10 Router Wifi Terbaik di Indonesia 2019

Router Wifi TerbaikDi era teknologi informasi seperti sekarang ini, internet bukan lagi kebutuhan sampingan tapi sudah menjadi kebutuhan mendasar pada kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah WiFi, yang mana biasanya kita temukan di tempat-tempat umum. Banyak juga masyarakat yang kemudian memasang WiFi dengan layanan Internet Service Provider (ISP) untuk kebutuhan pribadinya di rumah. Untuk memasang WiFi itulah, kita menggunakan Router WiFi sebagai alat bantu yang dibutuhkan dalam menyalurkan jaringan internet.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai Router WiFi, mulai dari cara kerjanya, kegunaan, hingga jenis-jenisnya. Penulis juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk Router WiFi terbaik yang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Tak lupa sebelumnya penulis akan membahas cara-cara apa saja yang dapat membantu Anda dalam memilih Router WiFi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih Router WiFi yang Tepat

Meskipun sebagian besar orang sekarang tahu betul apa itu WiFi, tapi masih banyak orang yang belum mengenal tentang Router WiFi itu sendiri. Padahal tanpa keberadaan Router WiFi, kita tentu tidak bisa mengakses internet dengan teknologi yang kita kenal dengan sebutan WiFi. Untuk itu, penting memahami apa itu Router WiFi lebih jauh sebelum melangkah lebih jauh pada pembahasan kali ini.

Secara sederhana, Router WiFi adalah sebuah alat bantu yang menghubungkan jaringan atau data internet pada tujuan atau penerimanya. Router WiFi akan menyambungkan dan memberikan jalan pada jaringan data internet sehingga dapat ditangkap dan dipancarkan pada area tertentu. Luas atau cakupan area yang bisa mendapatkan jaringan data internet ini biasanya beragam, begitu juga dengan kecepatannya. Biasanya hal ini terkait lagi dengan pemilihan opsi yang ditawarkan kepada pengguna Router WiFi, yang tentunya semakin luas dan cepat maka biayanya akan semakin tinggi juga.

Penggunaan Router WiFi pada beberapa aspek dinilai lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan akan internet, terutama pada ranah profesional. Jaringan data internet yang ditangkap dan dipancarkan menggunakan Router WiFi tentu lebih kuat dan luas jika dibandingkan dengan penggunaan kartu provider internet. Jika kartu provider internet lebih sering digunakan pada pemakaian internet gadget pribadi, Router WiFi biasanya dipilih untuk penggunaan bersama.

Namun tentu saja semakin banyak pengguna yang mengakses pada WiFi, semakin menurun pula kecepatan penangkapan dan pemancaran jaringan data internet yang dilakukan oleh Router WiFi. Untuk mengatasinya, pemilihan Router WiFi dan opsi kecepatan sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas pemakaian serta jumlah penggunanya. Atau bisa juga lebih membatasi akses pada WiFi hanya pada orang-orang tertentu, sehingga tidak semua orang bisa menggunakan WiFi dalam mengakses internet melalui gadget mereka.

Jenis Router WiFi

Seiring dengan berjalannya waktu, Router WiFi pun mengalami perkembangan teknologi guna mendukung kebutuhan akan akses internet yang cepat. Terlebih lagi di era teknologi informasi seperti sekarang ini, yang membutuhkan gerak serba cepat namun tetap tepat. Dengan begitu, teknologi Router WiFi pun terus dikembangkan agar dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat milenial.

Perkembangan Router WiFi inipun membuat munculnya berbagai jenis router yang dibedakan dari segi mekanisme atau cara kerjanya dan pengaplikasian atau penggunaannya. Jika dibagi berdasarkan mekanismenya, terdapat Router WiFi Statis, Dinamis, dan Wireless. Sedangkan jika dibagi berdasarkan pengaplikasiannya, terdapat Router WiFi Hardware, Software, dan PC.

Router WiFi Berdasarkan Mekanisme

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, terdapat tiga jenis Router WiFi berdasarkan mekanisme atau cara kerjanya. Berikut adalah penjelasan dan perbedaan masing-masing Router WiFi tersebut.

