10 Merk AC Terbaik di Indonesia 2019

Merk AC TerbaikPenggunaan Air Conditioner atau yang lebih sering disebut AC, tentu bukan lagi hal baru yang kita temui di kehidupan sehari-hari. Terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis, dengan hawa panas yang semakin meningkat akhir-akhir ini. Penggunaan AC menjadi salah satu hal yang mendukung lancarnya mobilitas masyarakat bukan saja untuk mendinginkan ruangan, namun juga mengatur sirkulasi udara.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai AC mulai dari perkembangannya hingga jenis-jenis yang ada di pasaran. Penulis juga akan memberikan beberapa tips memilih AC yang tepat untuk Anda. Dan tak lupa, akan ada rekomendasi 10 merk AC terbaik yang dapat Anda pilih baik untuk penggunaan di rumah, kantor, sekolah, dan tempat-tempat lainnya.

Perkembangan dan Jenis-Jenis AC

Sesuai dengan namanya, Air Conditioner, AC pada dasarnya bekerja untuk mengkondisikan udara dalam ruangan agar dapat membuat orang di dalamnya merasa nyaman. Sistem kerja AC dibuat dengan menstabilkan suhu dan kelembaban udara sehingga dapat mengeluarkan udara sejuk. Dengan begitu, kita tetap dapat beraktivitas dengan baik meskipun hawa panas terus menyengat di luar sana.

Perkembangan AC dari Masa ke Masa

Teknologi pendinginan ruangan sendiri sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu, sekitar pada masa Romawi kuno dan Persia. Mereka pada zaman itu membuat saluran air yang mengalir melewati dinding-dinding rumah, yang kemudian membuat udara dalam rumah menjadi dingin. Namun hal tersebut hanya dapat dinikmati oleh keluarga kerajaan dan kaum bangsawan saking mahalnya biaya pembuatan saluran air tersebut.

Sekitar abad ke-18, teknologi pembuatan AC secara modern mulai berkembang dimana sedikit demi sedikit oleh beberapa ilmuwan kala itu. Tak terkecuali John Gorrie, seorang ilmuwan sekaligus dokter yang menghadapi situasi dimana pasiennya mengalami malaria dan demam. Kala itu, suhu ruangan yang panas membuat keadaan para pasien semakin memburuk sehingga John Gorrie berupaya untuk mendinginkan ruangan.

Mesin es GorrieJohn Gorrie meletakkan es dalam sebuah wadah lalu digantungkan pada langit-langit ruangan. Dengan menggunakan alat bantu kipas angin, hawa dingin dari es itu pun menyebar ke seluruh ruangan. Berdasarkan pengalaman itulah, John Gorrie semakin memperdalam penelitiannya mengenai teknologi pendinginan dan berhasil menciptakan mesin pembuat es sekitar enam tahun kemudian.Teknologi mesin pembuat es pertama ini yang kemudian menjadi awal mulanya pembuatan AC.

Jenis AC Berdasarkan Bentuk

Seiring dengan berjalannya waktu, AC semakin berkembang dengan berbagai fitur dan keunggulan yang diberikannya. AC pun kian beragam yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, ukuran ruangan, hingga tujuan pemakaian. Dari segi bentuk, AC dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

AC Split Wall

Jenis AC yang satu ini merupakan jenis yang cukup sering kita jumpai, terutama pada penggunaan di rumah, sekolah, maupun ruangan kantor. Dinamai AC Split Wall karena terdapat dua bagian terpisah yaitu unit indoor yang diletakkan dalam ruangan dan unit outdoor di luar ruangan. Harga AC jenis ini cenderung lebih murah dan mudah dalam perawatan tanpa perlu memerlukan slot khusus untuk pemasangan.

AC Standing

Sesuai dengan namanya, AC jenis ini berbentuk berdiri dan bersifat portable alias mudah dipindahkan kemana-mana. Ukurannya sendiri ada yang tinggi besar dan ada juga ukuran lebih kecil sekitar setengahnya. AC Standing berukuran besar biasanya digunakan untuk acara-acara seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya. Sedangkan AC Standing berukuran kecil dengan harga yang tentunya lebih terjangkau sering digunakan di kamar kost.

