10 Scanner Terbaik di Indonesia 2019

Scanner TerbaikKalau mendengar kata scanner, Anda mungkin akan teringat pada printer. Sebab saat ini memang lebih banyak orang yang menggunakan fitur scanner yang ada pada printer alias alat pencetak. Tapi untuk kebutuhan yang lebih kompleks, scanner yang ada printer ini tidaklah mencukupi. Sebut saja seandainya Anda harus memindai ribuan lembar dokumen atau melakukan scan pada kertas yang ukurannya besar, hal tersebut jelas tidak bisa dilakukan dengan scanner yang ada pada printer.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mulai mencari scanner terbaik yang memang bisa menunjukkan performa maksimal sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak sekali jenis scanner yang bisa dipilih tergantung pada fitur dan juga harganya. Mahal dan murah tentu relatif jika dibandingkan dengan kelebihan dari masing-masing scanner.

Tips memilih scanner berkualitas

Memilih scanner tampaknya bisa dilakukan dengan mudah. Tapi sebenarnya cukup tricky untuk mencari scanner yang tepat di tengah banyaknya merk dan jenis yang beredar di pasaran saat ini. Ada beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan, mulai dari fungsi, fitur yang dimiliki, tipe scanner, kelebihan dan kelemahannya, sampai dengan harganya. Yuk, simak beberapa tips dalam memilih scanner berkualitas berikut ini:

Ketahui apa yang Anda butuhkan saat membeli scanner

Hal pertama akan sangat membantu Anda dalam memilih scanner yang tepat adalah mengetahui kebutuhan penggunaannya. Apabila Anda harus memindai banyak dokumen sekaligus dalam waktu singkat, maka cari scanner dengan kecepatan memindai yang baik. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan mungkin akan membutuhkan scanner sewaktu-waktu, maka jenis portable bisa dijadikan pilihan.

Lalu bagaimana dengan scanner yang hanya digunakan di rumah? Tentu lebih baik memilih yang ukurannya compact dan tidak terlalu memakan daya listrik. Penting juga memilih scanner dengan penutup untuk menghindari adanya partikel kecil yang tidak sengaja masuk ke dalam scanner. Terlebih lagi untuk meja kerja Anda yang bisa diakses oleh anak-anak maupun hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Kenali jenis scanner yang ada di pasaran

Scanner portableUntuk mendapatkan scanner yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Anda, penting juga mengetahui jenis-jenis yang ada di pasaran. Yang paling umum adalah jenis desktop document scanner yang harus dihubungkan dengan komputer atau laptop untuk memindai dan menyimpan data. Kemudian ada pula jenis portable scanner yang berukuran kecil dan bisa lebih mudah dibawa kemanapun. Scanner jenis ini bekerja dengan bantuan baterai, baik tipe tanam maupun baterai AA.

Ada juga production document scanner, yang biasanya berukuran besar, berat, namun bisa diandalkan untuk memindai dokumen dengan cepat dan dalam jumlah yang sangat banyak tanpa henti. Jenis satu ini lebih cocok dipakai untuk perkantoran maupun pabrik. Harga dari scanner semacam ini umumnya memang lebih mahal namun di sisi lain juga lebih tahan banting untuk pekerjaan dalam skala besar.

Pertimbangkan kemudahan pengoperasiannya

Banyaknya fitur yang ada pada sebuah scanner tidak menjadikan scanner tersebut cocok untuk Anda. Sebab kadang dengan banyaknya fitur yang ada, Anda malah akan kebingungan dan kesulitan untuk mengoperasikannya. Kami sarankan Anda mencari scanner yang mudah dioperasikan terlebih lagi jika selama ini Anda tak terlalu mahir menggunakan barang elektronik.

Carilah scanner dengan tombol yang sedikit dan tidak memerlukan banyak pengaturan ketika dipakai. Saat ini sudah ada scanner yang hanya memiliki beberapa tombol saja sehingga tidak membuat bingung penggunanya. Pastikan pula tombol pada scanner ini memiliki tulisan keterangan sehingga bisa digunakan oleh siapapun termasuk yang tidak pernah memakai scanner jenis tersebut sebelumnya.

