10 Oli Mobil Terbaik di Indonesia 2019

Oli Mobil Terbaik

Oli mobil memiliki peranan penting pada performa mesin. Oli sendiri disini berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin sehingga mobil tidak cepat panas dan memiliki usia yang lebih awet. Dengan berkembangnya teknologi, hadir jenis oli sintetis yang memiliki beberapa kelebihan seperti formula yang lebih baik dan encer, sehingga tepat digunakan pada beberapa jenis mesin tertentu.

Walaupun begitu, oli mobil sintetis merupakan jenis oli baru, dimana belum tentu tepat digunakan di semua jenis mesin. Sehingga masih banyak yang menggunakan oli mobil mineral. Saat ini terdapat sangat banyak pilihan oli dengan keunggulannya masing-masing terutama oli sintetik.

Oli sintetis yang bagus akan mampu bertahan lebih lama, menjaga kebersihan mesin kamu, melindungi keausan mesin dengan lebih baik, berkinerja lebih baik dalam suhu tinggi dan rendah dan bahkan membantu melindungi bagian kinerja penting seperti turbocharger, selain dari fungsi utama oli sendiri seperti yang kita tahu.

Apa kegunaan oli untuk mobil?

Oli apa yang tepat untuk kamu gunakan?

Mesin kamu membutuhkan oli yang cukup cair untuk dapat efektif dalam keadaan dingin, dan cukup kental saat mesin sedang panas. Hal ini dikarenakan oli menjadi lebih cair ketika dipanaskan, dan lebih kental ketika didinginkan, kebanyakan dari kita menggunakan apa yang disebut oli multigrade, dengan kekentalan yang bervariasi.

Oli apa yang digunakan dalam mobil saat ini?

Saat ini, oli multigrade digunakan hampir secara eksklusif di atas oli monograde karena oli ini berfungsi paling baik dalam iklim yang sering berubah-ubah. Oli multigrade juga mengandung zat aditif yang menjaga oli agar tidak gampang cair pada saat dipanaskan.

Apa jenis oli untuk mobil yang modern?

Kebanyakan mesin mobil terbaru saat ini memiliki kecenderungan untuk menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih rendah. Ini berarti mereka lebih cair, membantu mesin berputar lebih mudah, dan memastikan bahwa oli dapat mengalir dengan cepat di sekitar mesin segera setelah dihidupkan. Oli yang lebih cair juga membantu konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Oli apa yang digunakan untuk mobil tua?

Mobil yang lebih tua tidak berjalan dengan baik dengan oli ini, karena mereka tidak dirancang untuk toleransi yang ketat seperti itu. Mobil yang berusia 10 tahun atau lebih tua dirancang untuk bekerja dengan oli konvensional dengan kekentalan yang tinggi untuk mempertahankan usia komponen mesin, namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih besar.

Tipe Oli Mobil

Setiap mobil memiliki kebutuhan oli tertentu, makanya kamu perlu tahu tiap tipe oli dan yang mana yang kamu butuhkan. Terlalu sering mengganti oli pun tidak baik, apalagi bila mengganti oli dari oli sintetis ke oli mineral karena dapat membuat mesin menjadi tidak berfungsi dengan optimal.

Namun beberapa perusahaan mobil, seperti Mercedes-Benz dan BMW, merekomendasikan untuk hanya menggunakan oli sintetis di mobil mereka. Ini juga merupakan aturan praktis yang baik untuk kamu pegang tegur agar tidak berpindah antar tipe. Jika mobilmu dimulai dengan oli mineral, tetap dengan itu. Jika pertama kali digunakan sintetis, berhati-hatilah jika ingin beralih ke oli mineral.

Berikut ini tipe-tipe oli yang perlu kamu tahu.

Oli Mineral

Ini adalah oli konvensional yang digunakan dalam jumlah besar di dealer dan merupakan yang termurah di toko mobil. Kebanyakan mematuhi standar API dan SAE tetapi menawarkan sedikit kelebihan tambahan. Oli ini baik untuk pemilik yang tidak suka sering mengganti oli dan memiliki mesin lebih tua.

