10 Reel Pancing Terbaik 2019 di Indonesia

Reel Pancing TerbaikMemancing memang merupakan salah satu hobi yang sangat mengasyikkan. Bisa menikmati alam sambil menanti umpan dilahap ikan menjadi salah satu pengusir stres terbaik. Nah, untuk Anda yang hobi memancing, tentu harus mengetahui cara memilih reel pancing yang sesuai. Reel pancing atau penggulung benang pada joran ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting karena akan menentukan mudah tidaknya dalam menarik ikan yang terjebak di ujung kail. Tanpa reel pancing yang tepat, bisa jadi ikan yang sudah memakan umpan malah meloloskan diri. Itulah mengapa, perlu perhatian khusus untuk mendapatkan reel pancing yang memang sesuai dengan gaya Anda.

Untuk ringkasnya, silahkan lihat tabel di bawah ini untuk membandingkan 5 pilihan teratas kami untuk reel pancing. Untuk lebih detailnya, silahkan baca di artikel ini selanjutnya.

GAMBARPRODUKINFOCEK HARGA
Blood Magno XT3000Blood Magno XT3000
  • Ukuran: 3000
  • Berat: 290 gr
  • Maks Drag: 18 kg
  • Ball Bearing: 12+1
  • Gear Ratio: 5.2:1
  • Kapasitas Line (mm/m): 0.35/130, 0.30/155, 0.25/225
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
Yumoshi EF5000Yumoshi EF5000
  • Ukuran: 5000
  • Berat: 310 gr
  • Maks Drag: 10 kg
  • Ball Bearing: 12
  • Gear Ratio: 5.2:1
  • Kapasitas Line (mm/m): 0.30/175, 0.35/130, 0.40/100
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
Maguro Avengers 6000Maguro Avengers 6000
  • Ukuran: 6000
  • Berat: 412 gr
  • Maks Drag: 15 kg
  • Ball Bearing: 5
  • Gear Ratio: 5.5:1
  • Kapasitas Line (mm/m): 0.35/220, 0.40/160, 0.45/120
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia
Debao DB3000ADebao DB3000A
  • Ukuran: 3000
  • Berat: 500 gr
  • Maks Drag: 3 kg
  • Ball Bearing: 10
  • Gear Ratio: 5.2:1
  • Kapasitas Line (mm/m): 0.20/240, 0.25/200, 0.30/140
Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak
Daiwa RX 4000 BIDaiwa RX 4000 BI
  • Ukuran: 4000
  • Berat: 410 gr
  • Maks Drag: 6 kg
  • Ball Bearing: 1
  • Gear Ratio: 5.3:1
  • Kapasitas Line (mm/m): 0.30/270, 0.32/240, 0.35/190
Cek Harga di Lazada Cek Harga di BliBli Cek Harga di Bukalapak

Jenis reel pancing yang ada di pasaran

Sebelum memilih reel pancing, Anda perlu mengenal dulu jenisnya. Secara umum, ada 4 jenis reel pancing yang sering digunakan, yaitu:

Trolling reel

Apabila Anda suka memancing di atas kapal yang melaju dengan kecepatan tinggi, maka trolling reel ini adalah pilihan yang tepat. Dari segi bentuk, reel pancing ini cukup besar dan bobotnya juga terasa mantap di tangan sehingga bisa mengatasi ikan yang besar di lautan. Dengan modelnya yang kokoh, menarik dengan kekuatan besar pun menjadi lebih mudah dilakukan. Selain itu, memancing dengan trolling reel juga membuat Anda lebih mudah melempar umpan ke kedalaman air. Tapi disisi lain, reel pancing ini tidak murah karena memang material pembuatnya selalu berkualitas.

