pendukung untuk kamera DSLR dibandingkan dengan kamera mirrorless. Namun hal ini terus berubah dibuktikan dengan banyaknya perusahaan lampu yang memperbarui transmitter wireless mereka agar dapat digunakan oleh lebih banyak merek kamera. Dalam waktu yang akan datang, saya rasa kamera mirrorless akan berada sejajar dengan kamera DSLR professional.

Tips menggunakan kamera mirrorless

Nah ada beberapa tips yang dapat saya bagikan terkait pengalaman saya pribadi dalam menggunakan beberapa varian kamera mirrorless sebelumnya.

Tips pertama adalah bagaimana kamu dapat memperpanjang daya pakai baterai kamera. Seperti yang kita tahu, kamera mirrorless menggunakan daya yang lebih banyak dibandingkan kamera DSLR, karena sensor secara terus menerus menerima gambar untuk ditampilkan pada layar LCD, dibandingkan kamera DSLR yang dapat menggunakan optical viewfinder sehingga lebih menghemat daya baterai.

Biasanya kamu hanya dapat mengambil 300 gambar menggunakan kamera mirrorless. Tips dari saya jika kamu ingin dapat menggunakan kamera dalam durasi yang lebih lama, bawa baterai cadangan merupakan pilihan terbaik.

Mengenal operasi dan fitur kamera mirrorlessKemudian kamu juga harus mengenal operasi dan fitur yang menghabiskan daya baterai kamu dengan cepat. Biasanya alasan utama muncul dari ketergantungan pada penggunaan auto focus. Namun bukan berarti kamu tidak boleh menggunakannya sama sekali, tapi akan lebih baik jika kamu mampu menghindari kebanyakan penggunaan autofocus seperti menahan tombol dalam waktu yang lama, sehingga fokus dilakukan secara berulang-ulang.

Hal lain yang dapat kamu lihat adalah kecerahan layar LCD dan juga penggunaan sistem GPS. Kamu juga dapat menghindari mengecas baterai kamera secara berulang-ulang jika baterai belum perlu diisi.

Yang kedua kamu dapat menggunakan mode diam dalam memotret. Salah satu kelebihan utama dari banyak kamera mirrorless seperti kamera besutan Sony adalah kamera produk mereka lebih sunyi dibandingkan beberapa merek lain. Hal ini disebabkan Sony menggunakan shutter elektronik alih-alih mekanik untuk merekam gambar.

Jangan lupa juga tentang lampu autofocus yang banyak menimbulkan bunyi dan operasional lain. Alih-alih kamu mematikan semua suara ini satu per satu, coba simpan pengaturan yang sudah kamu buat agar kamu dapat dengan cepat mendapatkan mode diam kapan saja kamu butuhkan.

Membeli kamera baru harus menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, beberapa tips tadi semoga berguna dan bermanfaat untuk kamu terapkan setelah kamu membeli kamera baru nantinya.

10 Kamera Mirrorless Terbaik Di Indonesia 2019

Kamera mirrorless tidak berada di kasta lebih bawah ataupun di atas kamera DSLR, walaupun ada beberapa kelebihan yang patut kita acungi jempol seperti perekaman video dan kekurangan dalam hal daya tahan baterai.

Pada akhirnya semuanya kembali pada pilihan kamera yang paling cocok dengan kebutuhan kamu, apakah itu untuk kebutuhan liburan keluarga, pesta pernikahan, ataupun pengambilan foto shoot professional.

Kamera mirrorless lebih ringan dan kecil, cocok bagi fotografer kasual, dimana tidak terlalu memerlukan daya tahan baterai seharian, apalagi kamera ini sangat mudah dibawa kemana-mana. Namun bagi kamu yang lebih menginginkan kamera yang sudah berada di puncak kualitasnya dengan beragam aksesoris pendukung, kamera DSLR bisa menjadi pilihan.

Sudah bersiap untuk membeli satu kamera mirrorless? Berikut saya sajikan 10 kamera mirrorless terbaik yang dapat kamu pilih, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk.