Router WiFi Statis

Ciri khas dari Router WiFi Statis ini adalah proses routing dilakukan secara manual oleh seorang administrator, dimana administrator memiliki kuasa penuh akan proses routing dari awal hingga akhir. Kelebihan Router WiFi jenis ini adalah administrator dapat melakukan filter atas rute mana yang bisa dilewati dan tidak dilewati sehingga jaringan lebih aman. Selain itu, pengguna Router WiFi Statis ini dapat melakukan permintaan langsung kepada administrator mengenai akses routing yang dilakukan.

Router WiFi Dinamis

Kebalikan dengan Router WiFi Statis, jenis Dinamis ini bekerja dengan otomatis tanpa harus terus dipantau dan dikelola oleh administrator. Proses routing berjalan atas pengaturan administrator tanpa harus menungguinya selama 24 jam, yang berarti kerja administrator menjadi lebih mudah. Router WiFi Dinamis ini cocok digunakan untuk kebutuhan penggunaan internet yang besar dan skalanya lebih luas.

Router WiFi Wireless

Router Wifi WirelessSesuai dengan namanya, Router WiFi ini bersifat wireless atau tanpa membutuhkan kabel apapun dalam proses kerjanya. Router WiFi Wireless dapat bekerja secara statis dalam pengaturan penuh administrator, maupun bekerja secara otomatis. Keunggulan dari Router WiFi jenis ini tentu saja dari segi kepraktisan dan kemudahan dalam proses instalasi maupun koneksi pada jaringan internet.

Router WiFi Berdasarkan Aplikasi

Setelah mengenal beberapa jenis Router WiFi berdasarkan mekanismenya, selanjutnya kita akan mengulas jenis-jenis Router WiFi berdasarkan pengaplikasian atau penggunaannya. Berikut adalah perbedaan dan keunggulan tiga jenis Router WiFi yang dibedakan berdasarkan aplikasinya.

Router WiFi Hardware

Sesuai dengan namanya, jenis Router WiFi ini berbentuk perangkat fisik yang digunakan langsung untuk menyambung pada jaringan internet. Router WiFi Hardware ini biasanya berbentuk hub maupun modem dengan berbagai port untuk dapat disambungkan pada perangkat yang akan digunakan untuk mengakses internet. Router WiFi jenis ini terbilang paling banyak digunakan karena kemampuan routingnya lebih besar dan biasanya diletakkan di lokasi yang menjadi pusat akses internet.

Router WiFi Software

Kebalikan dari jenis Hardware, Router WiFi Software ini berbentuk program (software) yang menjadikan sebuah perangkat seperti komputer untuk menjadi router. Jadi Anda tinggal meng-install aplikasi atau software pada komputer yang kemudian dapat digunakan sebagai router untuk mengakses internet, seperti software WinGate dan WinRoute. Meski lebih simpel karena tidak perlu menggunakan perangkat terpisah, Router WiFi jenis ini memiliki kemampuan routing yang berada di bawah Router WiFi Hardware.

Router WiFi PC

Jika pada Router WiFi Software komputer atau PC dapat berperan sebagai router sekaligus menjalankan fungsi lainnya selayaknya PC biasa, Router WiFi PC hanya bisa berperan sebagai router saja. Dalam jenis ini, router memang di-install dalam komputer dan menjadikannya sebagai router yang menghubungkan ke jaringan internet tanpa bisa melakukan hal lainnya. Router WiFi jenis ini terbilang sudah cukup jarang digunakan karena dinilai kurang efektif, meskipun penggunaannya hanya membutuhkan spesifikasi yang cukup rendah seperti Pentium 2.

Tips Memilih Router WiFi yang Tepat

Setelah mengenal lebih jauh mengenai Router WiFi dan berbagai jenisnya yang ada saat ini, pilihan yang dapat Anda ambil tentu menjadi lebih luas dan beragam. Untuk membantu Anda mendapatkan Router WiFi yang tepat, berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Kebutuhan

Router wifi untuk gamingHal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih Router WiFi adalah kebutuhan Anda, mulai dari tujuan penggunaan hingga jumlah pengguna WiFi. Jika Anda biasa menggunakan internet hanya untuk penggunaan browsing dan semacamnya, maka kecepatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu tinggi. Berbeda jika Anda akan menggunakan internet untuk gaming atau membuka usaha warnet, maka kecepatan jaringan yang dibutuhkan tentu lebih tinggi.