Oli Sintetis

Oli ini dibuat untuk mesin berteknologi tinggi. Jika oli ini lulus tes khusus yang ketat dimana ditunjukkan pada label oli. Dimana berarti mereka memiliki kinerja yang lebih unggul dan lebih tahan lama dalam semua area penting, mulai dari indeks kekentalan oli hingga perlindungan terhadap kinerja mesin. Oli mengalir lebih baik pada suhu rendah dan mampu mempertahankan tingkat pelumasan puncak pada suhu tinggi.

Dengan segala kelebihannya, oli sintetis sekitar tiga kali lebih mahal daripada oli mineral dan bukan berarti selalu tepat digunakan pada kebanyakan mesin. Gunakan panduan pemilik kendaraan sebagai panduan kamu.

Oli Sintetis Campuran

Oli jenis ini adalah campuran dari oli mineral premium yang ditambahkan dengan dosis sintetis. Oli ini diformulasikan untuk menawarkan perlindungan yang lebih baik saat beban mesin lebih berat dan suhu mesin juga lebih tinggi. Oli ini populer untuk digunakan pada mobil pick-up dan SUV karena mereka menawarkan perlindungan yang lebih baik, tetapi biasanya harganya sedikit lebih mahal daripada oli mineral pada umumnya.

Oli Jarak Tempuh Tinggi

Masih banyak mobil yang saat ini ada di jalan raya merupakan mobil jenis tua. Oleh karena itu, industri oli dan laboratorium mengembangkan oli yang tepat yang dapat digunakan pada mesin dengan jarak tempuh yang tinggi. Kondisioner ditambahkan ke oli baik itu sintetis maupun mineral untuk meningkatkan fleksibilitas mesin yang digunakan.

Kondisioner bisa sangat baik untuk digunakan pada jenis mesin tua dan dapat menguntungkan beberapa jenis mesin lainnya namun tidak terlalu berpengaruh pada kebanyakan jenis mesin keluaran terbaru.

Tips tepat dalam memilih oli mobil

Pastinya banyak dari kita yang tidak begitu paham dengan jenis oli mobil yang tepat untuk digunakan. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pun, oli sendiri bermacam-macam jenisnya, seperti jenis oli sintetis maupun oli mineral. Belum lagi perihal kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan masing-masing oli mobil, dengan harga yang dipatok bermacam-macam pula.

Oli yang mahal belum tentu selalu berkualitas premium, dan oli yang berharga murah pun bisa saja memang murahan. Saat servis penggantian oli pun, mekanik biasanya cenderung untuk menawarkan oli premium untuk mesin kamu. Bukan berarti oli tersebut paling cocok dan terbaik untuk dipakaikan di mobil kamu, namun besar kemungkinan karena dealer tempatmu mengganti oli bekerja sama dengan produk oli tersebut.

Paling tidak berikut beberapa cara praktis untuk menetapkan oli terbaik yang cocok untuk digunakan di mesin mobil kamu.

Kenali mesin kendaraan kamu

Coba pertimbangkan dimana tempat kamu tinggal, seperti di pegunungan, dengan cuaca yang lebih dingin, pastinya berbeda dibandingkan dengan perkotaan di jalanan Jakarta. Setiap oli memiliki karakter yang tepat untuk digunakan tergantung dengan mesin yang kamu miliki.

Selain suhu, kamu bisa memperhitungkan tingkat kelembaban udara, sampai dengan debu yang banyak sekali kita temukan di jalanan perkotaan, dan berbanding terbalik dengan daerah yang tidak memiliki iklim yang ekstrim seperti di daerah Batu, di Malang atau Bandung.

Tingkat kekentalan yang tepat

Seperti yang sudah kita bahas, oli memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Kamu bisa memanfaatkan perbedaan kekentalan ini untuk divariasikan dengan penggunaan mesin kendaraan kamu. Misalnya saja oli yang kental akan bekerja lebih baik di mesin yang bekerja berat, karena oli kental lebih baik saat melindungi komponen mesin.