1. Kamera Canon EOS M50

Canon EOS M50 Kamera Mirrorless

Kamera ini jauh lebih mahal dibandingkan versi Canon EOS M3 sebelumnya. Namun ada banyak kelebihan yang juga akan kamu dapatkan di produk ini. Walaupun sensor yang kamu dapatkan sama, namun kamu dapat merekam kualitas video 4K menggunakan Canon EOS M50. Terlebih, kamera ini sangat cocok untuk slow motion sampai 4 kalinya dengan 120 fps yang dimiliki.

Fitur slow motion sampai 120 fps sangat jarang dapat ditemukan pada sebuah kamera mirrorless, disebabkan dengan kebutuhan akan processor yang cukup cepat agar dapat merekam sejumlah gambar tersebut dalam satu detik saja.

Walaupun begitu kamera Canon EOS M50 berhasil melakukannya, jadi jika kamu mencari kamera seperti ini, kamera besutan Canon yang satu ini bisa jadi pilihan kamu. Apalagi kualitas bahan yang digunakan pun sangat baik dan kokoh jadi kamu tidak perlu ragu dengan kualitasnya, sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Kelebihan Canon EOS M50:

  • DIGIC 8 Image Processor
  • Mendukung perekaman 4K pada 23fps dan HD 720p sampai 120 fps
  • Dilengkapi koneksi Wi-Fi dan NFC, Bluetooth
  • Bahan bodi polycarbonate

Kekurangan Canon EOS M50:

  • Harga jauh lebih mahal dari kamera serupa Canon EOS M3

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/canon-eos-m50-kit-15-45mm-putih-free-accessories-i335463671-s345405625.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/canon-eos-m-50-body/ps–ANM-51328-01395

2. Kamera Fujifilm X-T20

Fujifilm X-T20 Kamera Mirrorless

Jika dibandingkan dengan Sony Alpha 6000, kamera besutan Fujifilm ini mampu merekam foto lebih banyak dalam waktu 1 detik, sampai 14 gambar secara terus menerus. Sensor yang digunakan pun meningkat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yang hanya memiliki 16MP.

Kamera ini memiliki fitur lengkap sebagai sebuah kamera professional selayaknya Sony Alpha 6000, namun dengan perbedaan harga hampir dua kali lipat, menjadikan kamera besutan Sony menang jauh. Namun kembali lagi jika hanya performa yang kalian cari, kamera Fujifilm XT-20 bisa jadi pembelian yang tidak sia-sia.

Kelebihan Fujifilm X-T20:

  • Sensor APS-C 24.3MP Full HD
  • Mampu merekam dalam 4K pada 30 fps
  • 14 fps untuk foto berlanjut

Kekurangan Fujiilm X-T20:

  • Biaya hampir dua kali lipat dibandingkan dengan Sony Alpha 6000 dengan fitur yang sama

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-xt-20-bo-black-xt-20-body-only-xt20-i123028401-s128664110.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujifilm-xt20-kit-16-50mm-kamera-mirrorless/pc–MTA-1450299

3. Kamera Panasonic DC-GF9K

Panasonic Lumix GF9 Kamera Mirrorless

Kamera ini merupakan rekomendasi saya untuk kamu yang ingin membeli kamera untuk dipakai sehari-hari. Kamera ini sangat mudah kamu gunakan, dan fungsi selfie yang cocok buat kamu gunakan kapan saja. Fitur mode manual lumayan dibatasi di kamera ini.

Kamera ini tersedia Optical Image Stabilization (OIS) yang memiliki fungsi untuk meredam getaran secara optis. Artinya setiap goyangan di kameramu saat mengambil video ataupun gambar akan dikurangi menggunakan fitur ini.

Ada perbedaan dari fitur EIS dimana menggunakan proses data, sehingga anti getar secara optikal jauh lebih baik ketimbang anti getar versi digitalnya, dimana mengubah rekaman video yang sudah kamu edit tadi dan mengurangi getaran secara otomatis menggunakan sebuah software bawaan.

Kamera ini juga mendukung 4k, dimana resolusi yang besar berarti pixel yang semakin banyak dalam satu gambar. Kelemahan dari gambar 4k pada umumnya adalah ukuran data yang cenderung sangat besar, sehingga perlu kamu edit terlebih dahulu sebelum mengunggah ke sosial media nantinya.

