10 Kamera Polaroid Terbaik di Indonesia 2019

Kamera Polaroid TerbaikKamera menjadi bagian tidak terpisahkan dari masyarakat masa kini. Tidak hanya generasi millenial, semua kalangan nyatanya tetap menggunakan kamera sebagai alat untuk menyimpan momen-momen indah bersama keluarga ataupun rekanan.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat, berbagai macam jenis kamera dengan keunggulan yang berbeda-beda pun dihadirkan untuk memuaskan kebutuhan pengguna. Mulai dari kamera DSLR yang diperuntukkan kepada professional dengan kualitas gambar yang sangat tinggi, sedangkan kamera polaroid lebih ditujukan kepada masyarakat kebanyakan untuk merekam gambar sehari-hari.

Walaupun kalah dari kualitas gambarnya, bukan berarti kamera polaroid terbaik kalah dari varian kamera lainnya. Ada beberapa kualitas penting lain yang ditonjolkan oleh kamera polaroid berikut ulasannya.

Kelebihan Kamera Polaroid

Penggunaan polaroid dapat diterapkan di berbagai kesempatan. Tidak menutup kemungkinan, bahkan professional pun tetap menggunakan kamera polaroid. Berikut beberapa kelebihan kamera polaroid dibandingkan berbagai jenis kamera lainnya.

Sangat praktis dan mudah digunakan

Kamera polaroid adalah jenis kamera yang paling praktikal untuk digunakan sehari-hari. Bagaimana tidak, jika dibandingkan dengan kamera DSLR yang memiliki banyak pengaturan terkadang membingungkan banyak pemula fotografi. Terlebih beberapa kamera selain polaroid juga menanggalkan fitur otomatis sehingga kamu harus menyetel sendiri konfigurasi kamera setiap kali kamu perlu mengubah objek dan latar belakang. Beberapa pengaturan yang perlu kamu ganti mulai dari intensitas cahaya, warna, fokus sampai aperture.

Namun dengan kamera polaroid, segalanya tinggal satu klik dan kamu dapat langsung mencetak foto saat itu juga dengan sangat mudah. Praktis bukan? Walaupun kelemahannya pasti ada pada kualitas foto yang masih dibawah kamera DSLR.

Foto vintage yang berkesan

Setiap momen dapat kamu tangkap dan cetak langsung untuk diabadikan menggunakan sebuah kamera polaroid. Pastinya jauh berbeda jika dibandingkan kamera digital. Sambil menunggu cetak foto dari sebuah kamera polaroid, menegangkan sekaligus pasti berkesan!

Desain yang menarik untuk dibawa-bawa

Desain kamera polaroid yang menarik untuk dibawa-bawaAda berbagai macam desain yang dimiliki kamera polaroid. Kamera ini biasanya memiliki bentuk yang lebih lebar dibandingkan kamera digital lainnya karena ada mesin tambahan untuk proses cetak foto di tempat.

Dengan bentuk yang lebih besar menjadikan variasi bentuk dan desain yang jauh lebih banyak. Apalagi kamu dapat memilih sarung kamera yang memiliki desain menarik yang cocok buat kamu bawa ke mana-mana terutama ke tempat-tempat wisata yang kamu kunjungi.

Kekurangan Kamera Polaroid

Bukan berarti kamera polaroid tidak memiliki kekurangan lho. Berikut kekurangan kamera polaroid jika dibandingkan dengan kamera digital lainnya, semoga dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli kamera polaroid.

Biaya kertas cetak yang mahal

Ini merupakan masalah utama yang dialami pemilik kamera polaroid, namun saya tidak bisa mengatakan kalau ini 100% adalah sebuah kekurangan karena pastinya jika kamu cetak di toko percetakan foto pun akan memasang harga serupa. Terlebih kamera polaroid adalah solusi permasalahan cetak instan yang tidak dimiliki semua jenis kamera lainnya.

Namun tetap saja, biaya kertas cetak kamera polaroid dapat menjadi kendala, apalagi jika kamu masih duduk di bangku sekolah, dengan membawa 2 rol saja terkadang tidak cukup untuk seharian fotografi di tempat wisata.