Fly fishing reel

Reel pancing fly fishingFly fishing merupakan salah satu teknik yang sangat populer dalam dunia memancing. Seperti namanya, fly fishing ini dilakukan dengan melemparkan dan melambungkan umpan sehingga seolah terlihat seperti serangga yang sedang terbang. Hal tersebut akan lebih menarik perhatian ikan dibanding umpan yang cenderung statis. Untuk reelnya sendiri, memiliki komponen yang tidak terlalu rumit dan jauh lebih ringan dibanding trolling reel. Sebab dibutuhkan kecepatan tangan saat melempar umpan, sehingga fly fishing reel memang dibuat sederhana dan cukup ringan.

Spinning reel

Untuk reel jenis satu ini merupakan yang paling banyak dipakai atau digunakan oleh para pemancing di manapun berada, baik yang masih level pemula ataupun yang sudah profesional atau memiliki jam terbang. Pasalnya, spinning reel cukup mudah digunakan dan harganya pun masih bersahabat di kantong. Tidak hanya itu saja, pengguna dari spinning reel juga dapat dengan leluasa untuk mengatur senar pancing agar ketika digunakan menarik saat mendapatkan ikan, tidak terlalu terkendala. Untuk masalah bentuk desain sampai dengan dari pabrikan mana, tentunya hal tersebut lebih ke selera masing-masing.

Bait casting reel

Untuk jenis reel satu ini dapat dikatakan sebagai reel yang lebih dibuat untuk para profesional. Dikatakan begitu karena ada teknik khusus dalam menggunakannya, yaitu memakai teknik casting atau melakukan lemparan lure atau umpan buatan secara terus menerus sampai ke spot di mana terdapat ikan yang ingin dijadikan target pancingan. Reel satu ini pengaplikasiannya adalah di atas joran dan tentunya karena ada teknik khusus dalam penggunaannya, maka dibutuhkan latihan, kebiasaan atau juga pengalaman saat memakainya di tempat terbuka. Banyak orang yang gemar memancing menyukai jenis reel satu ini karena ketika ikat sudah tertangkap dan berontak, pengguna dapat menarik atau bahkan mengerem laju senar sekehendak hati.

Cara memilih reel terbaik

Memang terkesan sepele saja dan tidak perlu dipikirkan apalagi pusing-pusing dalam memilihnya, namun sebenarnya dalam pemilihan reel pancing tidak boleh sembarangan karena memiliki kaitan erat dengan hasil yang bakal didapatkan lagi. Seperti halnya memilih joran yang tepat, memilih reel pancing terbaik juga harus menjadi prioritas utama sebelum terjun dalam dunia pancing memancing ini. Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk memilih reel pancing terbaik dan cocok.

Ukuran

Hal pertama yang harus dipikirkan dan menjadi prioritas saat memilih reel pancing adalah mengenai pemilihan ukuran dari alat tersebut. Memang sekarang ini ada banyak ragam bentuk atau model dari berbagai merk, seperti dari Daiwa, Maguro, Shimano dan lain sebagainya. Namun ketika harus memilih ukuran reel pancing, terlebih dahulu pastikan di mana Anda akan memancing. Apakah di kolam, di sungai atau di lautan? Ukuran reel pancing mulai dari 500 sampai dengan 4000 ke atas.

Jika hanya sekadar untuk memancing di kolam atau sungai yang tenang dan tidak begitu dalam, maka reel pancing dengan ukuran kecil sampai menengah atau sedang adalah yang tepat untuk dipilih. Akan tetapi jika lokasi pemancingan di sungai yang cukup dalam, danau atau juga di lautan, maka reel pancing berukuran besar adalah yang cocok digunakan.

Dengan memilih reel pancing berukuran besar untuk memancing di danau sampai dengan lautan, maka dapat meminimalisir terjadi putus senar saat tarik menarik dengan ikan. Dan lagi disarankan untuk mempertimbangkan masalah senar yang mana juga harus disesuaikan dengan ukuran reel pancingnya serta ikan yang kemungkinan akan ditangkap.