AC Cassette

Dengan prinsip kerja yang mirip dengan jenis Split Wall, AC Cassette juga memiliki dua bagian yaitu unit indoor dan unit outdoor. Namun pada pemasangannya, AC jenis ini diletakkan menempel pada langit-langit ruangan atau plafon. Biasanya AC Cassette dipasang pada ruangan yang lebih besar dan lebar seperti area perkantoran, ruko, dan lain sebagainya.

AC Central

AC yang satu ini memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan jenis-jenis lainnya, sehingga penggunaannya sering untuk gedung-gedung, mall, dan semacamnya. Terdapat dua bagian dalam AC ini, yaitu condensing unit yang terletak di luar bagunan dan internal evaporative unit yang berada di dalam bangunan. AC Central bekerja dengan mendinginkan udara pada luar ruangan kemudian dialirkan kedalam ruangan berupa udara yang sejuk dan halus.

AC Window

AC WindowBentuk AC Window merupakan bentuk AC yang pertama dibuat, berupa bentuk kotak tanpa ada remote control seperti sekarang ini. Untuk mengoperasikannya, terdapat tombol-tombol yang sudah menyatu dengan body AC itu sendiri. AC jenis ini biasanya diletakkan pada bagian di bawah jendela atau bagian tertentu pada dinding yang sudah dilubangi sesuai dengan ukuran AC. Meski merupakan bentuk AC paling tua, AC Window kini sudah jarang digunakan karena bentuknya yang dianggap ketinggalan zaman dan kurang praktis.

Jenis AC Berdasarkan Cara Kerja

Selain terbagi berdasarkan bentuknya, AC juga terbagi berdasarkan teknologi dalam cara kerjanya. Berikut adalah jenis-jenis AC berdasarkan teknologi yang digunakannya:

AC Standar

Jenis pertama adalah AC Standar, merupakan jenis yang cukup banyak digunakan orang karena harganya yang relatif lebih murah. Selain itu, AC Standar dapat mendinginkan ruangan dalam waktu yang cepat serta perawatan yang cukup mudah. Saat pertama dinyalakan, AC jenis ini biasanya membutuhkan daya listrik lebih dari 800 watt dan dapat menurun begitu sudah menyala dengan stabil.

AC Standar memiliki dua bagian dalam proses kerjanya, yaitu bagian indoor untuk di dalam ruangan dan outdoor yang dipasang di luar ruangan. Ketika suhu udara di ruangan tersebut sudah berada pada titik tertentu, bagian outdoor AC tidak akan bekerja lagi. Selanjutnya hanya bagian indoor yang tetap bekerja untuk mengatur suhu dan mendinginkan ruangan.

AC Low Watt

AC jenis ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggunakan AC dengan pemakaian listrik yang lebih sedikit dan hemat. AC Low Watt memang dirancang untuk konsumen yang memiliki daya listrik terbatas di rumahnya namun tetap ingin menggunakan AC. Meski begitu, AC ini tidak dapat secara cepat mendinginkan ruangan dan harganya yang cenderung lebih mahal.

AC Inverter

AC ini merupakan AC dengan teknologi paling terkini, dengan kemampuannya yang dapat mengatur kompresor agar bekerja sesuai kebutuhan. AC Inverter juga dapat mengatur daya listrik yang digunakan, dimana saat AC sudah menyala beberapa lama dan stabil maka daya listrik yang dipakai akan berkurang. Dari segi harga, tentunya AC jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Kecepatan mendinginkan ruangan juga masih lebih lambat jika dibandingkan dengan AC Standar, dan daya listrik saat awal dinyalakan cukup besar.