Ketahui kecepatan scan per dokumen

Salah satu hal yang juga penting diketahui ketika membeli scanner adalah kecepatan memindainya. Anda mungkin tidak merasa keberatan memindai satu dua dokumen saja dalam waktu beberapa menit. Tapi kesulitan akan terasa jika Anda harus memindai banyak dokumen sekaligus. Saat ini sudah ada scanner yang bisa memindai dokumen dalam waktu cukup cepat, bahkan bisa mencapai puluhan lembar dalam 1 menitnya. Fitur ini akan sangat dibutuhkan oleh Anda yang harus memindai puluhan hingga ratusan lembar dokumen per hari.

Ada pula fitur scanning otomatis, di mana Anda tidak perlu memasukkan dokumen secara manual satu persatu. Biasanya, ada jumlah maksimum untuk memasukkan dokumen misalnya saja 50 lembar untuk satu kali scan. Jadi 50 dokumen tersebut bisa discan dengan cepat dan Anda tak perlu menunggu di depan scanner. Fitur satu ini akan sangat berguna untuk Anda yang memiliki pekerjaan padat setiap harinya.

Cek apakah scanner mampu memindai dokumen dengan berbagai ukuran

Umumnya Anda memang hanya membutuhkan scanner untuk memindai kertas A4. Tapi Anda tak akan pernah tahu kapan membutuhkan scanner untuk memindai dokumen yang ukurannya lebih besar. Selain dokumen berukuran A4, banyak scanner yang juga mampu memindai ukuran kertas Legal, F4, hingga A3. Pastikan juga scanner mampu memindai dokumen berukuran kecil seperti foto ataupun kartu nama.

Beberapa jenis scanner terutama yang ditujukan untuk penggunaan kantoran, biasanya bisa memindai dokumen dalam ukuran lebih besar. Termasuk mampu juga melakukan scanning pada dokumen yang memiliki lapisan plastik dengan hasil yang jelas.

Perhatikan bobot dan dimensi scanner

Perhatikan bobot dan dimensi scannerUntuk scanner yang dipakai di kantor dan diletakkan di satu tempat saja, tak masalah jika memiliki dimensi yang cukup besar dengan bobot berat. Biasanya, bobot maksimal scanner sekitar 5 kg. Tapi untuk penggunaan pribadi, mungkin Anda akan lebih cocok dengan scanner yang ukurannya compact dan terlihat ringkas. Anda bisa menemukan jenis scanner dengan bobot hanya 1 kg saja dan dimensi cukup kecil. Apalagi jika jenis portable, maka akan lebih ringan dan terlihat ringkas dan mudah dimasukkan ke dalam tas.

Untuk jenis portable ini juga biasanya bisa dipakai tanpa perlu terkoneksi ke sumber listrik. Hal ini tentu lebih praktis untuk pemakaian darurat, saat Anda berada di tempat yang tak memiliki daya listrik. Bahkan Anda juga bisa memakai scanner portable saat berada dalam kendaraan hanya dengan menyambungkan port USB ke laptop.

Pertimbangkan kebutuhan scanner simplex atau duplex

Apabila Anda membutuhkan waktu singkat dalam memindai dokumen dalam jumlah besar, maka memilih scanner duplex bisa dijadikan pilihan. Yang dimaksud dengan scanner duplex adalah scanner yang bisa memindai dua sisi dokumen sekaligus. Hal tersebut menjadikan proses scanner lebih cepat dan mudah tanpa perlu membolak-balik dokumen. Sedangkan scanner simplex hanya bisa digunakan untuk scanning satu sisi dokumen saja. Bisa dipilih kalau memang Anda tidak terlalu membutuhkan scanning dalam jumlah besar.