Kekuatan

Untuk menentukan ukuran dari reel pancing, maka sebagai acuan adalah ukuran 500 sampai dengan 1000 adalah untuk tipe pemancingan kolam, rawa atau juga free water, sedangkan ukuran 1000 sampai 2500 untuk lokasi pemancingan danau, rawa-rawa atau muara. Untuk ukuran 2500 sampai 3000 cocok dipakai di tepian pantai atau yang memiliki ikan dengan kekuatan besar, sedangkan ukuran 4000 ke atas cocok untuk ikan-ikan besar yang sangat ulet ketika dipancing.

Dan untuk mempertimbangkan masalah kekuatan dari reel pancing yang akan dibeli maka harus diketahui juga kode-kode dalam pack barangnya. Contohnya saja angka 500 yang tertera sama artinya dengan 500 : 1000 gram atau memiliki drag (kemampuan reel untuk menahan dan menarik ikan) maksimal 1000 gram atau 1 kilogram. Dengan drag maksimum tersebut, maka reel mampu menarik dan mengangkat ikan dengan maksimal berat 1 kilogram.

Disarankan untuk tidak memaksakan menggunakan reel pancing yang kecil untuk digunakan di tempat di mana banyak terdapat ikan besar yang ulet, karena ditakutkan akan membuat spool reel memutar balik, senar menjadi putus sampai dengan joran patah.

Spool

Spool reel pancingSetelah mempertimbangkan masalah ukuran dan juga kekuatan dari reel, hal lain yang tidak boleh terlewatkan adalah melihat spool atau tempat yang berfungsi sebagai tempat gulungan senar. Secara logis, jika ukuran spool semakin besar, maka semakin panjang pula senar yang dapat digulung dan digunakan.

Sekarang ini ada banyak sekali produk reel pancing dengan spool yang dibuat dari material berbeda-beda. Contohnya saja dari grafit, aluminium anodized sampai dengan yang terbuat dari plastik polycarbonate. Material grafit sendiri cukup ringan dan biasanya dipakai untuk reel pancing yang berukuran kecil sampai menengah, sedangkan untuk yang aluminium memiliki tingkat kekuatan yang bagus dan mampu menahan senar ketika sedang tarik menarik dengan ikan dan yang terbuat dari plastik keras juga memiliki kekuatan yang bagus.

Untuk masalah ukurannya, seperti halnya model desain dari masing-masing reel yang dijual di pasaran, spool juga terdapat dalam berbagai model. Akan tetapi sekarang ini banyak yang lebih menyukai bentuk spool yang panjang atau long cast karena selain dapat menampung senar sepanjang-panjangnya, juga dapat mengurangi intensitas gesekan yang dapat mengakibatkan senar putus.

Drag system

Mungkin reel pancing dengan sistem drag yang bagus seperti ini kurang begitu diperlukan jika digunakan di lokasi pemancingan seperti kolam, rawa-rawa atau juga sungai yang dangkal, namun akan sangat bermanfaat sekali jika dipakai di tempat yang banyak ikan besar dan memiliki kekuatan melawan yang besar juga.

Fungsi dari drag system atau sistem drag pada reel tersebut dapat menjadi media pelawan tenaga ikan yang terus menarik untuk dapat melepaskan diri dan dengan sistem ini, maka akan memperkecil risiko terjadinya putus senar ketika sudah mendapatkan ikan.

Ada 2 macam dram system pada reel pancing, yaitu front drag dan back drag. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk front drag cukup bagus digunakan, namun akan sia-sia jika ikan yang ditangkap memiliki daya juang tinggi dan berkekuatan besar, sedangkan back drag adalah kebalikannya.

Ball bearing

Ball bearing reel pancingSetiap pemancing pastinya selalu menginginkan ketika strike atau mendapatkan ikan, maka saat menariknya, ada kestabilan dan kelancaran tarikan pada reel pancingnya. Lancar dan stabilnya reel pancing tersebut salah satunya ditentukan oleh banyak tidaknya ball bearing yang terdapat di dalamnya. Semakin banyak ball bearing yang terdapat di dalam reel, maka semakin halus putarannya. Oleh karena itu, maka disarankan untuk memilih reel pancing yang sudah dilengkapi dengan minimal 4 ball bearing. Namun tentunya, semakin banyak ball bearing pada sebuah reel, maka semakin mahal pula harganya.