Kelebihan Panasonic DC-GF9K:

  • Mampu merekam gambar 4k pada 30 fps
  • Konektifitas WiFi
  • 10 foto per detik untuk pengambilan foto
  • Tersedia fungsi percantik
  • Tersedia Optical Image Stabilization (OIS)
  • Kamera paling kecil dan ringan hanya 269 gram

Kekurangan Panasonic DC-GF9K:

  • Sensor gambar tergolong kecil di kelasnya hanya 16MP

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/panasonic-dc-gf9k-pink-rose-4k-mirrorless-camera-gf9-post-focus-16mp-garansi-resmi-free-microsd-sandisk-ultra-32gb-screen-guard-filter-37mm-camera-bag-i152859513-s172503371.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/panasonic-dc-gf9k-black-noir-4k-mirrorless-camera-gf9-post-focus-16mp-garansi-resmi/ps–KAA-12596-01824

4. Kamera Sony Alpha 6000

Sony Alpha 6000 Kamera Mirrorless

Kamera besutan Sony ini diklaim memiliki kecepatan autofokus lebih baik dibandingkan dengan kamera DSLR kebanyakan yang bernama dengan 4D Fokus. Sistem autofokus menggunakan beberapa titik dengan kedalaman yang berbeda-beda yang mampu menangkap gambar jelas dalam waktu 0,06 detik saja.

Sistem processor dan sensor lensa dari Sony merupakan paling unggul saat ini. Jadi kualitas gambarnya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Ada tiga pilihan warna yang dapat kamu coba, mulai dari warna putih, hitam dan silver. Layar LCD juga dapat kamu miringkan sesuai dengan kebutuhan pemotretan kamu. Kamera ini juga cukup kecil dengan dimensi 6,7 cm x 12 cm x 4,5 cm.

Kelebihan Sony Alpha 6000:

  • Sensor APS-C 24.3MP Full HD
  • Fast Hybrid Autofocus
  • Sistem lensa E-Mount
  • Kontrol manual, cocok untuk professional
  • 11 fps untuk foto berlanjut
  • Variasi lensa beragam

Kekurangan Sony Alpha 6000:

  • Harga standar kamera DSLR
  • Tidak mendukung video 4K

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/sony-alpha-6000-gray-with-16-50mm-lens-mirrorless-camera-a6000-wifi-243mp-full-hd-garansi-1th-sandisk-16gb-screen-guard-filter-405mm-camera-bag-takara-eco-193a-i141183636-s152122110.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/sony-alpha-6000-paket-kamera-mirrorless-with-lensa-sony-35mm-f-1-8-body-only/pc–MTA-1438345

5. Kamera Canon EOS M3

Canon EOS M3 Kamera Mirrorless

Kamera besutan Canon ini memiliki dimensi yang sangat kecil dengan ukuran 110.9 x 68.0 x 44.4 mm menjadikannya sangat pas untuk kamu bawa kemana-mana. Sangat praktis untuk kamu gunakan di setiap aktifitas yang kamu miliki. Beratnya pun hanya 366 gram.

Hasil foto yang diberikan kamera ini ada diatas rata-rata, dengan sensor 24,2MP, paling tinggi di kelasnya. Kamera ini dilengkapi dengan kontrol manual yang mampu menghasilkan kualitas gambar RAW 14 bit. Kamera ini cocok untuk profesional, karena kualitas gambar yang baik disertai kontrol manual dan variasi lensa yang ditawarkan.

Dengan menggunakan adapter Mount EF-EOS M, kamu dapat menggunakan berbagai lensa kamera DSLR besutan pabrik Canon lainnya.

Kelebihan Canon EOS M3:

  • Tersedia fungsi WiFi
  • Sensor 24.2 MP
  • ISO foto 12800 sedangkan video mencapai 6400
  • Sangat ringan dan berukuran compact
  • Fitur cukup lengkap sebagai kamera profesional

Kekurangan Canon EOS M3:

  • Harga standar kamera DSLR

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/canon-eos-m3-ef-m15-45-is-stm-kit-white-242mp-wifi-touchscreen-lcd-sandisk-16gb-screen-protector-filter-49mm-camera-bag-takara-eco-193a-i102167036-s102475579.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/canon-eos-m3-kit-ef-m15-45mm-kamera-mirrorless-white/pc–MTA-0344219

6. Kamera Nikon1 J5

Nikon1 J5 Kamera Mirrorless

Kamera besutan Nikon ini menggunakan processor Expeed 5A yang mampu mengambil foto secara terus menerus, paling cepat di dunia mencapai 20 fps. Ditambah, kamera ini mendukung format video sampai 4k, memberikan kualitas gambar paling bagus yang dapat kamu miliki dari kelas kamera mirrorless saat ini.