Menurut Tokopedia dan BliBli, biaya sekali cetak ada di rentang harga Rp. 10.000 sampai Rp. 12.000. Namun solusi praktisnya bisa jadi jika kamu juga menggunakan kamera telepon genggam untuk mengambil beberapa gambar pendukung lainnya dan hanya menggunakan kamera polaroid untuk momen-momen yang berkesan.

Bukan kamera digital

Kamera polaroid bukan kamera digital. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan file gambar selayaknya kamera DSLR yang dapat kamu edit.

Namun ada juga kamera polaroid yang mengizinkan kamu untuk menyimpan file gambar ke sebuah kartu memori sampai dengan kapasitas 2 GB.

Kualitas gambar

Tidak bisa dipungkiri, dengan fitur auto, pastinya tidak ada penyetelan apapun yang dapat kita lakukan terkait pengambilan gambar seperti halnya kamera DSLR. Terlebih, kualitas gambar pun dibawah DSLR. Karena kita hanya akan mencetak foto di sebuah kertas kecil, kualitas cetak kamera polaroid sebenarnya sudah cukup memuaskan.

Kekurangan lainnya yang perlu kamu perhatikan dari sebuah kamera polaroid adalah adanya kesulitan pada saat pengambilan gambar di ruangan yang gelap. Kamera polaroid akan lebih maksimal jika kamu menggunakannya di luar ruangan dengan pencahayaan alami yang cukup. Namun ada beberapa tips menarik dari Womantalk tentang pengaturan flash sampai intensitas cahaya yang tepat.

Tips Penggunaan Kamera Polaroid

Seperti yang sudah kita bahas, biaya cetak polaroid memang terbilang mahal dibandingkan proses cetak menggunakan media ketiga. Karena itu kamu harus berhati-hati untuk mengambil gambar, contohnya jika kamu selfie, maka perhatikan jarak yang cukup.

Jaga jarak selfie

Fokus kamera polaroid biasanya ada di rentang 30 cm sampai 60 cm, atau sekitar satu panjang lengan kamu. Terkadang hasil jepretan kamera kamu kurang jelas, ini bukan karena kamera yang bergoyang saat kamu mengambil gambar, atau pencahayaan yang kurang, bisa jadi karena fokus kamera yang tidak sempurna. Jadi, saat selfie coba perhatikan lagi jarak fokus kamera agar hasil foto tidak blur.

Hindari objek gambar yang terlalu kecil

Hindari objek gambar yang terlalu kecil saat mengambil foto dengan kamera polaroidNah kebalikan dari tips sebelumnya, jangan sampai objek gambar yang kamu ambil terlihat kecil karena mengambil foto dari jarak yang jauh. Berbeda dengan kamera digital yang dapat kamu edit terlebih dahulu, dalam penggunaan kamera polaroid sebaiknya kamu menghindari praktik ini karena setiap foto dapat langsung kamu cetak.

Terlebih, karena kebanyakan hasil dari cetakan nantinya hanya sebesar kartu ATM kamu, jadi jika objek gambar sangat kecil, contohnya foto bersama teman kamu, maka muka kamu akan terlihat kecil sehingga hasilnya jadi kurang maksimal.

Secara umum, untuk pengambilan gambar melalui kamera polaroid, jarak maksimal ada di 2 meter dari objek gambar. Akan tetapi hal ini tidak berlaku jika kamu mengambil gambar pemandangan, atau gambar bangunan. Bisa saja tetap perlu kamu dekati semaksimal mungkin agar gambar pemandangan tersebut menjadi semakin tajam.

Hati-hati dengan jari kamu

Beberapa kamera polaroid tidak memiliki pegangan tangan yang cukup baik, karena itu banyak kali akan menghalangi pengambilan gambar. Termasuk juga jika jari kamu menghalangi flash atau lensa, kamu memang tidak sadar pada saat memotret, namun hasil foto lah yang akan berbicara.

Tanpa adanya layar LCD yang membantu kamu menghasilkan gambar yang jernih, kamu perlu lebih teliti dalam setiap pengambilan gambar agar tidak ada foto yang sia-sia.