Anti-reverse handle

Sedikit mirip dengan drag system, fitur anti-reverse handle ini berfungsi agar handle atau pegangan tidak berputar balik ketika terjadi perlawanan dari ikan. Dan satu hal yang perlu diingat bahwa ketika sudah memilih reel pancing tertentu dan ternyata ketika dipakai, handlenya masih berputar balik, maka Anda harus meninggalkannya karena akan menjadi satu kesia-siaan dan merepotkan saat digunakan.

Gear ratio

Dalam memilih reel pancing yang baik, maka Anda juga wajib mempertimbangkan masalah gear ratio-nya. Yang dimaksud dengan gear ratio adalah sebuah perbandingan berapa banyak putaran yang dapat dilakukan dalam satu putaran handle. Contohnya saja, dengan gear ratio 3:1 maka ketika Anda memutar handle satu kali, maka spool mampu berputar sebanyak 3 kali.

Sebagai pertimbangan dan pemikiran, banyak reel pancing yang dijual di pasaran, rata-rata hanya memiliki gear ratio 3:1 saja, namun sekarang juga sudah ada yang sampai dengan 6:1. Hanya saja, semakin tinggi gear ratio pada reel pancing, maka semakin mahal pula harganya.

10 Rekomendasi Reel Pancing Terbaik di Pasaran Indonesia Saat Ini

Setelah memahami dan mengetahui apa jenis dan bagaimana cara mencari reel pancing yang tepat, berikut ini adalah rekomendasi 10 reel pancing terbaik untuk saat ini.

1. Blood Magno XT3000

XT3000 Blood Magno

 

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Blood Magno XT3000 merupakan salah satu reel pancing buatan pabrikan asal Jepang, Blood. Saat membuka kardusnya untuk kali pertama, maka yang akan nampak adalah bungkus lain untuk membungkus reel agar tidak kotor atau lecet. Selain itu, terdapat juga tambahan (bonus) spool yang terbuat dari aluminium. Hanya saja, ketika membeli reel satu ini, maka Anda harus merakitnya satu demi satu terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Secara keseluruhan, Blood Magno XT3000 merupakan reel pancing yang sangat bagus dengan ball bearing 12+1 dan sangat cocok untuk dipakai memancing di alam bebas, seperti lautan contohnya. Walaupun begitu, Blood Magno XT3000 juga masih dapat dipakai untuk memancing ikan-ikan air tawar. Bobotnya hanya 290 gram dan tidak membuat joran menjadi lebih berat lagi ketika dipasangkan reel satu ini. Maksimal drag atau penarikan mencapai 18 kilogram.

Kelebihan:

  • Kuat dan kokoh
  • Ringan
  • Ball bearing besar
  • Maksimal penarikan mencapai 18 kg
  • Dapat digunakan oleh pemancing bertangan kidal
  • Sudah dilengkapi dengan power handle

Kekurangan:

  • Spoolnya terlalu pendek membuat senar menumpuk

2. Yumoshi EF5000

Yumoshi EF5000

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Yumoshi EF5000 dapat dikatakan sebagai salah satu reel pancing terkuat untuk saat ini. Reel pancing ini digunakan untuk medan-medan ekstrem di lautan dan sangat cocok dipakai untuk memancing ikan-ikan besar dengan kekuatan yang tak kalah besarnya lagi, seperti hiu, manta sampai dengan reddish. Walaupun begitu, bukan berarti Yumoshi Fishing Reel EF5000 tidak dapat digunakan untuk memancing ikan laut tawar, lho. Anda masih dapat memakainya untuk memancing di tambak, kolam, danau, rawa atau juga sungai.