Dengan sensor Backside Illumination (BSI) keluaran Nikon, saat ini bersaing ketat dengan sensor Sony sebagai sensor terbaik. Kualitas gambar sangat tinggi dengan noise reduction sampai ISO 12.800 yang membuat kamera ini tetap menghasilkan gambar tajam walaupun minim cahaya.

Dengan harga yang terjangkau, dan kualitas yang ditawarkan pun sangat tinggi, membuat kamera Nikon ini menjadi pilihan banyak pecinta fotografi, terlebih kualitas sensor Nikon bersama dengan Sony adalah yang terbaik saat ini di pasar.

Kelebihan Nikon1 J5:

  • Perekaman video dalam format 4k
  • Sensor Backside Illumination (BSI)
  • Memiliki 20,8MP
  • Hybrid auto fokus
  • Lengkap dengan WiFi dan NFC
  • Harga bersaing

Kekurangan Nikon1 J5:

  • Tidak ada

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/nikon1-j5-lens-kit-10-30mm-208mp-silver-distributor-i6947134-s8839697.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/nikon-1-j5-10-30mm-jpckemang-garansi-resmi/ps–JPK-18384-00613

7. Kamera Sony A5100

Sony Alpha A5100 Kamera Mirrorless

Kamera besutan Sony yang lain ini mengusung sensor yang sama. Dengan teknologi terkini dari Sony, noise dapat ditekan dengan maksimal, berkat intensitas kecerahan yang diberikan paling tinggi di kelasnya. Prosesor yang digunakan adalah BIONZ X ditambah flash bawaan yang sudah sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Kamu juga tidak perlu risau jika beraktifitas di siang hari, karena kecerahan layar LCD akan tetap terjaga, membuat kamu tetap mampu membaca gambar dengan sempurna. Hal ini karena penerapan teknologi WhiteMagic oleh Sony.

Di bagian kiri dilengkapi dengan port HDMI dan slot memori sedangkan bagian kanan ada grip dengan tekstur ergonomis yang membuat kamu dapat memegang kamera dengan nyaman.

Kelebihan Sony A5100:

  • Lensa 16-50mm dengan sensor 24.3 MP
  • Fast Hybrid Autofocus
  • Tersedia konektivitas WiFi dan NFC

Kekurangan Sony A5100:

  • Tidak mendukung video 4K

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/sony-a5100-16-50mm-243-garansi-resmi-free-accessories-i342548856-s355288933.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/sony-a5100-kamera-mirrorless/pc–MTA-1439658?ds=JOC-60025-00174-00001&list=Search%20Results%20Page

8. Kamera Fujifilm X-A10

Fujifilm X-A10 Kamera Mirrorless

Kamera ini memiliki fitur portrait enhancer yang membuat gambar fokus menjadi sangat jelas, sedangkan gambar latar dibuat lebih kabur. Sangat cocok digunakan untuk menangkap sebuah obyek dengan jelas, bahkan dapat digunakan untuk model fotografi dengan kualitas gambar yang cukup baik.

Namun ada berbagai macam jenis kamera dengan harga serupa yang mampu memberikan kualitas setara atau lebih baik dengan fitur-fitur yang lebih banyak.

Dengan resolusi gambar Full HD 1080p yang dapat merekam gambar sampai 30 fps yang diklaim dapat merekam secara terus menerus sampai 14 menit. Jika kamu menginginkan durasi video yang lebih panjang, ada pilihan resolusi yang lebih kecil, dimana dengan resolusi HD 720p kamu dapat merekam gambar hampir 2 kali lipatnya atau 27 menit.