Coba sudut yang berbeda

Agar cetakan kamu tidak sia-sia, coba ambil gambar dari sudut berbeda dari yang kamu pikirkan pertama kali. Dengan begitu, pastinya hasil gambar biasanya jauh lebih bagus, karena banyak fotografer pemula yang kurang menjelajahi sudut gambar dengan maksimal.

Cobalah berjongkok atau berdiri di tempat yang lebih tinggi sehingga kamu mendapatkan alternatif gambar yang banyak untuk dipilih.

Perhatikan kontras objek gambar dengan latar belakang

Untuk hasil foto yang semakin jelas, padukan objek gambar yang kontras dengan latar belakang. Padukan warna terang dengan warna gelap atau antara corak polos dengan corak yang bervariasi. Hal ini akan menghasilkan objek gambar yang jelas sehingga akan tampak seperti hasil potret profesional.

Contohnya jika temanmu sebagai objek gambar menggunakan kemeja kotak-kotak berwarna biru tua, padukan dengan tembok polos atau pemandangan langit, sehingga objek gambar dapat kontras dan hasilnya dapat memukau.

Coba gunakan eksposure ganda

Beberapa kamera polaroid mendukung fitur exposure ganda, dimana dengan menggunakan fitur ini kamu dapat menggabungkan dua buah potret menjadi satu foto. Kamu akan mengambil potret pertama, kemudian berpindah dan ambil potret yang kedua. Hasil dari dua potret tersebut akan menjadi satu.

Memang tidak mudah, namun jika kamu cukup kreatif, hasilnya bisa sangat menakjubkan! Jika kamu butuh panduan ringkas, bisa mengunjungi halaman YouTube ini.

Gunakan kamera polaroid bersama teman-temanmu

Jika kamu dapat langsung memberikan hasil cetak foto sesaat setelah jepretan selesai, akan betapa menakjubkan buat teman-temanmu. Memang kedengarannya simpel, sebuah kamera yang dapat mencetak langsung hasil foto, namun sebenarnya praktik ini sudah lama muncul dan memang seharusnya, sebuah kamera mampu menghasilkan foto langsung di tempat.

Dengan menunggu sampai foto dalam format digital dikirimkan ke sosial media kamu memang tidak salah, namun hasil tangkapan momen yang dapat langsung dibagikan di saat itu juga lewat sebuah kamera polaroid, akan menghasilkan sensasi memuaskan dari setiap aktivitas yang kamu jalani.

Kamera Polaroid Apa Yang Dapat Saya Pilih?

Ada dua merek kamera polaroid yang banyak diandalkan oleh penggemar fotografi, yang pertama adalah dari Fujifilm, dan yang kedua adalah Polaroid. Ya Polaroid adalah sebuah merek perusahaan yang dulunya pertama kali menjadi kamera polaroid. Kamu bisa mengunjungi situs Polaroid untuk tahu sejarah dari perusahaan tersebut. Sayangnya Polaroid sempat ditutup pada 2008, namun kembali muncul dari inisiatif mantan karyawannya sampai hari ini.

Bagi banyak orang merek Polaroid tetap terus terngiang atas teknologi antik yang dimilikinya. Memang teknologi ini sekarang tidak lagi populer terlebih sejak munculnya komputer dan evolusi digital, masyarakat banyak beralih ke kamera digital. Apalagi telepon genggam dapat menjadi solusi praktis untuk menyimpan momen dibandingkan sebuah kamera polaroid.

Namun seiring dengan semakin naik daunnya kamera cetak instan, kamera polaroid kembali naik daun. Kamera ini sejatinya memiliki fungsi yang dibutuhkan orang, terlebih fungsi cetak instan terkadang menjadi sangat penting baik itu bagi tourist sampai fotografer profesional sekalipun.

Fitur penting yang perlu kamu ketahui harus dimiliki oleh sebuah kamera polaroid adalah sistem pencahayaannya. Sistem pencahayaan yang kurang baik akan berakibat pada kualitas foto yang pas-pasan bahkan bisa jadi blur. Namun beberapa kamera polaroid tingkat menengah sudah memiliki fitur otomatis jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

Kamu juga perlu membandingkan hasil cetak yang dihasilkan, beberapa menghasilkan ukuran kotak sebesar 6 cm, namun beberapa menawarkan ukuran cetak yang lebih besar. Fitur LCD juga dapat membantu, namun jika kamu hanya mencari kamera yang dapat mencetak dengan instan sebenarnya fitur LCD dapat kamu abaikan.