Yumoshi Fishing Reel EF5000 memiliki gear ratio 5.2:1 yang mana cukup kokoh dan stabil ketika digunakan. Semua material yang dipakainya cukup tahan lama, namun dengan catatan harus dibersihkan setelah digunakan, terutama ketika sesuai dipakai memancing di laut. Ball bearing pada reel pancing ini adalah 12BB yang sangat halus dan lancar sekali ketika diputar.

Kelebihan:

  • Kuat dan tahan lama
  • Dapat dipakai di berbagai medan atau lokasi
  • Ringan
  • Ball bearingnya mencapai 12BB
  • Dapat untuk pengguna bertangan kidal

Kekurangan:

  • Gear rationya masih terlalu standar

3. Maguro Avengers 6000

Maguro Avengers 6000

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Maguro merupakan salah satu dari sekian pabrikan alat-alat pancing yang mempunyai banyak produk, salah satunya adalah Maguro Avengers 6000. Reel pancing satu ini memiliki desain yang cukup simple dengan kombinasi warna hitam metalik dan emas pada casing luarnya. Maguro Avengers 6000 juga dilengkapi dengan fitur ultra smooth rotor yang mana berfungsi untuk membuat senar di spool dapat tergulung dengan bagus, rapat dan juga rapi. Dan seperti halnya reel-reel pancing pada umumnya, Maguro Avengers 6000 juga sangat kuat digunakan untuk memancing ikan air tawar berbagai jenis.

Mulai dari casing body luar sampai dengan spool dan juga handle terbuat dari perpaduan antara stainless steel dan aluminium yang mana membuatnya ringan dan tidak membebani joran ketika dipakai memancing. Gear rationya adalah 5.5:1 dan ball bearingnya adalah 5 presisi. Drag systemnya micro sensitive multi disc. Reel pancing ini juga dapat digunakan oleh para pemancing kidal.

Kelebihan:

  • Gear ratio besar
  • Kokoh, kuat dan tahan lama
  • Dapat dipakai oleh pemancing bertangan kidal
  • Micro sensitive multi disc drag system
  • Presisi rotornya sangat bagus
  • One way resistance

Kekurangan:

  • Ball bearingnya standar
  • Belum dilengkapi dengan fitur power handle

4. Debao DB3000A

Debao DB3000A

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Debao reel pancing DB3000A merupakan gulungan pancing yang berbahan dasar aluminium dan dipadu dengan stainless steel yang membuatnya tahan terhadap korosi atau karat. Memang bentuknya terlihat ringkih, namun siapa sangka Debao reel pancing DB3000A ini cukup kuat dan cocok digunakan di sungai ataupun laut.

Di dalamnya terdapat 10 ball bearing yang membuatnya sangat mulus ketika handlenya diputar. Gear ratio yang dimilikinya adalah 5.2:1 dan dapat digunakan untuk menarik ikan besar yang memiliki daya lawan kuat sekalipun. Spool pada Debao reel pancing DB3000A ini juga dapat dipergunakan untuk menggulung senar berukuran 0.20 mm dengan panjang maksimal 240 meter atau yang berukuran 0.25 mm dengan panjang 200 meter serta yang berukuran 0.30 mm dengan panjang maksimal 140 meter.

Kelebihan:

  • Ball bearingnya cukup besar sehingga dalam tarikan terasa smooth
  • Mampu digunakan di medan standar ataupun yang ekstrem
  • Spoolnya dapat menampung senar pancing cukup panjang atau maksimal sampai dengan 240 meter
  • Material untuk membuatnya ringan dan juga kokoh

Kekurangan:

  • Kurang nyaman ketika digunakan untuk menarik/diputar ke belakang (back drag)
  • Ketika digunakan untuk tarik ulur masih kurang begitu bagus

5. Daiwa RX 4000 BI

Daiwa RX 4000 BI

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Banyak pemancing yang mengatakan bahwa Daiwa RX 4000 BI merupakan reel pancing yang cukup ekonomis dan ergonomis. Walaupun hanya cocok digunakan untuk memancing di kolam, empang, danau, rawa ataupun sungai, namun Daiwa RX 4000 BI ini cukup kuat dipakai menarik ikan-ikan air tawar yang memiliki tenaga besar. Ditambah lagi, reel pancing satu ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti Digigear, Twist Buster sampai dengan Infinite anti-reverse.