Dari segi bentuk, scanner simplex umumnya memang lebih minimalis sedangkan scanner duplex ukurannya cenderung lebih besar. Posisi kertas pada scanner duplex juga biasanya berdiri seperti halnya saat Anda menggunakan printer. Namun dengan kepraktisannya, kami rasa posisi kertas dan ukuran scanner bisa dinomorduakan.

Cari scanner khusus jika ingin hasil yang lebih baik

Anda mungkin tidak bisa mendapatkan hasil maksimal jika memindai foto dengan scanner biasa. Hal ini dikarenakan resolusi yang terdapat pada foto jauh lebih tinggi dibanding kemampuan dari scanner tersebut. Untuk memindai dokumen yang memang resolusinya tinggi, Anda bisa menggunakan photo scanner. Seperti namanya, scanner ini memang berfungsi untuk memindai dokumen foto dan menghasilkan duplikasi yang bagus.

Meski demikian, jenis photo scanner ini juga tetap bisa dipakai untuk memindai dokumen biasa. Namun tentu harga dari scanner semacam ini lebih tinggi, sehingga rugi kalau Anda membelinya namun hanya dipakai memindai dokumen biasa saja.

Sesuaikan harga dengan budget

Yang tak kalah pentingnya, Anda juga perlu menyesuaikan harga scanner yang akan dibeli dengan budget yang dimiliki. Tak perlu memaksakan membeli scanner mahal yang justru tidak bisa dioperasikan dengan maksimal karena kebutuhan Anda yang tak terlalu tinggi. Belilah scanner yang fiturnya mencukupi kebutuhan Anda dan harganya ramah di kantong. Saat ini rata-rata scanner dijual dengan harga ratusan ribu sampai jutaan, meski ada juga yang harganya mencapai belasan juta. Namun tentu saja semakin banyak fitur yang dimiliki akan semakin mahal pula harganya.

Beberapa toko baik yang online maupun offline juga menyediakan pembelian secara kredit. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh scanner baru dengan budget yang lebih sedikit. Namun pastikan mempertimbangkan juga lamanya masa cicilan dan bunga yang dikenakan. Jangan sampai Anda jadi membayar selisih yang terlalu banyak dibandingkan dengan harga aslinya.

Nah, hal-hal tersebut perlu Anda perhatikan sebelum membeli scanner. Pastikan mencari produk dengan fitur terbaik namun harganya juga masuk akal. Memilih scanner tentu tidak bisa dilakukan hanya berdasarkan tren saja, namun lebih mengutamakan fungsinya.

10 Rekomendasi Scanner Terbaik

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, mempertimbangkan jenis yang sesuai, dan tentunya menetapkan budget untuk pembelian, kini saatnya memilih scanner yang tepat. Berikut ini 10 rekomendasi scanner dari kami yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

1. Brother DS-620 Document Scanner

 Brother DS-620 Document Scanner

Kalau Anda mencari scanner yang bisa memindai berbagai jenis dokumen mulai dari kertas hingga yang berlapis plastik dengan kualitas baik, mungkin Brother DS-620 Document Scanner bisa dijadikan pilihan. Scanner ini tergolong fleksibel dalam memindai berbagai jenis dokumen hingga ukuran A4, dan sangat mudah dipasang ke perangkat lain hanya melalui port USB. Salah satu fitur yang paling kami sukai dari scanner ini adalah kemampuannya untuk memindai satu halaman dalam waktu kurang dari 10 detik. Hal tersebut membuat proses kerja jadi jauh lebih cepat dan efektif.

Ukuran scanner ini juga tergolong compact dan ringan, kurang dari 1 kg yang menjadikan scanner ini bisa dengan mudah dipindahkan atau dibawa bepergian. Uniknya lagi, scanner ini juga bisa bekerja tanpa perlu tersambung ke sumber listrik. Super praktis untuk Anda yang memang membutuhkan pemindaian cepat ketika dalam perjalanan bisnis. Scanner ini mungkin jadi pilihan terbaik untuk kebutuhan Anda di antara merk dan jenis lain yang bisa dijumpai di Indonesia.