10 Rekomendasi Produk Kamera Polaroid Terbaik Saat Ini

Langsung saja kita akan mengulas 10 produk kamera polaroid yang dipasarkan di Indonesia, semoga dapat menjadi referensi kamu untuk memilih kamera yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan aktifitas kamu sendiri.

1. Kamera Polaroid Fujifilm Instax SQUARE SQ10

 Kamera Polaroid Fujifilm Instax SQUARE SQ10

Kamera polaroid besutan Fujifilm ini adalah jenis kamera polaroid yang hybrid. Yang berarti ia juga dapat menyimpan foto dalam bentuk digital ke microSD kamu. Karena ia menyimpan dalam bentuk digital, kamu dapat mengedit foto yang kamu ambil sebelum mencetak. Kelebihan lainnya, kamu dapat menyimpan foto digital disini sehingga, kamu dapat kapan saja mencetak ulang setiap gambar yang kamu ambil sebelumnya.

Fitur editannya juga cukup banyak mulai dari fitur vignettes, kecerahan, dan sebagainya untuk membuat foto kamu jadi lebih menarik. Bahkan tersedia fitur makro yang dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar sampai jarak 10 cm.

Kelebihan Fujifilm Instax SQUARE SQ10:

  • Kamera polaroid hybrid, menerima memori external
  • Fitur edit foto
  • Tersedia berbagai mode foto
  • Disertai LCD 62 x 62 mm2
  • Desain ikonik

Kekurangan Fujifilm Instax SQUARE SQ10:

  • Harga mahal untuk kategori kamera polaroid
  • Hanya tersedia warna hitam

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-square-sq10-insta-square-film-i394580477-s432502079.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujifilm-instax-square-sq10-kamera-pocket/pc–MTA-1210254

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/taskamera-id/fujifilm-instax-square-sq10

2. Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 90

 Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 90

Yang ini disertai lensa 60 mm dapat memfokus foto sampai 30 cm saja. Dengan begitu kamera ini sangat cocok kamu gunakan di dalam ruangan, asalkan pencahayaannya tetap cukup walaupun tersedia flash sendiri pada kamera ini.

Untuk foto di luar ruangan pun kamera ini tidak bisa dianggap remeh, karena tersedia exposure otomatis yang akan memberikan pencahayaan yang konsisten untuk gambar yang tajam.

Ukuran kamera ini pun terbilang sangat kecil, dan bisa kamu masukkan ke saku. Dengan lensanya yang bisa masuk/keluar dari badan kamera, membuat kamera polaroid ini sangat cocok untuk kamu bawa kemana-mana dalam aktivitasmu sehari-hari.

Kelebihan Fujifilm Instax Polaroid Mini 90:

  • Tersedia warna hitam dan coklat
  • Flash terintegrasi
  • Enam mode foto
  • Kontrol kecerahan
  • Ukuran kecil

Kekurangan Fujifilm Instax Polaroid Mini 90:

  • Jika dibandingkan dengan kamera sebelumnya sq10 kamera ini tidak bisa diedit, dan tidak tersedia memori penyimpanan foto

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-kamera-instax-mini-90-camera-polaroid-garansi-resmi-indonesia-hitam-i31965-s38421.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/miloshoes/kamera-fujifilm-instax-polaroid-mini-90-neo-classic-brown

3. Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 9

 Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 9

Berbeda dengan kamera sebelumnya, kamu dapat memiliki kamera polaroid ini dengan biaya dibawah 1 juta. Dengan desain retro, kamera ini juga memiliki banyak pilihan warna mulai dari biru, putih, hijau, pink sampai biru langit.

Selain desain, kamera ini mengandalkan 3 fitur utama, yaitu tersedianya cermin di samping lensa, sehingga dapat memudahkan kamu buat selfie. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih akurat jadi tidak perlu cetak ulang karena jari kamu menghalangi dan sebagainya.