Rekomendasi 10 Merk AC Terbaik

Setelah mengulas lebih jauh mengenai AC dan jenis-jenisnya, selanjutnya penulis akan memberikan beberapa rekomendasi produk AC. Produk-produk ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah rekomendasi 10 merk AC terbaik untuk Anda:

1. AC Polytron Neuva Ice 9VXM/9VX

AC Polytron Neuva Ice 9VX

Masih berjenis AC Split Wall, Polytron Neuva Ice 9VXM/9VX berkapasitas 1 PK atau setara dengan 9000 BTU/h yang dapat digunakan untuk ruangan berukuran 18 m2. Untuk menggunakan AC ini, Anda membutuhkan daya listrik sekitar 890 watt. Meski begitu, AC ini memiliki fitur Circuit yang dapat mengendalikan arus listrik saat pertama dinyalakan sehingga tidak mengambil daya yang begitu besar. Selain itu, kompresor akan berada pada posisi OFF begitu AC sudah berada pada temperatur yang diinginkan sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik.

Salah satu fitur yang diunggulkan Polytron Neuva Ice 9VXM/9VX adalah Efficiency Cooling Engine, dimana AC ini dapat mendinginkan ruangan lebih cepat hingga 40% dibandingkan dengan AC lain. Terdapat juga fitur i-Feel yang membuat tingkat kedinginan udara mengikuti posisi remote control sehingga dapat menyesuaikan dengan kenyamanan pengguna. Polytron Neuva Ice 9 VXM/9 VX juga memiliki fitur Air Purifier dengan perpaduan teknologi High Density Dust Filter, Carbon Filter, dan HEPA Filter untuk mengatasi debu, bau tidak sedap, dan bakteri.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok digunakan pada ruangan yang berukuran agak besar.
  • Memiliki fitur Efficiency Cooling Engine, i-Feel, dan Air Purifier untuk memaksimalkan dalam penggunaannya.
  • Fitur Circuit di dalamnya dapat mengendalikan arus listrik saat pertama dinyalakan.

Kekurangan produk ini:

  • Kapasitas AC ini mungkin terlalu besar jika digunakan untuk ruangan di rumah seperti kamar tidur.
  • Daya listrik yang dibutuhkan cukup besar.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/polytron-pac-9vxm-9vx-ac-split-1-pk-low-watt-neuva-ice-r410a-putih-jakarta-only-i140636728-s151379546.html

2. AC Sharp AH-A5UCY

AC Sharp AH A5UCY

AC berjenis Split Wall ini mengandalkan Freon R32 sebagai bahan utama dalam proses kerjanya yang ramah lingkungan dan tidak merusak ozon. Sharp AH-A5UCY berkapasitas ½ PK atau 5000 BTU/h yang dapat dipergunakan untuk ruangan berukuran 10 m2. AC jenis ini cocok untuk penggunaan di rumah, ruangan kelas di sekolah, dan ruangan yang berukuran tidak terlalu besar lainnya. Daya listrik yang dibutuhkan untuk menggunakan AC ini adalah sekitar 350 watt.

Sharp AH-A5UCY juga bertipe sebagai AC Standar, dimana AC ini dapat mendinginkan ruangan dengan waktu yang cukup cepat. Ditambah lagi, Sharp AH-A5UCY memiliki fitur Turbo Cool yang mendorong kipas dalam bagian indoor untuk berputar dengan kecepatan maksimum. Terdapat juga fitur Self Diagnosis yang akan menunjukkan tanda berkedip jika AC ini mengalami masalah atau gangguan saat digunakan.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Turbo Cool dan Self Diagnosis untuk kenyamanan serta perawatan produk jangka panjang.
  • Berbahan Freon R32 yang ramah lingkungan.
  • Daya listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Kekurangan produk ini:

  • Kurang dapat bekerja secara optimal jika digunakan pada ruangan yang berukuran besar.
  • Tidak ada tombol ON/OFF secara terpisah untuk mematikan daya AC secara keseluruhan, sehingga AC dapat mengkonsumsi listrik meski remote control sudah dimatikan.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ac-split-sharp-ah-a5ucy-12pk-i126519573-s133059276.html