Kelebihan:

  • Bisa memindai berbagai jenis dokumen dengan ukuran berbeda
  • Kecepatan memindai sangat baik
  • Ringan dan mudah dibawa ke mana-mana

Kekurangan:

  • Kami belum menemukan kekurangan untuk scanner ini

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/brother-ds-620-mobile-scanner-mesin-scan-i118350270-s123299407.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/brother-ds-620-document-scanner-putih/pc–MTA-1130347

2. Plustek AD470 Scanner ADF Otomatis

 Plustek AD470 Scanner ADF Otomatis

Salah satu hal yang merepotkan dalam memindai dokumen adalah harus membolak-balik kertas untuk mendapatkan scan dari kedua sisinya. Tapi hal ini tak perlu Anda risaukan jika memakai Plustek AD470 Scanner ADF Otomatis. Ya, salah satu fitur yang ada pada scanner satu ini adalah bisa memindai 2 sisi dokumen secara bersamaan. Hanya tinggal memasukkan dokumen pada tempat scanner dan menekan tombol, maka dalam waktu singkat soft copynya sudah tersedia.

Anda yang membutuhkan proses pemindaian dalam waktu cepat juga mungkin sangat cocok dengan scanner ini karena kecepatannya scannya mencapai 18 lembar per menit. Bisa dibayangkan, dokumen tebal sekalipun akan selesai dipindai dengan cepat kalau menggunakan scanner ini. Plustek AD470 Scanner ADF Otomatis juga bisa dipakai untuk scan berbagai ukuran dokumen mulai dari A4, Letter, hingga F4.

Kelebihan:

  • Bisa scan kedua sisi dokumen bersamaan
  • Kecepatan memindai sangat baik
  • Bisa memindai berbagai ukuran dokumen

Kekurangan:

  • Harga relatif lebih mahal dibanding tipe sejenis

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/plustek-scanner-otomatis-adf-ad470-foliof4-18-lbrmnt-i113026740-s116104764.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/plustek-ad470-scanner-adf-otomatis-folio-f4-18-lembar-per-menit/ps–DIE-34260-00051

3. Portable Scanner LODS Skypix TSN 410

 Portable Scanner LODS Skypix TSN 410

Rekomendasi scanner berikutnya yang juga bisa Anda jadikan pertimbangan adalah Portable Scanner LODS Skypix TSN 410 ini. Scanner ini merupakan jenis portable yang bisa dibawa kemanapun dan digunakan kapanpun tak perlu mencari sumber listrik. Hal ini dikarenakan scanner ditenagai oleh baterai AA yang bisa dipakai hingga 1000 kali scan. Meski bentuknya kecil, namun scanner ini bisa memindai dengan resolusi yang cukup tinggi mencapai 900dpi. Untuk kecepatan scannya juga cukup baik, maksimal 11 detik untuk resolusi halus dengan warna.

Anda juga bisa memilih ingin memindai dokumen dengan warna atau tanpa warna dengan memilih format JPG atau PDF. Jika Anda seringkali bepergian dan harus mengerjakan tugas kantor saat berada di mobil atau di hotel, mungkin scanner ini layak dipertimbangkan karena bobotnya yang sangat ringan dengan lebar 8,3 inci saja. Tentunya mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan langsung digunakan pada saat dibutuhkan. Harganya juga terbilang cukup terjangkau untuk kemampuannya dalam memindai dokumen dengan kualitas yang baik.