Sama halnya dengan jumlah pengguna internet yang akan menggunakan jaringan internet dari Router WiFi yang Anda pasang. Semakin banyak jumlah penggunanya, maka Anda perlu memilih Router WiFi yang memiliki kecepatan lebih tinggi serta jangkauan yang lebih luas. Dengan begitu, Anda maupun pengguna lainnya tidak akan terganggu kenyamanannya karena jaringan internet yang lemot.

Network Standard

Salah satu fitur utama Router WiFi adalah network standard yang terus diperbaharui dari waktu ke waktu untuk meningkatkan performa router itu sendiri. Network standard terbaru yang ada pada teknologi Router WiFi adalah 802.11n. Sedangkan untuk teknologi network standard yang setingkat dibawahnya adalah 802.11ac, yang juga dapat digunakan untuk pemakaian Router WiFi sehari-hari.

Kecepatan dan Keamanan

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, kebutuhan Anda akan Router WiFi dan internet sendiri secara umum akan menentukan seberapa besar kecepatan router yang diperlukan. Kecepatan Router WiFi sendiri bervariasi, mulai dari 150 Mbps hingga yang tertinggi adalah 1900 Mbps. Selain itu, aspek keamanan Router WiFi juga perlu diperhatikan agar tidak mudah di-hacking ataupun bahaya lainnya. Untuk penggunaan yang lebih aman, sebaiknya Anda memilih Router WiFi dengan fitur keamanan WPA2 di dalamnya yang merupakan standar keamanan router terbaru.

10 Rekomendasi Router WiFi Terbaik

Membahas tentang Router WiFi tentu tak lengkap rasanya tanpa adanya rekomendasi produk terbaik untuk membantu Anda mendapatkan produk yang tepat. Berikut adalah 10 rekomendasi produk Router WiFi terbaik di Indonesia hanya untuk Anda.

1. TP-Link TL-WR840N

 TP-Link TL-WR840N

TP-Link TL-WR840N didukung dengan kecepatan 300 MBps yang dapat membantu Anda dalam kebutuhan penggunaan internet harian maupun kebutuhan yang lebih tinggi. Didukung dengan network standard terbaru yaitu 802.11n, TP-Link TL-WR840N cocok digunakan untuk streaming dan gaming sekalipun. Untuk lebih meningkatkan kenyamanan penggunaan Anda, TP-Link TL-WR840N juga dilindungi dengan teknologi keamanan WPA2.

Meski memiliki dua antena, TP-Link TL-WR840N dapat diatur dalam mode Support Range Extender yang dapat meningkatkan jangkauan WiFi yang lebih luas lagi. Bagi Anda yang memiliki buah hati di rumah dan khawatir akan penggunaan internet mereka, Anda bisa memanfaatkan fitur Parental Control untuk mengatur jaringan internet yang bisa dan tidak bisa diakses. Anda juga bisa mengatur dan memantau TP-Link TL-WR840N ini dari smartphone kesayangan Anda, yang baik pada Android maupun iOS.

Kelebihan produk ini:

  • Network standard yang dimiliki sudah 802.11n.
  • Memiliki teknologi keamanan terbaru yaitu WPA2.
  • Memiliki teknologi Support Range Extender dan Parental Control untuk optimalisasi penggunaan, serta dapat dikontrol menggunakan smartphone.
  • Harga produk terbilang lebih murah dibanding produk-produk lainnya.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router yang tidak begitu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/tp-link-wireless-router-tl-wr840n-wifi-router-tp-link-300mbps-i165360721-s192032500.html

2. TP-Link Archer C1200

 TP-Link Archer C1200

Merk TP-Link memang bukan lagi menjadi nama asing dalam dunia Router WiFi, dengan berbagai produk router yang menjadi unggulannya. Salah satunya adalah TP-Link Archer C1200, Router WiFi jenis Wireless yang memiliki tingkat kecepatan hingga 1200 Mbps. TP-Link Archer C1200 juga didukung dengan fitur network standard dengan teknologi 802.11ac untuk penggunaan internet Anda.

Router WiFi ini memiliki teknologi Dual-Band, yang terdiri dari Band 5 GHz untuk penggunaan bebas jeda seperti gaming atau streaming dan Band 2.4 GHz untuk penggunaan internet harian seperti browsing atau social media. Untuk jangkauan yang lebih luas dan stabil, TP-Link Archer C1200 didukung dengan tiga antena eksternal berkekuatan tinggi. TP-Link Archer C1200 juga memiliki port USB yang dapat dihubungkan dengan printer, hard disk, flash disk, maupun kamera serta port Gigabit Ethernet untuk menghubungkan dengan desktop maupun perangkat lainnya.