3. AC Daikin FTV25AXV14

AC Daikin FTV25AXV14

Berkapasitas 1 PK yang cocok digunakan untuk ruangan berukuran 18 m2, AC besutan dari merk Daikin ini menggunakan bahan Freon R32 yang ramah lingkungan. Untuk mendapat temperatur dingin yang maksimal, Daikin FTV25AXV14 membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Anda juga bisa mengatur mode sleep yang dapat mengatur suhu secara bertahap, sekitar satu derajat per-jam, agar tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Hal yang juga diunggulkan oleh AC ini adalah dari segi desain, dimana Daikin FTV25AXV14 didesain dengan stylish dan bagian outdoor yang berukuran lebih kecil yaitu 566 x 256mm. Daikin FTV25AXV14 juga didesain dengan remote control berlayar LCD berukuran 40mm disertai tombol khusus untuk mode hening untuk kenyamanan penggunanya. Dalam penggunaannya, AC Daikin FTV25AXV14 ini membutuhkan daya listrik sekitar 780 watt dan memiliki program pemulihan yang mencegah lonjakan listrik setelah pemadaman.

Kelebihan produk ini:

  • Desain yang stylish dan ukuran bagian outdoor yang tidak begitu besar.
  • Terdapat fitur mode sleep dan mode hening untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan.
  • Menggunakan bahan utama Freon R32 yang ramah lingkungan.

Kekurangan produk ini:

  • Kapasitas AC ini mungkin tidak begitu cocok untuk ruangan berukuran kecil.
  • Daya listrik yang dibutuhkan cukup besar.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/daikin-ac-standard-wall-mounted-split-malaysia-1-pk-ftv25axv14-jabodetabek-i6243978-s7861347.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/daikin-ac-wall-mounted-split-malaysia-1-pk-ftv25axv14/ps–WAS-26793-00005

4. AC Samsung AR9KRFLAW

AC Samsung AR9KRFLAW

AC berjenis Split Wall yang satu ini memiliki desain berbentuk segitiga yang memungkinkan udara untuk menyebar secara merata ke seluruh ruangan. Dengan kapasitas 1 PK, Anda dapat menggunakan AC Samsung AR9KRFLAW ini pada ruangan yang lumayan besar. Samsung AR9KRFLAW menggunakan bahan refrigerant Freon R410A dengan daya listrik yang dibutuhkan sekitar 750 watt. AC ini memiliki Mode Fast Cool untuk mendinginkan ruangan lebih cepat serta Mode Comfort Cool yang dapat mempertahankan suhu udara sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Fitur lain yang juga menjadi keunggulan dari Samsung AR9KRFLAW adalah Smart Installation yang dapat mendeteksi sedari awal jika terjadi kesalahan pada saat pemasangan awal. Dari segi perawatan, AC ini dilengkapi dengan lapisan anti korosif yang mencegah munculnya karat sehingga AC lebih awet. Selain itu, terdapat juga teknologi Easy Filter yang dapat membantu dalam proses lepas pasang saat dilakukan untuk pembersihan filter Samsung AR9KRFLAW ini.

Kelebihan produk ini:

  • Cocok digunakan untuk ruangan yang berukuran cukup besar.
  • Terdapat fitur Mode Fast Cool dan Mode Comfort Cool untuk kenyamanan penggunanya.
  • Terdapat fitur Smart Installation dan Easy Filter yang dapat membantu perawatan AC.

Kekurangan produk ini:

  • AC ini mungkin kurang cocok digunakan untuk ruangan yang berukuran kecil.
  • Bahan Freon R410A kurang ramah lingkungan karena masih menyumbang potensi pemanasan global.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ac-samsung-split-ar9krflaw-1-pk-putih-i12120050-s15282162.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/samsung-ar09krflaw-ac-split-1pk/pc–MTA-0635726

5. AC Panasonic CS-YN9TKJ

AC Panasonic CS-YN9TKJ

Masih berjenis Split Wall, Panasonic CS-YN9TKJ merupakan AC berkapasitas 1 PK atau setara dengan 9000 BTU/h untuk ruangan berukuran 18 m2. AC ini menggunakan bahan Freon R32 yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan Freon lainnya serta tidak merusak lapisan ozon. Untuk menggunakan AC Panasonic CS-YN9TKJ ini, Anda membutuhkan daya listrik sekitar 800 watt.