Bobotnya hanya 410 gram dan mampu untuk digunakan menarik ikan berbobot maksimal 6 kilogram. Gear rationya cukup besar, 5.3:1, namun sayangnya ball bearingnya hanya 1 saja.

Kelebihan:

  • Kuat dan kokoh
  • Dilengkapi dengan beberapa fitur bagus
  • Ergonomis dan ekonomis

Kekurangan:

  • Body casing terbuat dari plastik graphite
  • Ball bearing terbatas
  • Spool pendek

6. Kaizen Hato 1000

Kaizen Hato 1000

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Kaizen Hato 1000 merupakan salah satu reel pancing yang cocok dipakai untuk memancing ikan-ikan air tawar saja. Reel pancing satu ini juga merupakan salah satu rekomendasi terbaik bagi para pemancing pemula. Walaupun secara tampilan terlihat ringkih, namun masih cukup kuat untuk digunakan memancing ikan-ikan air tawar dengan kekuatan besar seperti ikan gabus, ikan lele sampai dengan ikan nila.

Kaizen Hato 1000 ini memiliki gear ratio 5.1:1 dengan ball bearing 4 presisi. Spoolnya terbuat dari aluminium, sedangkan bodynya secara keseluruhan terbuat dari graphite. Gear systemnya pun cukup kuat dengan kapasitas line 0.18/215, 0.20/125 dan 0.25/110. Maksimal drag atau penarikan adalah sebesar 2 kilogram. Beratnya hanya 235 gram saja dan tidak membebani joran.

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan anti-twist line roller
  • Kuat dan kokoh

Kekurangan:

  • Ball bearingnya cukup kecil
  • Gear rationya juga standar

7. Golden Fish Metanium MT-405

 

Golden Fish Metanium MT-405

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Golden Fish Metanium MT-405 merupakan reel pancing yang lebih cocok digunakan untuk memancing ikan air tawar dengan lokasi seperti di sungai, kolam ataupun danau. Material yang dipakainya membuat reel pancing satu ini sangat kokoh dan kuat ketika digunakan untuk menarik ikan dengan bobot besar. Golden Fish Metanium MT-405 juga dapat digunakan oleh pengguna umum ataupun bagi yang bertangan kidal sekalipun karena handlenya dapat diubah sekehendak hati.

Golden Fish Metanium MT-405 memiliki gear ratio 4.7:1 dengan ball bearing 5. Selain itu, reel pancing ini juga hadir dengan fitur anti-reverse yang cukup membantu penggunanya dalam menarik ikan yang memiliki kekuatan besar.

Kelebihan:

  • Kuat dan kokoh
  • Dapat dipakai oleh pengguna bertangan kidal
  • Berfiturkan anti-reverse

Kekurangan:

  • Ball bearingnya hanya mencapai 5
  • Gear rationya juga dirasa masih terlalu standar

8. Versus Panamera 4000

Versus Panamera 4000

Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Versus Panamera 4000 merupakan reel pancing yang masuk kategori spinning reel. Versus Panamera 4000 ini juga telah dilengkapi dengan fitur one way clutch yang anti-reverse. Bodynya sangat kuat dan terbukti anti-air serta debu. Drag sistemnya adalah front drag yang mampu dipakai untuk menahan laju senar ketika sedang tarik menarik dengan ikan. Terdapat juga lock CNC pada handlenya serta knob khusus untuk pertarungan melawan ikan yang cukup bandel ketika tertangkap.

Berat dari Versus Panamera 4000 hanya 295 gram dengan maksimal pengangkatan atau drag mencapai 11 kilogram. Gear rationya adalah 5.2:1 dengan ball bearing 9+1 yang juga telah dilengkapi dengan power handle. Kapasitas linenya adalah 0.26/290/ 0.28/260 dan 0.30/230.