Kelebihan:

  • Mudah dibawa ke mana pun
  • Bisa bekerja tanpa sumber listrik
  • Kecepatan memindai sangat baik

Kekurangan:

  • Tidak bisa scan dokumen yang agak tebal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/portable-scanner-lods-skypix-tsn-410-handyscan-900-dpi-sangat-berguna-i194695682-s237981453.html

4. HP ScanJet Pro 4500 Fn1 Network Scanner

 HP ScanJet Pro 4500 Fn1 Network Scanner

Untuk Anda yang membutuhkan scanner di kantor, HP ScanJet Pro 4500 Fn1 Network Scanner ini bisa dijadikan pilihan. Scanner satu ini berjenis flatbed alias datar, sehingga cukup minimalis untuk diletakkan di atas meja kerja. Resolusi yang bisa dipindai oleh scanner ini hingga 600 dpi, memang tak terlalu tinggi tapi cukup untuk memberikan hasil scan yang jelas. Scanner ini cocok untuk dipakai di kantor karena dalam sehari bisa memindai hingga 4000 halaman dokumen. Untuk konektivitasnya ada 2 port USB yang bisa Anda gunakan.

Sedangkan untuk kecepatan scanning dari perangkat ini juga cukup baik yakni 30 ppm/60 ipm. Meski demikian, scanner ini sering dianggap terlalu mahal karena harganya memang jauh di atas rata-rata scanner sejenis. Ukurannya pun cukup besar dengan bobot mencapai 5 kg, sehingga agak sulit jika harus sering dipindahkan. Namun untuk penggunaan bersama atau di kantor yang membutuhkan scanner awet, produk satu ini bisa dipertimbangkan.

Kelebihan:

  • Bentuk minimalis
  • Kemampuan scan per hari cukup tinggi

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal
  • Ukuran besar dan berat

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/komputer/scanner/mz84bw-jual-hp-scanjet-pro-4500-fn1-network-scanner-l2749a

5. Plustek 1180 Flatbed Scanner

 Plustek 1180 Flatbed Scanner

Bila ingin mencari scanner flatbed dengan harga lebih terjangkau, mungkin Plustek 1180 Flatbed Scanner bisa Anda pilih. Scanner satu ini memiliki bentuk yang sangat slim dengan ukuran 12×17 inchi dan mudah dipindahkan ke mana pun. Plustek 1180 Flatbed Scanner ini memiliki image sensor CIS dan bisa memindai hingga resolusi 1200 dpi. Meski ukurannya mini, namun scanner ini cukup baik digunakan untuk kebutuhan kantor karena bisa memindai hingga 2500 dokumen dalam satu hari.

Jangan remehkan bentuknya yang kecil, sebab kecepatan scan dari perangkat ini juga cukup baik. Untuk dokumen A3 berwarna dengan resolusi 300 dpi, proses scan hanya memakan waktu 15 detik saja. Dalam pembelian Plustek 1180 Flatbed Scanner ini Anda akan mendapatkan i unit scanner, adaptor, kabel USB, CD Driver, buku panduan, lap mikro untuk membersihkan dan juga software plustek tools. Harga dari scanner ini juga cukup terjangkau dengan fasilitas yang dimilikinya.

Kelebihan:

  • Ukuran kecil dan ringan
  • Resolusi hasil scan tinggi
  • Harga cukup terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak bisa scan dokumen berukuran besar

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/plustek-1180-flatbed-scanner-a3-15-detik-per-lembar/pc–MTA-0487044

6. CANON CanoScan LiDE 120

 CANON CanoScan LiDE 120

Anda mungkin membutuhkan scanner flatbed untuk pemakaian pribadi namun merasa beberapa merk harganya terlalu mahal. Jika seperti itu, Anda bisa mempertimbangkan CANON CanoScan LiDE 120 yang harganya sangat terjangkau. Namun Anda tak perlu khawatir dengan performanya, sebab scanner ini bisa memindai dokumen dengan cukup cepat dan hasilnya pun cukup jelas. Resolusi dari scanner ini sendiri mencapai 2400 x 4800 dpi sehingga hasil dari gambar berwarna akan sangat jelas. Scanner ini kami sarankan untuk Anda yang ingin hasil cukup baik namun memiliki budget yang rendah.