Yang kedua kamera ini dilengkapi dengan lensa tambahan, yang dapat kamu gunakan untuk foto makro, atau foto di jarak fokus yang sangat dekat. Sedangkan fitur yang ketiga adalah high-key mode, dimana foto yang kamu ambil akan ditingkatkan kecerahannya, namun masukan dari saya, jika kamu menggunakan mode ini, tidak perlu diterapkan di ruangan yang cukup pencahayaannya, karena tingkat kontrasnya pun akan berkurang, yang menjadikan kualitas foto kurang tajam.

Pemakaian kamera ini sangat mudah, untuk menghidupkan/mematikan kamera, kamu tinggal menekan tombol yang terdapat di samping lensa. Kamu dapat memutar bagian lensa untuk mengontrol kecerahan, dan seperti kamera pada umumnya, jika kamu menekan tombol di bagian kanan atas maka gambar akan diambil. Kamera polaroid ini berjalan menggunakan dua baterai AA.

Kelebihan Fujifilm Instax Polaroid Mini 9:

  • Pilihan warna sangat banyak
  • Lensa tambahan untuk fitur makro
  • Cermin untuk selfie
  • High-key mode
  • Harga sangat terjangkau untuk pemakaian sehari-hari

Kekurangan Fujifilm Instax Polaroid Mini 9:

  • Penggunaan fitur High-key mode terbatas di momen tertentu saja
  • Ukuran retro

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-mini-9-kamera-polaroid-instant-flamingo-pink-free-1-pack-camera-film-i144338049-s158517185.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/astrafoto/fujifilm-instax-mini-kamera-polaroid-9-free-refill-paper-10lbr-cobalt-blue

4. Kamera Polaroid Fujifilm Instax Square SQ6

 Kamera Polaroid Fujifilm Instax Square SQ6

Kamera ini hadir dengan kelengkapan lensa Fujinon 65.75 mm yang menawarkan lensa aperture f/12.6. Yang menarik, tersedia flash warna mulai dari warna oranye, ungu dan juga hijau yang dapat kamu pilih. Kamera Fujifilm Instax Square SQ6 juga menawarkan mode landscape yang dapat membantu kamu mendapatkan hasil panorama yang tajam di setiap bagian gambar. Bagi kamu yang suka mengambil foto di luar ruangan, kamera ini cocok untuk kamu gunakan.

Kelebihan Fujifilm Instax Square SQ6:

  • Cermin selfie yang tergabung dengan lensa
  • Mode terang/gelap dan mode double exposure
  • Tersedia 3 pilihan warna
  • Mode makro sampai jarak 30 cm
  • Flash warna

Kekurangan Fujifilm Instax Square SQ6:

  • Harga di atas rata-rata
  • Tidak seperti kamera terbarunya SQ10, kamera SQ6 ini bukan kamera hybrid

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-square-sq6-instant-film-camera-free-fujifilm-instax-square-paper-twin-pack-20-sheet-battery-jpckemang-i362740072-s381582393.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujifilm-instax-square-sq6-kamera-polaroid/ps–SUB-24477-01171

5. Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 8

 Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 8

Ada banyak edisi unik yang ditawarkan kamera Instax Mini 8 ini, seperti edisi Minion, Hello Kitty sampai edisi Gudetama. Dengan desainnya yang menarik, kamera polaroid ini cocok buat kamu koleksi selain untuk dipakai berfoto. Hasilnya juga tidak kalah dengan kamera Instax Mini 9, namun di versi lawas ini, tidak tersedia cermin untuk membantu kamu selfie.

Dengan harga yang bersaing, kamera edisi ini sangat cocok buat kamu pertimbangkan sebelum membeli kamera jenis lain.