Panasonic CS-YN9TKJ memiliki fitur unggulan yaitu i-Auto, yang memungkinkan AC ini untuk dapat mendinginkan ruangan lebih cepat hingga 15% dibandingkan dengan AC lain. Fitur i-Auto ini juga mengendalikan udara dalam ruangan agar tetap berada dalam temperatur yang sejuk dan nyaman, serta menghemat energi dengan motor Sine Wave DC di dalamnya. Panasonic CS-YN9TKJ terbuat dari bahan Ecotough yang menjaga AC ini dari karat dan paparan sinar matahari maupun air hujan.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur i-Auto yang dapat mendinginkan ruangan lebih cepat, menjaga temperatur agar tetap nyaman, serta menghemat energi.
  • Terbuat dari bahan Eco Tough untuk melindungi body AC sehingga dapat lebih awet.
  • Menggunakan bahan Freon R32 sebagai bahan utamanya.

Kekurangan produk ini:

  • Daya listrik yang dibutuhkan cukup besar.
  • Kapasitas AC ini mungkin kurang tepat untuk ruangan berukuran kecil.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/panasonic-cs-yn9tkj-ac-split-1pk-standard-putih-jakarta-only-i9192605-s341226563.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/panasonic-cs-yn9tkj-standard-single-ac-split-1-pk/ps–WAS-26793-01462

6. AC LG T10EV3

AC LG T10EV3

LG T10EV3 merupakan AC Split Wall dengan tipe Inverter, memberikan keunggulan berupa proses pendinginan yang cepat serta penggunaan listrik lebih rendah yang dapat disesuaikan dengan penggunaan. Fitur Jet Cool dalam AC LG T10EV3 ini memungkinkan Anda untuk merasakan dinginnya udara dalam ruangan hingga 16°C dalam waktu sekitar 30 menit. Dalam proses kerjanya, AC LG T10EV3 menggunakan bahan Freon R32 yang telah dikenal sebagai bahan yang ramah lingkungan.

Anda membutuhkan daya listrik sekitar 920 watt dalam menggunakan AC ini, yang juga dapat disesuaikan menggunakan fitur Active Energy Control. Fitur ini akan mengoptimalkan penggunaan listrik dengan memberikan empat pilihan berdasarkan jumlah orang yang ada dalam ruangan tersebut, dimana makin sedikit orangnya maka makin energi akan lebih efisien hingga 57%. AC LG T10EV3 berkapasitas 1 PK atau sekitar 9.200Btu/Hr, cocok digunakan untuk ruangan yang berukuran agak besar hingga 18 m2.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Jet Cool dan Active Energy Control yang memaksimalkan kenyamanan serta efisiensi dalam penggunaan.
  • Berbahan Freon R32 yang ramah lingkungan.

Kekurangan produk ini:

  • Daya listrik yang dibutuhkan cukup besar.
  • Kapasitas AC ini mungkin kurang cocok untuk ruangan berukuran kecil.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/lg-ac-split-1-pk-inverter-white-t10ev3wh-gratis-pengiriman-jabodetabek-dan-bandung-i173368242-s204689974.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/lg-t10ev3-air-conditioner-inverter-ac-split-1-pk/ps–WAS-26793-01407

7. AC Midea MSOC-05CRN

AC Midea MSOC-05CRN

Dikeluarkan oleh brand Midea, Midea MSOC-05CRN merupakan jenis AC Low Watt yang mana membutuhkan daya listrik 320 watt dalam penggunaannya. AC Midea MSOC-05CRN ini menggunakan bahan Freon R32 yang lebih meminimalisir sumbangan terhadap pemanasan global dengan konsep ramah lingkungan yang dimilikinya. Untuk kapasitasnya sendiri, AC ini memiliki kapasitas ½PK yang cocok digunakan untuk ruangan tidak terlalu besar sekitar 10m2.