Kelebihan produk ini:

  • Kecepatan yang dimiliki cukup tinggi.
  • Memiliki teknologi Dual-Band dan tiga antena untuk optimalisasi pemakaian.
  • Didukung dengan dua port yaitu port USB dan port Gigabit Ethernet.

Kekurangan produk ini:

  • Network standard yang dimiliki masih berupa 802.11ac

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/tp-link-archer-c1200-ac1200-wireless-dual-band-gigabit-router/pc–MTA-2556144

3. D-Link DSL-2740M

 D-Link DSL-2740M

Dengan fitur unggulannya yang berupa Stateful Packet Inspection (SPI), D-Link DSL-2740M dapat melindungi akses internet Anda dari bahaya hacking. D-Link DSL-2740M bekerja dengan dukungan network standard 802.11n dan menghasilkan kecepatan hingga 300 MBps. Selain itu, D-Link DSL-2740M memiliki fitur Quality of Service (QoS) yang memungkinkan semua perangkat yang terkoneksi dengan Router WiFi tersebut mendapatkan jaringan yang paling sesuai.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur SPI dan QoS untuk optimalisasi penggunaannya.
  • Sudah memiliki network standard terbaru yaitu 802.11n.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router yang dimiliki tidak begitu tinggi.

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/d-link/d-link-dsl-2740m-n-300-wireless-adsl2-modem

4. Huawei B315

 Huawei B315

Router WiFi besutan merk Huawei ini diklaim mendukung berbagai frekuensi internet, mulai dari teknologi 2G, 3G, hingga 4G. Huawei B315 memiliki kecepatan download pada 150MBps dan kecepatan upload pada 50 MBps. Jangkauan yang dimiliki oleh Router WiFi ini juga cukup luas, yaitu bisa digunakan pada 32 perangkat sekaligus.

Untuk antena sendiri, Huawei B315 didukung oleh dua antena dalam mendukung kinerjanya dan menyebarkan jaringan internet. Huawei B315 memiliki empat port Gigabit Ethernet untuk menghubungkan pada jaringan LAN dengan kecepatan sekitar 100 MBps. Huawei B315 juga memiliki port untuk USB yang dapat dihubungkan dengan berbagai media penyimpanan maupun printer.

Kelebihan produk ini:

  • Jangkauan jaringan yang cukup luas, bisa hingga 32 perangkat.
  • Mendukung berbagai frekuensi internet.
  • Memiliki empat port Gigabit Ethernet dan port untuk USB.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan yang dimiliki tidak begitu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/huawei-home-router-4g-lte-b315-fdd1800tdd2300-support-all-4g-antenna-sepasang-i388854571-s424007370.html

5. TP-Link MR3020

 TP-Link MR3020

Dirancang untuk memudahkan akses internet Anda selama perjalanan dan dapat digunakan di berbagai tempat, TP-Link MR3020 dapat kompatibel dengan berbagai jaringan internet. Beberapa jaringan internet tersebut diantaranya adalah 120+ LTE, HSPA +, HSPA , UMTS , dan EVDO 3G / 4G. Dengan desainnya yang mini dibalut warna putih yang elegan, TP-Link MR3020 memiliki kecepatan sekitar 150 MBps. Untuk power supply-nya sendiri, Anda bisa melakukan charge TP-Link MR3020 baik secara langsung pada power adapter maupun memanfaatkan tenaga dari laptop.

Terdapat tiga mode yang dapat diaktifkan dalam TP-Link MR3020 ini, yaitu Mode Router 3G/4G, Mode Travel Router, dan Mode WISP Client Router. Mode Router 3G/4G akan memancarkan jaringan internet dari modem USB 3G/4G dan membagikan jaringan tersebut secara wireless. Untuk Mode Travel Route, Anda dapat menghubungkan dengan jaringan WAN yang ada di tempat-tempat umum seperti hotel yang kemudian dimanfaatkan sebagai akses internet. Anda bisa memilih mode mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada saat itu, dimanapun berada.