Kelebihan Fujifilm X-A10:

  • Tersedia fungsi Eye Detection AF dan Portrait Enhancer
  • Ada fitur wireless untuk kirim file video/gambar

Kekurangan Fujifilm X-A10:

  • Sensor CMOS kualitas paling rendah di kelasnya 16.3MP APS-C
  • Durasi rekaman yang rendah

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-x-a10-kit-16-50mm-kamera-mirrorless-i103377669-s103886079.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujifilm-x-a10-kit-16-50mm-kamera-mirrorless-pink-16-mp/pc–MTA-1191686

9. Kamera Digital Camera FHD

Digital FHD Kamera Mirrorless

Kamera ini sangat murah, yang pasti jika kamu ingin mencoba sebuah kamera mirrorless, bisa memulai dengan kamera yang satu ini. Walaupun fitur kamera ini masih pas-pasan dibandingkan kompetitornya di jenis kamera mirrorless, perangkat hardware yang diasung cukup menjanjikan.

Dengan resolusi 24MP membuat gambar menjadi tajam. Sedangkan filter UV pada LCD layar membuat setiap warna dan titik jelas walaupun kamu sedang berada di depan cahaya matahari. Menjadikan kamera ini cocok dipakai untuk berfoto di siang hari.

Kelebihan Digital Camera FHD:

  • Tersedia EIS (Electronic Image Stabilization) dasar
  • Lengkap dengan deteksi senyum sampai deteksi wajah
  • Ada lampu flash bawaan
  • Mendukung SD card eksternal sampai 32 GB
  • Harga paling murah

Kekurangan Digital Camera FHD:

  • Sensor berkualitas rendah, jauh di bawah sensor Sony yang terbaik saat ini

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/24mp-digital-camera-fhd-1080p-video-3-lcd-camcorder-with-wide-angle-lens-lf748-i377038361-s405008390.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/bcare-full-fhd-1080p-kamera-mirrorless-24-mp-3-inch-lcd-anti-uv/ps–ANT-28079-01231

10.Kamera Canon EOS M10

Canon EOS M10 Kamera Mirrorless

Dengan tersedianya layar sentuh LCD yang dapat diputar mengarah ke depan, kamu dapat menggunakan kamera ini untuk selfie. Sebuah kelebihan kamera mirrorless khusus yang tidak kamu dapatkan menggunakan kamera DSLR.

Kamera ini paling cocok jika kamu gunakan untuk selfie, karena selain LCD yang dapat diputar balik, ada tambahan creative assist dan mode self portrait yang dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan ini.

Kemampuan perekaman video cukup mengecewakan karena hanya sanggup merekam di kualitas Full HD 1080p pada 30 fps saja. Beberapa pesaing menawarkan kualitas perekaman serupa bahkan sampai 60 fps atau lebih.

Kelebihan Canon EOS M10:

  • Sensor 18.0MP APS-C CMOS
  • Layar sentuh LCD yang dapat diputar 180 derajat
  • Mudah untuk digunakan

Kekurangan Canon EOS M10:

  • Full HD 1080p Video hanya pada 30 dan 24 fps

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/canon-eos-m10-canon-m10-kit-15-45mm-paket-dahsyat-16gb-i145363440-s160003949.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/canon-eos-m10-kit-15-45mm-kamera-mirrorless-free-tumbler-asian-games-2018/pc–MTA-2433156

Kesimpulan

Nah sudah lihat kan 10 pilihan kamera mirrorless diatas. Yang mana menjadi pilihan paling cocok buat kamu?

Sensor Sony merupakan sensor kamera yang terbaik saat ini, dengan jaminan kualitas gambar dan perekaman video kamu hasilnya terbaik. Namun kamu juga perlu melihat resolusi kamera yang digunakan, dimana semakin besar resolusi, semakin baik.

Walaupun begitu, untuk perekaman video 4k ada didukung oleh beberapa kamera dengan fps kecil hanya 20-30 baik itu oleh Fujifilm XT-20 maupun Canon EOS M50. FPS menjadi penting, karena akan membuat gambar yang kamu ambil semakin mulus dan tidak patah-patah.

Mata manusia sendiri cukup nyaman dengan 60 fps karena itu jika kamu berencana untuk membuat sebuah video professional, 60 fps menjadi sebuah keharusan. Kamera profesional yang paling cocok untuk dibeli ada pada Panasonic DC-GF9K dan Sony Alpha 6000. Keduanya menawarkan fitur paling lengkap dengan harga yang sangat bersaing.

Ataupun jika kamu mencari kamera untuk merekam aktivitasmu sehari-hari, kamu bisa mencoba Sony A5100 atau Canon EOS M10 yang sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun.

Tinggalkan komentar

shares