Fitur yang diunggulkan oleh Midea MSOC-05CRN adalah Super Cool, yang memungkinkan AC untuk mencapai temperatur hingga 17°C dengan waktu yang cukup cepat. Selain itu, terdapat pula fitur High Density Filter pada AC sehingga udara yang dihasilkan lebih bersih dan terasa nyaman. Dari segi perawatan, AC ini memiliki fitur Automatic Cleaning yang membantu proses pembersihan secara berkala.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Super Cool, High Density Filter, dan Automatic Cleaning untuk penggunaan yang nyaman serta efisien.
  • Berbahan Freon R32 yang ramah lingkungan.
  • Daya listrik yang tidak begitu besar.
  • Harga produk yang lebih murah jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Kekurangan produk ini:

  • Kapasitas AC yang kurang memadai untuk ruangan berukuran besar.
  • Proses pendinginan kurang cepat, terutama jika dibandingkan dengan jenis AC Standar atau AC Inverter.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/midea-msoc-05crn-12pk-super-lowwatt-320w-ac-stabilizer-160240-v-khusus-jabodetabek-i156288616-s176865963.html

8. AC Gree C3 Deluxe

AC Gree C3 Deluxe

Masih berjenis AC Low Watt, produk besutan merk Gree ini hanya membutukan daya listrik sekitar 290 watt dalam penggunaannya. AC ini menggunakan bahan Freon R32 untuk mendukung terbuatnya produk yang ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon. Dari segi kapasitas, Gree C3 Deluxe berkapasitas ½PK yang bisa digunakan untuk ruangan berukuran tidak terlalu besar.

Fitur yang juga menjadi unggulan produk adalah Triple Protection yang merupakan perpaduan dari tahan api, anti bocor, dan anti temperatur tinggi. Selain itu, AC Gree C3 Deluxe ini juga memiliki teknologi anti karat dan anti jamur yang akan melindungi body produk. Untuk menjaga setting AC tetap sama ketika listrik padam, Gree C3 Deluxe memiliki fitur Restart Otomatis yang mengembalikan pengaturan seperti sedia kala setelah listrik menyala kembali.

Kelebihan produk ini:

  • Daya listrik yang dibutuhkan terbilang kecil.
  • Memiliki fitur Triple Protection, Restart Otomatis, serat lapisan anti karat dan anti jamur untuk perawatan produk.
  • Berbahan Freon R32 yang ramah lingkungan.

Kekurangan produk ini:

  • Harga produk yang cukup mahal untuk AC berkapasitas 1PK.
  • Kapasitas AC kurang memadai jika digunakan untuk ruangan yang lebih besar dari 10m2.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ac-gree-05c3-deluxe-low-watt-series-05pk-unit-only-i152828169-s172457242.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/gree-c3-low-watt-series-ac-split-white-0-5pk-unit-only/pc–MTA-1578086

9. AC Sharp PJ-A55TYW

AC Sharp PJ-A55TYW

AC yang satu ini berbentuk AC Standing berukuran tidak terlalu besar dan bersifat portable alias bisa dibawa kemana-mana. Anda tidak perlu memikirkan bagaimana proses pemasangan atau instalasi Sharp PJ-A55TYW ini karena produk ini bisa digunakan di tempat manapun. Sharp PJ-A55TYW ini cocok digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu besar, kurang lebih berukuran 4×4 meter.

Fitur yang diunggulkan produk Sharp PJ-A55TYW ini adalah Ice Pack dengan 4 kantong es untuk memaksimalkan udara dingin pada ruangan tersebut. Untuk menyebarkan udara dingin itu secara efisien dan merata, produk ini memiliki fitur Auto Swing. Anda membutuhkan daya listrik sekitar 100 watt untuk menggunakan Sharp PJ-A55TYW ini.