Kelebihan produk ini:

  • Dapat digunakan dimanapun, terutama saat perjalanan.
  • Kompatibel dengan berbagai jaringan internet.
  • Memiliki tiga mode yang bisa diatur dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router yang dimiliki tidak begitu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/tp-link-mr3020-wifi-router-support-usb-modem-3g4gevdo-i2317728-s2782766.html

6. Asus RT-AC1200G+

 Asus RT-AC1200G+

Bukan hanya smartphone, merk ternama Asus juga meluncurkan produk Router WiFi yaitu Asus RT-AC1200G+. Dengan kecepatan hingga 1167 MBps dan teknologi Dual-Band, Anda dapat menikmati akses internet yang cepat untuk berbagai kebutuhan. Baik itu untuk kegiatan harian seperti browsing dan email, maupun yang membutuhkan akses internet tinggi seperti streaming, gaming, dan lain sebagainya.

Agar dapat menjangkau area yang lebih luas dan akses internet yang kuat, Asus RT-AC1200G+ didukung dengan adanya empat antena eksternal dan teknologi AiRadar. Untuk network standarnya sendiri, Asus RT-AC1200G+ bekerja dengan teknologi 802.11ac. Asus RT-AC1200G+ diklaim cepat dalam proses instalasi, dimana hanya membutuhkan sekitar 30 detik saja dengan dukungan aplikasi pada smartphone kesayangan Anda.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki kecepatan router yang cukup tinggi.
  • Memiliki teknologi Dual-Band, empat antena eksternal dan AiRadar untuk optimalisasi penggunaannya.
  • Memiliki fitur Parental Control dan Guest Network untuk mengatur akses internet lebih aman dan nyaman.

Kekurangan produk ini:

  • Network standard yang digunakan masih 802.11ac.
  • Harga produk terbilang lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/asus-rt-ac1200g-ac1200-dual-band-wifi-wireless-router-i171317896-s201969636.html

7. Tenda F3

 Tenda F3

Router WiFi besutan merk Tenda ini memiliki kecepatan 300 MBps yang didukung dengan network standard 802.11n. Hal ini tentu akan sangat mendukung akses internet Anda, mulai dari browsing, streaming, maupun upload foto di media sosial Anda. Tenda F3 memiliki tiga antena yang akan menyebarkan jaringan internet lebih luas pada seisi rumah Anda.

Salah satu fitur yang menjadi keunggulan Tenda F3 adalah Bandwith Control, dimana Anda bisa mengatur agar perangkat tertentu mendapatkan bandwith yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Dengan begitu, perangkat yang membutuhkan bandwith lebih tinggi akan lebih mudah untuk mengerjakan tugas tertentu. Selain itu, Tenda F3 diklaim sangat mudah dalam proses set up yang hanya membutuhkan sekitar 30 detik saja.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Bandwidth Control dan tig antena untuk optimalisasi penggunaan.
  • Didukung dengan network standard 802.11n.
  • Proses set up yang cepat, hanya 30 detik.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router tidak begitu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/tenda-f3-wireless-routerextenderaccess-point-wifi-repeater-new-fh303-i150214425-s168620450.html

8. TOTOLINK N100RE

 TOTOLINK N100RE

Meskipun berukuran mini, Router WiFi TOTOLINK N100RE ini sudah didukung dengan network standard terbaru yaitu 802.11n. TOTOLINK N100RE juga bekerja dengan dukungan satu antena dan dua port LAN untuk jangkauan WiFi yang lebih cepat dan tinggi. Dengan kecepatan sekitar 150 MBps, Router WiFi ini memiliki fitur Parental Control dan sistem keamanan WPA2 untuk penggunaan internet yang aman dan nyaman bagi Anda serta keluarga.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Parental Control dan sistem keamanan WPA2 untuk optimalisasi penggunaannya.
  • Sudah menggunakan network standard 802.11n.
  • Bentuknya yang mini dan praktis mudah dibawa bepergian serta digunakan di berbagai tempat.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router yang dimiliki belum terlalu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/router-wireless-n-mini-150mbps-totolink-n100re-i163522651-s188655139.html

9. Linksys EA6350-AP

 Linksys EA6350-AP

Router WiFi yang dikeluarkan oleh merk Linksys ini diklaim lebih cepat hampir 3 kali lipat dibanding dengan wireless-N, dengan kecepatan yang dimilikinya sekitar 300 MBps. Linksys EA6350-AP didukung dengan teknologi Dual-Band, yaitu 2.4 GHz untuk pemakaian harian dan 5 GHz untuk pemakaian yang lebih tinggi. Terdapat pula port untuk Gigabit Ethernet dan port USB yang dapat menghubungkan dengan berbagai media penyimpanan.