Kelebihan:

  • Sangat kuat dan kokoh (anti-air dan debu 100 persen)
  • Sudah dilengkapi dengan power handle
  • Gear ratio besar
  • Ringan

Kekurangan:

  • Ball bearing standar
  • Spool kurang begitu panjang

9. Shimano FX 2500FB

Shimano FX 2500FB

Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Shimano FX 2500FB merupakan satu di antaranya banyaknya reel pancing yang dijual di pasaran dengan kualitas bagus akan tetapi sangat ekonomis alias ramah di kantong. Secara keseluruhan, hampir semua bagian di reel pancing ini berbahan stainless steel yang membuatnya kokoh dan tahan terhadap korosi. Pada umumnya, reel pancing dengan ball bearing yang terbuat dari stainless steel cukup mahal, akan tetapi tidak dengan Shimano FX 2500FB ini.

Bobot dari Shimano FX 2500FB ini hanya 220 gram saja namun kuat untuk digunakan menarik beban ikan seberat maksimal 5 kilogram. Gear rationya adalah 4.6:1 dengan ball bearing 1 serta 1 roller. Shimano FX 2500FB menggunakan sistem front drag yang dapat membantu penggunanya menahan laju senar ketika sedang tarik menarik dengan ikan yang memiliki tenaga besar.

Kelebihan:

  • Ekonomis dan ergonomis
  • Mayoritas terbuat dari stainless steel dan sangat ringan
  • Putarannya sangat halus
  • Kokoh dan kuat

Kekurangan:

  • Gear rationya kecil
  • Ball bearingnya terbatas
  • Modelnya kurang begitu bagus jika dibandingkan dengan reel pancing sekarang ini

10. Fishdrops BE1000

 

Fishdrops BE1000

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Fishdrops BE 1000 merupakan salah satu reel pancing yang masuk kategori ultralight atau dapat dikatakan sangat ringan dengan berat hanya mencapai 218 gram saja. Spoolnya terbuat dari aluminium dan memiliki fitur one way anti-reverse. Selain spool, handlenya pun terbuat dari material aluminium dengan tambahan EVA. Desainnya yang futuristik dengan balutan warna hitam membuat reel pancing satu ini semakin terlihat elegan.

Ball bearing dari Fishdrops BE 1000 adalah 12+1BB dengan gear ratio 5.1:1. Terdapat juga brake system yang sangat bagus dan mampu menahan laju uluran senar dengan cepat. Walaupun belum dapat menyamai kehebatan dari model-model ‘saudaranya’ seperti Fishdrops BE 2000, Fishdrops BE 3000 sampai dengan Fishdrops BE 5000, namun Fishdrops BE 1000 sudah cukup tepat dan cocok digunakan untuk menangkap atau memancing ikan-ikan dengan berbagai ukuran dan berat.

Kelebihan:

  • Sangat ringan dan hampir semua bagian terbuat dari material aluminium
  • Dilengkapi dengan one way anti-reverse clutch
  • Ball bearingnya besar
  • Dilengkapi dengan EVA knop

Kekurangan:

  • Gear rationya standar
  • Spoolnya terlalu pendek

Kesimpulan

Dari ke-10 reel pancing di atas, produk yang paling kami rekomendasikan adalah Magno XT 3000 dari Blood. Selain desainnya yang bagus, kualitas yang dimilikinya juga tak kalah hebat. Bodinya terbuat dari material carbon composite dan bagian spoolnya terbuat dari aluminium. Selain itu, reel pancing satu ini sudah dilengkapi dengan power handle serta ball bearing besar yang membuat putarannya sangat halus.

V spool yang dimilikinya dapat membuat senar lebih mudah untuk keluar dan tentu saja sangat cocok digunakan untuk casting. Selain ringan, reel pancing satu ini juga kuat untuk digunakan memancing dengan bobot tarikan maksimal 18 sampai 20 kilogram.

Tinggalkan komentar

shares