Namun di sisi lain, ada beberapa kelemahan yang dimiliki dari CANON CanoScan LiDE 120 ini, antara lain membutuhkan koneksi internet untuk mengoperasikannya. Tanpa menggunakan koneksi internet, scanner ini jadi tidak bisa digunakan sehingga memang kurang praktis apabila Anda berada di lokasi yang tidak memiliki koneksi WiFi. Tapi overall, untuk penggunaan rumahan scanner ini bisa Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan:

  • Hasil jernih dan jelas
  • Harga cukup terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak bisa beroperasi tanpa koneksi internet

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/canon-canoscan-lide-120-hitam-i101607946-s101855134.html

7. EPSON Scanner Perfection V39

 EPSON Scanner Perfection V39

Di antara banyaknya merk scanner, Epson merupakan salah satu yang paling banyak diminati di Indonesia. Bukan tanpa alasan, sebab dengan harga yang cukup terjangkau Anda bisa mendapatkan kualitas yang baik. Kami mencoba EPSON Scanner Perfection V39 ini untuk pemindaian dokumen dan foto dan hasilnya di atas rata-rata, dengan resolusi maksimal 4800 x 4800 dpi. Kelebihan lain dari scanner ini adalah bentuknya yang sederhana dan mudah dioperasikan dengan tombol yang tidak terlalu banyak. Ada 4 tombol berbeda yang bisa digunakan untuk akses cepat dalam memindai dokumen.

Bobot dari scanner ini cukup ringan hanya 1,5 kg saja dan dimensinya juga hanya 25x36x3,8 cm saja. Hal ini menjadikan EPSON Scanner Perfection V39 mudah dipindahkan dan tidak membutuhkan terlalu banyak space saat diletakkan di ruangan. Harga dari scanner ini cukup murah di antara jenis scanner flatbed lainnya.

Kelebihan:

  • Harga cukup terjangkau
  • Hasil scan sangat baik
  • Cara pengoperasian mudah

Kekurangan:

  • Tidak bisa scan dokumen selain ukuran A4

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/epson-scanner-perfection-v39-hitam-i102474143-s102813287.html

8. Fujitsu SP-1120 Desktop Scanner

 Fujitsu SP-1120 Desktop Scanner

Apabila Anda membutuhkan scanner kantor namun dengan bobot yang lebih ringan, ada Fujitsu SP-1120 Desktop Scanner. Scanner ini memiliki berat 2,5 kg saja dengan dimensi 298x135x133 mm. Meski bobotnya lebih ringan, tapi dalam sehari scanner ini memiliki kemampuan maksimum memindai yang cukup besar yakni 3000 lembar. Ada beberapa scanning mode yang dimiliki oleh scanner ini seperti simplex, duplex, grayscale, dan juga monochrome.

Hasil scanning dari Fujitsu SP-1120 Desktop Scanner ini cukup memuaskan dikarenakan resolusinya mencapai 600 dpi sehingga bisa memindai foto dengan jelas. Harga dari scanner ini juga sesuai dengan kemampuannya dan cukup pas kalau digunakan untuk keperluan bisnis. Namun di sisi lain, model dari scanner ini memang kurang slim sehingga terlihat bulky saat diletakkan di atas meja.

Kelebihan:

  • Kemampuan scan per hari cukup besar
  • Memiliki berbagai scanning mode

Kekurangan:

  • Ukurannya besar dan modelnya kurang modern

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/fujitsu-sp-1120-desktop-scanner/ps–KAC-27749-00754

9. HP Scanjet 2000s1

 HP Scanjet 2000s1

Butuh scanner tahan banting untuk bisnis Anda? HP Scanjet 2000s1 ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Harga dari scanner ini memang cukup mahal, namun di sisi lain ada fitur scanning otomatis hingga 50 lembar yang menjadikan pekerjaan jauh lebih ringan. Sedangkan per harinya, scanner ini bisa memindai hingga 2000 dokumen. Kecepatan scan dari perangkat satu ini juga cukup baik yakni 224 ppm atau paper per minute. Sayangnya, perangkat ini hanya bisa memindai dokumen A4 saja dan tidak bisa digunakan untuk ukuran yang lebih besar.