Namun kekurangannya ada pada konsumsi bahan bakar yang lebih besar. Secara alamiah, beban mesin akan menjadi lebih besar, sehingga pembakaran harus lebih banyak untuk mendapatkan jumlah tenaga putaran yang sama. Kelemahan lainnya, mesin mobil akan diharuskan untuk dipanaskan lebih lama sampai mesin menjadi panas sehingga oli menjadi agak cair dan siap untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Kebalikannya, dengan menggunakan jenis oli yang lebih dingin, kamu cenderung tidak perlu untuk memanaskan lagi mesin mobil sebelum penggunaan sehingga sangat layak untuk kamu gunakan sehari-hari. Oli jenis ini pun lebih cocok di iklim yang dingin seperti di pegunungan karena oli dapat bekerja dengan optimal tanpa adanya kebutuhan suhu tertentu untuk penggunaannya.

Kenali kualitas oli

Tingkatan kualitas oli mobilBeberapa jenis oli dari kode API seperti SL, dimana S berarti mesin tersebut menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Sedangkan L menandakan kualitas dari oli tersebut. Semakin mendekati alfabet akhir, maka kualitas oli tersebut berarti semakin tinggi.

Nah dengan mengetahui jenis kualitas oli ini sendiri sekarang kamu sudah bisakan untuk memilih oli yang paling tepat sesuai budget kamu? Namun ada beberapa pengecualian yang perlu kamu ketahui seperti salah satunya jenis oli SM dimana oli ini digunakan untuk mobil-mobil dengan teknologi terbaru yang mampu bekerja di suhu tinggi dengan sangat baik.

Oli sintetis vs oli mineral?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, oli sintetis lebih diutamakan pada pemakaian mesin model terbaru. Sedangkan mesin mobil keluaran lebih tua menggunakan oli mineral yang lebih kental dibandingkan dengan oli sintetis.

Nah oli sintetis disini juga memiliki kecenderungan untuk bersifat lebih cair sehingga kamu tidak lagi perlu dipusingkan dengan pemanasan mesin, cuaca yang lebih dingin juga cocok, sehingga baik untuk kamu gunakan dalam pemakaian sehari-hari.

Sebaliknya, oli mineral yang cenderung lebih kental sangat cocok untuk pemakaian mesin yang bekerja lebih keras seperti pada pemakaian mobil pick up atau SUV. Apalagi dengan toleransinya dengan suhu yang jauh lebih panas, oli jenis ini lebih optimal untuk pemakaian di iklim dengan suhu lebih tinggi, selayaknya kebanyakan kota-kota industri di Indonesia.

Kembali lagi, oli sintetis kebanyakan cocok pada pemakaian di mesin-mesin terbaru seperti turbo sampai DOHC dimana lebih membutuhkan oli yang lebih encer dibandingkan oli mineral yang kental, kurang mampu untuk melewati banyak celah mesin yang lebih rumit dibandingkan mesin konvensional. Ini adalah salah satu peran penting oli sintetis pada jenis mesin terbaru.

Kelebihan dari dari oli sintetis seperti yang sudah kita bahas adalah gesekan yang ditimbulkan juga lebih sedikit, dan dengan putaran mesin yang lebih ringan, kamu juga dapat sekaligus menghemat bahan bakar.

10 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik di Indonesia 2019

1. Oli Sintetis AMSOIL Signature Series

 Oli Sintetis AMSOIL Signature Series

Pilihan pertama kami jatuh pada oli sintetis dengan merk Amsoil. Terutama dari seri signature dimana memiliki kelebihan utama dari segi proteksi terhadap aus mesin. Kita semua tahu kemampuan oli mobil untuk mencegah keausan pada mesin adalah salah satu faktor paling penting yang perlu kamu pertimbangkan. Dari saat kamu menghidupkan mesin, ada lebih dari selusin bagian yang bergerak yang menciptakan friksi antara satu sama lain. kamu membutuhkan oli mobil yang bagus untuk mencegah keausan komponen ini sebanyak mungkin, dan Amsoil adalah jawabannya.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, memang oli sintetis bersifat lebih encer sehingga lebih hemat energi dan sekaligus tidak mengurangi fungsi utama dari oli untuk melindungi daya tahan mesin itu sendiri.