Kelebihan Fujifilm Instax Polaroid Mini 8:

  • Tersedia banyak edisi unik
  • Harga yang bersaing
  • Tersedia fitur High-key
  • Ada fitur kontrol kecerahan di sekeliling lensa

Kekurangan Fujifilm Instax Polaroid Mini 8:

  • Kualitas gambar rata-rata

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-mini-8-kamera-polaroid-mini-8-free-paper-1-pack-i124336726-s415314596.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/instaxstudio/fujifilm-instax-mini-8-gudetama-limited-edition-kamera-polaroid

6. Kamera Polaroid OneStep 2

 Kamera Polaroid OneStep 2

Merek dari Polaroid ini memiliki bentuk retro selayaknya kamera polaroid OneStep dari tahun 1977. Namun karena desain retro inilah, peminatnya juga sangat banyak dari berbagai kalangan umur. Walaupun bentuknya jadul, namun Polaroid OneStep versi 2 ini menggunakan material dan teknologi masa kini. Mulai dari bahan yang digunakan, terbuat dari polikarbonat sampai fokus minimal sampai 5 cm saja!

Kelebihan Polaroid OneStep 2:

  • Tersedia timer untuk membantu pengambilan gambar
  • Baterai tanam Lithium ion
  • Dimensi cetak sedikit lebih besar menjadi 7,8 x 7,8 cm
  • Fokus minimal hanya 5 cm

Kekurangan Polaroid OneStep 2:

  • Hanya dapat memuat kertas film tipe 600
  • Bentuk yang besar, agak sulit dibawa kemana-mana
  • Harga yang relatif tinggi
  • Tidak ada varian warna

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/kamera-polaroid-onestep2-instant-film-camera-i392745201-s430011689.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/polaroid-onestep2-instant-film-camera-originals/pc–MTA-2400324

7. Kamera Polaroid Fujifilm Instax Mini 50

 Kamera Polaroid Fujifilm Instax Mini 50

Kamera ini didesain retro namun memiliki finishing yang berkilau seperti piano. Ukurannya juga ramping dibandingkan versi lainnya, menjadikan Fujifilm Instax Mini 50S sangat cocok untuk kamu kantongi dan dibawa kemana-mana. Kualitas gambar yang dihasilkan juga bersaing, dengan hasil warna yang lebih hidup.

Fitur kamera polaroid ini adalah tersedianya flash otomatis yang akan menyala jika objek gambar kekurangan cahaya. Kamu juga bisa meninggalkan sebuah pesan otomatis di bawah gambar, sangat cocok jika kamu ingin meninggalkan nama perusahaanmu atau nama pribadi di sebuah acara pesta maupun secara profesional.

Kelebihan Fujifilm Instax Mini 50:

  • Tersedia pilihan warna hitam dan putih
  • Timer foto otomatis sampai dua kali jepretan
  • Tersedia LCD untuk hitungan film
  • Shutter Speeds dari 1/3 sampai 1/400 detik
  • Pesan khusus di bawah gambar

Kekurangan Fujifilm Instax Mini 50:

  • Hasil cetak relatif kecil 62×46 mm

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujifilm-instax-mini-50s-kamera-pocket/pc–MTA-1041814

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/kamera/aksesoris-kamera/aksesoris-lainnya-896/lo31iz-jual-terlaris-polaroid-fujifilm-instax-mini-50-piano-black

8. Kamera Fujifilm Instax Polaroid Wide 300

 Kamera Fujifilm Instax Polaroid Wide 300

Berbeda dengan hasil cetakan seri Fujifilm Instax Polaroid Mini yang lain, hasil cetakan kamera polaroid versi Wide ini mencapai 86 x 108 mm, hampir dua kali dari cetakan Instax Polaroid Mini. Dengan begitu, akan lebih banyak ikut terpotret, berkat ukuran kertas cetak yang lebih lebar.

Jika kamu mencari kamera polaroid dengan hasil cetak diatas versi yang lain, kamera ini dapat menjadi salah satu pilihan buat kamu.