Kelemahan lain dari scanner ini adalah tidak bisa digunakan tanpa disambungkan dengan komputer atau laptop alias tidak bisa dioperasikan secara nirkabel. Dengan hal tersebut, bisa disimpulkan kalau scanner ini memang lebih cocok untuk penggunaan di kantor dibanding jika harus dibawa ke sana kemari. Apalagi bobotnya juga tidak ringan mencapai 5 kg.

Kelebihan:

  • Bisa scan otomatis sampai 50 lembar
  • Kecepatan memindai cukup baik

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal
  • Bobot berat
  • Tidak bisa dioperasikan tanpa kabel

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/komputer/scanner/7rt45o-jual-hp-scanjet-2000s1-dokumen-scanner

10. Portable Scanner IScan 01 Compact Full Color

 Portable Scanner IScan 01 Compact Full Color

Untuk Anda yang seringkali berada di luar kantor atau rumah dan membutuhkan kepraktisan scanning, bisa melirik Portable Scanner IScan01 Compact Full Color ini. Scanner ini merupakan jenis portable dengan berat hanya 1 kg saja. Meski demikian, scanner ini bisa dipakai untuk memindai dokumen dengan berbagai ukuran seperti A4, A5, 5R, 4R, dan juga 3R. Untuk format soft copynya, bisa memilih antara JPEG atau PDF. Salah satu hal yang paling kami sukai dari scanner ini adalah bisa digunakan dengan praktis tanpa perlu kabel dikarenakan adanya baterai tipe built in di dalamnya.

Untuk kecepatan scanning dari Portable Scanner IScan01 Compact Full Color ini mencapai 12 detik per dokumen untuk ukuran A4. File yang telah discan bisa langsung Anda simpan di dalam microSD berkapasitas 1GB. Untuk kapasitas ini bisa menyimpan sampai dengan 170 dokumen. Kelebihan yang sangat terlihat dari scanner ini adalah harganya yang sangat terjangkau.

Kelebihan:

  • Portable sehingga mudah dibawa ke mana-mana
  • Bisa memindai berbagai ukuran dokumen
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Kualitas tidak sebaik jenis scanner portable lain

Beli di Bukalapak: https://www.bukalapak.com/p/komputer/scanner/apsw43-jual-portable-scanner-iscan01-compact-full-color-900dpi-with-lcd-screen

Kesimpulan

Nah, 10 scanner yang telah kami rekomendasikan tersebut terbilang sesuai untuk kebutuhan pribadi hingga bisnis dengan harga yang sesuai dengan fiturnya. Meski demikian, ada satu scanner yang kami nilai bisa memenuhi berbagai kebutuhan dengan harga yang juga cukup terjangkau, yakni Brother DS-620 Document Scanner. Jika beberapa scanner hanya cocok digunakan untuk pemakaian pribadi dan beberapa lainnya lebih pas untuk di kantor, scanner satu ini bisa dibilang pas untuk berbagai kebutuhan.

Scanner ini juga cukup mudah dioperasikan dengan satu tombol serbaguna. Hasilnya juga cukup baik dengan resolusi tinggi dan warna yang tajam. Tampilannya pun cukup stylish dengan bentuk minimalis dan warna putih yang terlihat sleek jika diletakkan di rumah ataupun kantor Anda.

Meski demikian, pastikan untuk tetap menyesuaikan scanner pilihan Anda dengan budget dan juga kebutuhan sehingga penggunaannya lebih maksimal. Jangan lupa untuk selalu membeli scanner di tempat yang terpercaya dan memperhatikan garansinya. Umumnya, scanner yang dijual di Indonesia memiliki garansi antara 1 hingga 3 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Semoga ulasan dari kami membantu Anda untuk menemukan scanner terbaik yang bisa mempermudah berbagai pekerjaan. Jangan lupa membaca buku manual saat membeli scanner dan juga memperhatikan perawatannya sehingga scanner lebih panjang umur. Selamat berbelanja!

Tinggalkan komentar

shares