Ada banyak ulasan yang memang menempatkan oli Amsoil terutama jenis seri signature sebagai yang terbaik saat ini di pasaran. Dalam hal kompatibilitas, kamu dapat menggunakan seri Amsoil dengan oil sintetis atau mineral, tetapi untuk hasil terbaik, kamu lebih baik mengurasnya terlebih dahulu agar tidak bersifat campuran antara keduanya.

Amsoil menjadi terkenal pada 1972 dengan diperkenalkannya oli mobil sintetis pertama untuk memenuhi persyaratan ketat American Petroleum Institute (API). Sejak saat itu, mereka telah menjadi pemimpin di pasar dan terus menerus membayangi pesaing mereka dengan produk-produk yang menarik konsumen internasional, termasuk Indonesia.

Kelebihan:

  • Kemampuan pelumasan kelas terkemuka terutama dalam mencegah keausan mesin
  • Merek terpercaya dan terkemuka dalam pelumasan kendaraan
  • Penggunaan jarak tempuh yang tinggi
  • Oli sintetis dengan kompatibilitas tinggi
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Belum ada yang kami temukan

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/amsoil-signature-5w-30-pelumas-mobil/pc–MTA-1540442

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/cakramotor11/amsoil-signature-series-5w30-12-1lt

2. Castrol Edge

 Castrol Edge

Castrol EDGE adalah oli motor sintetis lengkap yang menggunakan teknologi FST atau Fluid Strength Technology dimana merupakan andalan dari pabrikan Castrol dibandingkan produk-produk mereka yang lain. Fungsi utama dari teknologi ini ada pada kemampuan dalam menjaga bentuk oli di bawah tekanan mesin yang tinggi.

Teknologi ‘titanium’ yang tepat melibatkan perubahan molekuler pada oli yang mempertahankan strukturnya di bawah situasi kinerja tinggi. Secara sederhana, gesekan dan panas yang tinggi tidak akan menyebabkan oli motor ini kehilangan keefektifannya.

Dengan oli sintetis ini, kamu akan memiliki produk yang mempertahankan kekentalan oli dan melakukan tugas yang sangat baik untuk menjaga mesin kamu tetap nyaman digunakan..

Castrol adalah perusahaan Inggris yang telah mencoba dan benar-benar telah mendapatkan penghormatan jutaan penggemar di seluruh dunia. Pelumas otomotif mereka tidak ada duanya, dan mereka telah membuktikan mengapa mereka adalah pilihan nomor 1 untuk banyak konsumen terutama di Indonesia.

Kelebihan:

  • Daya tahan oli yang sangat baik terutama pada intensitas tinggi
  • Efisiensi termo-oksidasi yang sangat baik (efektif dalam menanggulangi endapan)
  • Jarak tempuh yang panjang sebelum penggantian oli diperlukan
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak cocok dengan suhu dingin

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/castrol-edge-5w-40-1-liter-i150499718-s169004495.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/atpmoil/oli-asli-ori-castrol-edge-titanium-fst-5w-40-api-sn-fully-synthetic-1l

3. Valvoline Durablend

 Valvoline Durablend

Oli ini berjenis sintetis campuran dan lebih diperuntukkan untuk mesin pada mobil-mobil yang sudah tua. Namun hal ini bukan berarti membuat oli ini ada di bawah oli jenis modern. Seperti yang sudah kita bahas, oli sintetis campuran memiliki kelebihan tersendiri terutama pada mesin-mesin yang memang cocok seperti mobil dengan jarak tempuh yang besar atau mobil dengan beban mesin berat seperti pick-up atau SUV. Singkatnya, hal ini adalah tentang menjaga mesin lama kamu berjalan seperti merek baru.