Terdapat tiga fitur yang menjadi unggulan dari Linksys EA6350-AP ini, yaitu Parental Control, Device Prioritization, dan Guest Access. Sesuai dengan namanya, Parental Control memungkinkan Anda untuk mengatur akses internet yang aman bagi buah hati. Device Prioritization akan memberikan kecepatan lebih bagi perangkat yang menurut Anda perlu diprioritaskan, sedangkan Guest Access akan membuat jaringan WiFi terpisah untuk pengguna tamu.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki fitur Parental Control, Device Prioritization, dan Guest Access.
  • Memiliki teknologi Dual-Band.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router tidak begitu tinggi.

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/linksys-ea6350-ap-ac1200-dual-band-smart-wi-fi-wireless-router/pc–MTA-1079603

10. TP-Link Archer C20

 TP-Link Archer C20

Satu lagi Router WiFi besutan merk TP-Link, TP-Link Archer C20 didukung dengan bandwith sekitar 733 MBps. TP-Link Archer C20 juga didukung dengan teknologi Dual-Band, dimana Band 5 GHz memiliki network standard 802.11ac dan Band 2.4 GHz memiliki network standard 802.11n. Hal tentunya ini akan meningkatkan kualitas jaringan internet dan kenyamanan Anda dalam mengakses internet baik untuk penggunaan harian maupun kebutuhan yang lebih tinggi.

Untuk dapat menjangkau jaringan yang lebih luas, TP-Link Archer C20 memiliki tiga antena eksternal dalam proses kerjanya. TP-Link Archer C20 juga memiliki fitur Parental Control dan Access Control yang memungkinkan Anda mengatur akses internet yang bisa dan tidak bisa dibuka baik oleh anak Anda maupun pengguna lainnya. Sedangkan untuk proses pemasangannya sendiri, TP-Link Archer C20 diklaim dapat di-set up dengan cepat karena adanya web interface dan aplikasi Tether di dalamnya.

Kelebihan produk ini:

  • Memiliki teknologi Dual-Band dengan dua jenis network standard di dalamnya.
  • Memiliki fitur Parental Control dan Access Control, serta tiga antena eksternal untuk optimalisasi penggunaan.

Kekurangan produk ini:

  • Kecepatan router yang dimiliki tidak begitu tinggi.

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/tp-link-ac750-wireless-dual-band-router-archer-c20-i127012506-s133728257.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/tp-link-archer-c20-ac750-wireless-dual-band-router/pc–MTA-2556139

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai Router WiFi, mulai dari jenisnya hingga beberapa produk yang bisa Anda pilih untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Jika Anda masih belum dapat menentukan produk yang dirasa tepat, TP-Link TL-WR840N bisa menjadi pilihan yang cocok. Terutama jika kebutuhan penggunaan Anda untuk keperluan harian baik pribadi maupun keluarga.

Dengan menggunakan network standard terbaru yaitu 802.11n, TP-Link TL-WR840N dapat mendukung kebutuhan akan akses internet baik yang ringan maupun yang tinggi sekalipun seperti streaming dan gaming. Anda bisa mengatur agar TP-Link TL-WR840N menjangkau area yang lebih luas dengan adanya fitur Support Range Extender di dalamnya. Dengan begitu, orang yang dapat mengakses bisa lebih banyak dan tidak hanya terbatas pada satu ruangan saja.

Untuk segi keamanan, TP-Link TL-WR840N didukung dengan sistem WPA2 yang akan melindungi dari bahaya kejahatan cyber seperti hacking. Sedangkan untuk menjaga keamanan akses internet itu sendiri bagi buah hati, Anda dapat mengaktifkan fitur Parental Control. Dari segi harganya, TP-Link TL-WR840N terbilang lebih murah dibandingkan dengan produk lainnya sehingga Anda bisa berhemat untuk pengeluaran lain yang tak kalah pentingnya.

Tentu saja keputusan kembali lagi kepada Anda, yang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, keadaan, maupun budget yang Anda miliki. Memilih Router WiFi yang tepat memang tak kalah pentingnya dengan jaringan internet ataupun provider penyedia layanan internet itu sendiri. Karena bagaimanapun juga, Router WiFi yang tepat akan memberikan kenyamanan berinternet yang tinggi pula.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan komentar

shares