Kelebihan produk ini:

  • Bersifat portable yang mudah dipindahkan dan digunakan di berbagai tempat.
  • Memiliki fitur Ice Pack 4 kantong dan Auto Swing untuk udara dingin yang efisien.
  • Daya listrik yang dibutuhkan tidak begitu besar.

Kekurangan produk ini:

  • Kapasitasnya kurang memadai untuk ruangan yang berukuran agak besar.
  • Meskipun terdapat fitur Auto Swing, penyebaran udara dari AC ini masih kurang efisien jika dibandingkan dengan AC jenis Split Wall atau jenis lain yang dipasang pada dinding.

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/sharp-pj-a55tyw-air-cooler-putih/pc–MTA-0187530

10. AC Mitsubishi SRK05CRP

AC Mitsubishi SRK05CRP

Brand ternama asal Jepang, Mitsubishi, bukan saja mengeluarkan produk otomotif namun juga produk elektronik seperti Mitsubishi SRK05CRP ini. Berjenis AC Split Wall, Mitsubishi SRK05CRP memiliki kapasitas ½PK yang cocok digunakan untuk ruangan berukuran kurang lebih 10m2. Untuk menggunakan AC Mitsubishi SRK05CRP ini, Anda membutuhkan daya listrik sekitar 490 watt.

Mitsubishi SRK05CRP memiliki fitur Econo Cool yang dapat menyebarkan udara dingin merata ke seluruh ruangan secara efisien, juga menekan biaya penggunaan bulanan. Produk ini juga memiliki fitur Filter Anti Bakteri yang akan menyaring partikel kecil membahayakan pada udara, seperti bakteri, jamur, debu, dan lain sebagainya. Dalam proses kerjanya, AC Mitsubishi SRK05CRP ini menggunakan bahan Freon R410A.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Econo Cool dan Filter Anti Bakteri dalam memaksimalkan proses kerja yang efisien.
  • Cocok digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu besar, seperti kamar tidur.

Kekurangan produk ini:

  • Menggunakan bahan Freon R410A yang memberikan faktor peningkatan pada pemanasan global.
  • Kurang cocok digunakan untuk ruangan berukuran besar karena kapasitas yang dimilikinya.
  • Daya listrik yang cukup besar untuk AC berkapasitas ½PK.

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/mitsubishi-srk05crp-ac-split-1-2-pk/pc–MTA-0569055

Kesimpulan

Berdasarkan rekomendasi di atas, kita dapat melihat bahwa AC jenis Split Wall bisa dikatakan sebagai jenis favorit yang banyak digunakan sekarang ini. Meski tentu saja pemilihan AC yang akan digunakan perlu disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda, serta fitur yang ditawarkan dan budget yang dimiliki. Jika Anda masih bingung untuk memilih AC yang mana, penulis merekomendasikan Polytron Neuva Ice 9 VXM/9 VX sebagai produk yang memberikan berbagai keunggulan.

Memang daya listrik yang dibutuhkan Polytron Neuva Ice 9 VXM/9 VX ini cukup besar sekitar 890 watt, namun adanya fitur Circuit dapat menekan penggunaan listrik tersebut. Selain itu, kompresor AC akan otomatis mati atau berada dalam posisi OFF begitu temperatur berada pada titik yang diinginkan. Polytron Neuva Ice 9 VXM/9VX diklaim mudah mendinginkan ruangan hingga 40% lebih cepat dengan fitur Efficiency Cooling Engine dan tetap terjaga kenyamanannya dengan fitur i-Feel. Kebersihan udara dalam ruangan pun dapat terkontrol dengan fitur Air Purifier yang melindungi dari bakteri, debu serta bau tidak sedap.

Namun jika produk ini dirasa kurang cocok, Anda bisa memilih produk lainnya yang lebih tepat untuk penggunaan dan kebutuhan Anda. Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih. Hal-hal kapasitas AC, fitur yang dimiliki, daya listrik, hingga harga perlu menjadi bahan pertimbangan agar mendapat produk yang sesuai untuk Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar

shares