Rahasia ini terletak pada formula eksklusif Valvoline yang mengandung aditif yang sempurna untuk mesin yang sudah tua. Ini termasuk adanya antioksidan untuk mencegah kerusakan oli, deterjen ekstra untuk membersihkan mesin yang kuat, perlindungan aus ekstra untuk mencegah keausan mesin di masa mendatang, dan segel kondisi untuk meremajakan segel mesin yang telah melemah seiring waktu.

Akibatnya, aditif menargetkan empat penyebab utama kerusakan mesin mulai dari kebocoran, deposito, gesekan dan kotoran mesin.

Kelebihan:

  • Diformulasikan khusus untuk mesin jarak tempuh yang tinggi dengan kondisi segel dan antioksidan
  • Harga sangat terjangkau
  • Merek tepercaya dan diterima dengan baik

Kekurangan:

  • Paling cocok jika kamu memiliki mesin yang lebih tua, meskipun mesin baru juga bisa menggunakan oli ini
  • Oli mineral lebih murah tetapi tidak sebaik oli sintetis asli

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/valvoline-durablend-10w-40-sn-galon-khusus-pulau-jawa-i9829592-s12547837.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/pasargambrenh/oli-valvoline-10w-40-sn-galon

4. Mobil 1 Extended Performance

 Mobil 1 Extended Performance

Mobile 1 merupakan pabrikan oli yang hadir lebih dari seabad yang lalu dan merupakan salah satu merek yang paling populer dan dipercaya secara luas di industri otomotif. Oli Mobil 1 secara khusus diformulasikan untuk interval penggantian oli yang lebih lama. Sehingga walaupun tampak lebih mahal dibandingkan 2 jenis oli sebelumnya, kamu bisa lebih berhemat dengan menggunakan oli sintetis murni ini.

Teknologi utamanya adalah teknologi SuperSyn yang mampu membuat putaran anti-aus oli bekerja pada tingkat tertinggi dalam suhu yang sangat rendah dan sangat tinggi. Zat aditif ini menawarkan kestabilan termal dan oksidasi yang luar biasa. Sangat cocok untuk kendaraan sport maupun mobil yang mengusung teknologi terbaru seperti jenis Turbo.

Kelebihan:

  • Kinerja anti-aus yang sangat baik dalam suhu yang sangat rendah dan tinggi
  • Umur panjang
  • Merek yang terpercaya
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak direkomendasikan untuk mesin DOHC

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/oli-mobil-1-5w30-extended-performance-nascar-dexxos-1-i419391400-s473256847.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/muliajayamandiri/oli-mobil-1-sae-5w-30-extended-performance-literan-asli-dan-murah

 5. Royal Purple HPS

Royal Purple HPS

Royal Purple telah berkembang menjadi salah satu merek yang paling terpercaya bagi banyak pemula otomotif. Oli motor sintetis ini berkinerja tinggi dan merupakan produk yang memiliki kompatibilitas tinggi dimana dapat digunakan baik pada mesin bensin maupun diesel. Selain itu, varian jenis mobil juga bisa kamu pakaikan. Karena itulah banyak dari dealer yang menggunakan jenis oli sintetis ini karena mudah diterima banyak mesin mobil dan mampu memberikan performa yang mumpuni.

Ada banyak oli sintetis berjuang untuk menjaga bentuk teruma ketika putaran mesin ada di rpm tinggi, dimana temperatur dan beban mesin ada di puncaknya. Ini menyebabkan berkurangnya ekonomi bahan bakar dan degradasi mesin. Dilema ini telah membuat pabrik berebut untuk menciptakan oli yang dapat bertahan di bawah lingkungan yang ekstrim. Datanglah solusi kinerja tinggi Royal Purple.

Semua ini terletak pada aditif khusus yaitu Synerlec, yang bekerja pada tingkat molekuler dengan menciptakan ikatan ionik kekuatan tinggi dengan permukaan logam di mesin. Oli bereaksi dengan meningkatkan ikatan molekul sehingga oli dapat tetap kental walaupun sedang sangat panas. Hal ini menjamin kekuatan pada ikatan oli, sehingga menjaga performa mesin sebaik mungkin, bahkan ketika sedang berada di cuaca yang ekstrim.