Kelebihan Fujifilm Instax Polaroid Mini Wide 300:

  • Bodi ramping dengan pegangan kamera profesional
  • Ada pengaturan kecerahan dan flash di bagian belakang
  • Disediakan 1 lensa tambahan
  • Hasil cetakan yang lebih besar

Kekurangan Fujifilm Instax Polaroid Mini Wide 300:

  • Rentang fokus hanya dari 0,9 sampai 3 meter
  • Membutuhkan 4 baterai AA
  • Hanya tersedia pilihan warna hitam saja

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-wide-300-kamera-polaroid-i144904088-s159183846.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/instaxstudio/fujifilm-instax-wide-300-camera-polaroid-garansi-resmi-indonesia-hitam

9. Kamera Polaroid 600

 Kamera Polaroid 600

Polaroid seolah tidak kekurangan peminatnya, Polaroid 600 contohnya, sangat banyak dicari para penggemar retro. Mirip dengan Polaroid OneStep 2, bentuknya memanjang ke belakang namun bentuk seperti ini sangat nyaman saat digenggam. Bersama kamera ini terdapat fitur umum seperti pengaturan kecerahan, sampai flash.

Kelebihan Polaroid 600:

  • Fokus minimal mencapai 5 cm
  • Shutter Speed dari 1/3 sampai 1/200 detik

Kekurangan Polaroid 600:

  • Hanya dapat memuat kertas film tipe 600
  • Harga yang mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/kamera-polaroid-tm-600-i392746171-s430012604.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/polaroid-600-cool-cam-instant-film-camera-red/pc–MTA-2400321

10.Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 7

 Kamera Fujifilm Instax Polaroid Mini 7

Versi ini merupakan seri Fujifilm Instax Polaroid Mini paling lawas, namun juga paling murah. Jika kamu ragu, kamu bisa mulai dengan kamera ini sebagai kamera polaroid pertamamu sebelum mencoba kamera polaroid versi menengah seperti Fujifilm Instax Polaroid Mini Wide 300 atau versi teratas seperti Fujifilm Instax SQUARE SQ10.

Kamera polaroid ini tidak memiliki exposure otomatis yang bisa menjadi kendala jika kamu berganti-ganti latar yang dimana pasti tingkat cahanyanya pun berbeda-beda. Terlebih jika kamu masih baru memakai kamera ini, pengaturan kecerahan dapat menjadi masalah di kualitas foto yang kamu hasilkan. Walaupun ada pilihan manual exposure, yang dapat kamu pilih, mulai dari indoor, cloudy, fine, clear, tetap saja exposure otomatis jauh lebih praktis dan akurat.

Kelebihan Fujifilm Instax Polaroid Mini 7:

  • Harga paling murah cocok untuk menjadi kamera polaroid pertama kamu
  • Fitur yang terbatas

Kekurangan Fujifilm Instax Polaroid Mini 7:

  • Hanya tersedia pilihan exposure manual

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/fujifilm-instax-mini-7s-instant-camera-pink-i383441646-s416350915.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/kamera-instax-mini-7s-blue-kamera-polaroid/pc–MTA-0001875

Kesimpulan

Nah sudah lihat 10 pilihan rekomendasi yang kita bahas tadi? Yang mana produk pilihan paling cocok buat kamu?

Seperti yang kita bahas sebelumnya ada dua merek yang mendominasi disini, yaitu Polaroid dan Fujifilm. Jika Fujifilm berhasil masuk ke 8 jajaran kamera polaroid terbaik di pasar Indonesia, merek Polaroid hanya mampu menghadirkan 2 jenis saja yaitu Polaroid OneStep 2 dan Polaroid 600. Namun kedua merek ini malah yang banyak digunakan oleh antusias retro dan juga fotografer profesional.

Banyak orang yang tetap terpesona dengan merek polaroid, menjadikan kamera ini cukup banyak dicari para penggemar retro. Selain karena memang fiturnya memang unggulan, pecinta fotografi tidak dapat menghilangkan sejarah merek Polaroid dari tahun 80an.

Jika kamu hanya ingin berfokus di fungsi, maka kamera besutan Fujifilm pantas untuk kamu coba. Pilihannya juga beragam. Mulai dari Fujifilm Instax Polaroid Mini 7, Mini 8 dan Mini 9 sampai Fujifilm Instax Polaroid Wide untuk cetakan yang lebih besar. Pilihan terbaik jatuh kepada Fujifilm Instax SQUARE SQ10 yang memiliki fungsi hybrid, dimana mampu menyimpan setiap gambar yang kamu tangkap ke dalam sebuah memori eksternal.

Tinggalkan komentar

shares