Kelebihan:

  • Bagus untuk mesin berkinerja tinggi karena teknologi Synerlec
  • Merek tepercaya dan dihormati
  • Kompatibel dengan oli lain untuk memudahkan peralihan
  • Harga yang pas

Kekurangan:

  • Harga diatas rata-rata
  • Tidak kompatibel dengan jenis mesin lebih tua dari 2004

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/royal-purple-hps-5w-30-fully-synthetic-engine-oil-1-quart-i870099-s1045963.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/royal-purple-hps-fully-synthetic-engine-oil-5w-30-pelumas-mobil-1-quart-964-ml/ps–TRM-21939-00003

6. Liqui Moly Special Tech

 Liqui Moly Special Tech

Oli motor sintetis ini memastikan pelumasan mesin lebih cepat sekaligus menjaga konsumsi bahan bakar lebih rendah. Unsur utama dalam keberhasilan Liqui Moly dapat ditelusuri kembali ke tahun 1957 dengan penciptaan bentuk aditif molybdenum disulphide (MoS2).

Aditif secara efektif menghaluskan titik-titik gesekan logam di seluruh mesin seperti piston, yang menghasilkan pelumasan yang mudah dan umur mesin yang panjang.

Selain itu, oli sintetis ini juga memiliki kompatibilitas yang tinggi, berarti kamu bisa menggunakannya pada kendaraan dengan mesin diesel maupun bensin.

Kelebihan:

  • Aditif unik untuk hasil pelumas yang luar biasa
  • Masa pakai yang panjang
  • Kompatibel dengan berbagai jenis mesin

Kekurangan:

  • Sedikit lebih mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/liqui-moly-special-tech-aa-5w-30-1-l-oli-mobil-7615-i351578447-s366322024.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/otopus/liqui-moly-special-tech-aa-5w-30-1-liter-oli-mesin-mobil-bensin

7. Lucas Oil

 Lucas Oil

Oli sintetik ini adalah oli balap sejati yang dapat bertahan lebih lama dari oli lainnya hingga 4 kali lipat. Tes pihak ketiga menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam mempertahankan bentuk ketika terkena suhu ekstrim seperti yang dialami dalam lingkungan balap.

Oli dengan kualitas yang lebih buruk akan menghasilkan endapan yang menyebabkan kurang efisien dan kinerja yang buruk. Hal ini tidak terjadi pada Lucas Oil. Pelumas ini akan menjaga bagian-bagian mesin bergerak dengan mudah dengan keausan minimal juga. Kita dapat berterima kasih pada pelumasan eksklusif dan zat aditif anti-tegang yang melindungi komponen logam di mesin kamu.

Kelebihan:

  • Kinerja luar biasa dan fantastis dalam meminimalkan endapan pada suhu tinggi
  • Mencegah keausan mesin
  • Masa pakai lebih lama

Kekurangan:

  • Sedikit mahal
  • Dirancang khusus mobil pabrikan Eropa dan Amerika

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/lucas-oil-synthetic-sae-5w-40-oli-mobil-i391145664-s427694920.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/lucasoil/lucas-oil-synthetic-sae-5w-40-oli-mobil

8. Shell Helix HX7

 Shell Helix HX7

Shell juga menyertakan sekelompok aditif dispersant multifungsi canggih untuk memberikan perlindungan terhadap kotoran, puing-puing dan zat pengganggu di dalam mesin mobil kamu. Zat aditif ini juga rendah abu untuk membantu menurunkan emisi dan menjaga efisiensi bahan bakar.

Jenis oli ini termasuk kuat dan cocok dengan tugas berat yang akan menjaga mesin kamu dalam kondisi prima. Shell adalah salah satu merek minyak terbesar dan populer di dunia dan itu tidak mengherankan bagi kami bahwa mereka juga menyediakan salah satu oli sintetis terbaik di pasaran saat ini.

Kelebihan:

  • Hemat BBM
  • Rendah aditif abu
  • Jenis oli sintetis yang cocok untuk mesin jenis terbaru

Kekurangan:

  • Frekuensi penggantian oli lebih banyak

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/oli-shell-helix-hx7-sae-10w-40-galon-4lt-09649-i344685235-s358055933.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/jasutramotor/oli-shell-helix-hx7-sae-10w-40-galon-4lt-09649

9. Toyota Motor Oil

 Toyota Motor Oil

Toyota Motor Oil (TMO) merupakan merk dari oli yang dirancang khusus untuk setiap mobil Toyota yang ada di pasar saat ini. Seluruh kemampuan dan ketahanannya sudah diuji oleh pihak Toyota sendiri, sehingga tidak ada produk yang tidak baik jatuh ke tangan konsumen mereka.

Pelumas ini memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya dapat melindungi mesin mobil dan menjaga kondisi dari mesin tersebut agar tahan aus. Selain itu oli ini juga sangat membantu meningkatkan performa yang dihasilkan. Perlindungan sempurna yang membuat mesin tetap bersih sejauh apapun perjalanan yang dilakukan.

Kekurangannya, kamu jadi harus lebih sering untuk melakukan penggantian oli, atau diklaim 5.000 km saja, dibandingkan merek sebelumnya, bisa sejauh 20.000 km sebelum melakukan penggantian oli.

Kelebihan:

  • Produk khusus mobil Toyota
  • Telah lulus uji
  • Menjaga kondisi dan meningkatkan performa mesin

Kekurangan:

  • Produk yang terlalu dikhususkan untuk mobil Toyota

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/toyota-motor-oil-synthetic-tmo-10w-40-api-sn-oli-mobil-mesin-bensin-4-liter-i5024944-s6294260.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/acceccoriesstore/toyota-motor-oil-synthetic-10w-40-sn-oli-mobil-bensin-4-liter-original

10. Total Quartz 9000

 Total Quartz 9000

Total Quartz sangat direkomendasikan untuk kendaraan dengan performa yang tinggi dan berperjalanan jauh. Pelumas dengan kelebihannya dalam menjaga kebersihan mesin dan meningkatkan performa kendaraan merupakan tujuan utama yang diinginkan oleh Total Quartz. Keausan pada mesin akan membuat mesin menjadi cepat rusak, tetapi pelumas Total Quartz bekerja untuk menghindari masalah ini.

Kelebihan:

  • Sangat cocok dengan penggunaan jarak jauh
  • Melindungi mesin dengan cukup baik
  • Sangat murah

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan untuk mesin berperforma rendah

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/oli-total-quartz-9000-future-5w-30-api-sn-kemasan-1-liter-i140014393-s150022186.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/aeauto/oli-total-quartz-9000-sn-5-30-liter

Kesimpulan

Pada dasarnya setiap mobil sudah memiliki oli terbaik bagi mesinnya. Nah, selain itu penggunaan dan umur mesin merupakan faktor yang juga tidak kalah pentingnya dalam pemilihan oli terbaik. Yang perlu diingat adalah, berhati-hati pada saat kalian mengganti tipe oli. Terutama jika pada awal-awal masa penggantian, saat mobil kamu berpindah dari oli tipe sintetik berpindah ke mineral, atau sebaliknya. Melakukan hal ini dapat menyebabkan berkurangnya performa mesin, bahkan bisa saja mempercepat ausnya besi di dalam mesin.

Oli Amsoil memiliki harga yang terjangkau, ditambah lagi, oli ini memilikin fitur-fitur baik dan merupakan merk yang sudah terkenal. Tidak diragukan lagi, bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga di mancanegara. Berbagai negara lain juga terus menggunakan oli ini sebagai pelumas mobil mereka. Oli berikutnya yang dapat kalian jadikan acuan adalah Castrol Edge yang juga sangat populer di Indonesia. Tidak hanya kemampuan luar biasa yang dimiliki, oli ini juga memiliki harga yang sangat ekonomis. Sehingga hal inilah yang membuatnya menjadi pilihan banyak konsumen mobil saat ini.

Tinggalkan komentar

shares