10 SSD Terbaik di Indonesia 2019

SSD TerbaikPada zaman sekarang sudah banyak media penyimpanan elektronik yang beredar. Salah satu media penyimpanan adalah SSD yang memiliki kepanjangan Solid State Drive, yaitu media penyimpanan yang menggunakan komponen semacam PCB seperti yang terdapat pada RAM.

SSD sendiri merupakan media penyimpanan yang memiliki teknologi terbaru. Memiliki perbedaan yang tidak jauh dari HHD yang juga merupakan media penyimpanan yang sering digunakan. Pada dasarnya kecanggihan dari SSD dapat dilihat dari komponen pembentuknya.

Hard Disk Drive atau disingkat HDD merupakan media penyimpanan yang memiliki komponen di dalamnya berupa piringan yang digunakan untuk menyimpan data. Berbeda dengan SSD, sehingga media penyimpanan berikut ini tidak memerlukan ukuran yang besar dan memiliki kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat dibanding dengan HDD.

Pilih SSD atau HDD?

SSD dan HDD merupakan perangkat yang sama-sama digunakan sebagai media penyimpanan data. Pada saat ini SSD memiliki teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan HDD. Akan tetapi tentu saja SSD juga masih memiliki kekurangan sebagai media penyimpanan.

Oleh karena itu berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan dengan HHD untuk dapat mengetahui media penyimpanan mana yang lebih baik.

Kecepatan Baca dan Tulis Data

Kecepatan baca tulis data mempengaruhi kecepatan pemindahan file pada komputer kalian. Selain itu hal ini juga akan mempengaruhi kecepatan dari membuka file yang terdapat pada media penyimpanan. SSD memiliki keunggulan yang baik dalam hal ini. Dengan kecepatan 200 Mbps hingga 500 Mbps membuat kalian tidak perlu menunggu pemindahan data. Sedangkan jika menggunakan HDD kalian akan merasakan lamanya proses pemindahan data dimana hanya memiliki kecepatan 50 Mbps sampai 120 Mbps.

Komponen

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, HDD memiliki piringan yang bekerja sebagai media penyimpanannya. Selain piringan pada HHD juga terdapat motor dan lengan yang tersambung pada piringan untuk membaca dan menulis data. Sedangkan pada SSD hanya terdapat komponen elektronik yang menggunakan circuit sebagai fondasinya sehingga tidak memerlukan pekerjaan mekanik seperti pada HDD.

Ukuran dan Berat

Ukuran dan berat SSD vs HDDDapat dilihat dari komponennya, HDD memiliki komponen yang merupakan komponen mekanik dengan ukuran besar dan juga berat. Hal ini tentu akan membuat produk HDD juga lebih besar dan berat. Berbeda halnya dengan SSD yang menggunakan komponen elektronik dengan ukuran yang tidak besar dan juga ringan. Sehingga produk SSD yang dihasilkan pun memiliki ukuran kecil dan bobot yang ringan.

Suhu

Komponen elektronik pada SSD tidak akan membuat suhu pada media penyimpanan menjadi panas. Berbeda dengan komponen yang bekerja secara mekanik seperti HDD yang akan menghasilkan panas. Hal ini dapat membuat produk media penyimpanan menjadi tidak bertahan lama.

Suara

Selain akan menyebabkan suhu, komponen yang bekerja secara mekanik juga akan menghasilkan suara yang lama kelamaan akan menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. Apalagi bila HDD menghasilkan suhu yang tinggi akan mengeluarkan suara yang jauh lebih besar. Berbeda halnya dengan SSD yang tidak menghasilkan suara pada saat digunakan.

Bahaya Terhadap Magnet

Pada komponen elektronik yang dimiliki oleh SSD. Magnet tidak akan menghasilkan suatu ancaman terhadap media penyimpanan. Berbeda dengan HDD yang memiliki komponen piringan sebagai media penyimpanannya. Apabila piringan terganggu oleh magnet dapat menyebabkan terhapusnya data yang terdapat pada piringan tersebut. Hal ini akan membuat HDD menjadi rusak dan kehilangan data di dalamnya.

Keperluan Daya

Pada umumnya semua alat elektronik tentu saja memerlukan daya untuk dapat bekerja. Untuk SSD dapat bekerja akan menerima daya dari komputer sebesar 2-3 Watt saja. Sedangkan konsumsi daya yang digunakan oleh HDD berkisar dari 6-7 Watt. Dapat dilihat bahwa menggunakan SSD akan menurunkan konsumsi daya yang digunakan.

Waktu Booting

Waktu booting adalah waktu yang dibutuhkan oleh media penyimpanan untuk dapat mulai bekerja. Hal ini dapat kalian lihat pada saat kalian menghidupkan laptop atau komputer. Pada saat itu media penyimpanan akan bekerja. Semakin bagus media penyimpanan maka akan mempercepat waktu booting. Waktu booting yang dimiliki oleh SSD adalah 10-13 detik. Sedangkan HDD memiliki waktu booting hingga 30-40 detik.

Ketahanan Lama

Untuk menjaga drive media penyimpanan HDD agar dapat bertahan lama, maka perlu dilakukan defrag secara berkala. Apabila tidak di defrag dalam waktu lama, kinerja HDD dapat menurun. Fragmentasi ini ditimbulkan oleh data-data yang tersimpan pada piringan penyimpanan telah terpencar. Untuk SSD hal ini tidak perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan data yang tersimpan pada SSD tidak berbentuk piringan dan tidak akan terpencar.

Internal dan Eksternal

Sebagai penyimpanan eksternal SSD sangat cocok dipasang di laptopPada umumnya media penyimpanan terbagi menjadi 2, yaitu internal dan eksternal. Media penyimpanan internal merupakan penyimpanan yang dipasang pada laptop atau komputer yang kalian miliki. Hal ini membuat penyimpanan pada laptop hanya dapat dipasangkan satu pada setiap perangkatnya. Sehingga membuat kinerja dan kapasitas laptop sangat tergantung pada media penyimpanan yang dimilikinya.

Berbeda dengan media penyimpanan eksternal. Penyimpanan ini dapat digunakan sebanyak apapun karena tidak akan mempengaruhi laptop kalian. Akan tetapi media ini memiliki kekurangan berupa tidak dapat digunakan untuk menyimpan sistem laptop kalian.

Oleh sebab itu untuk memori internal banyak orang menggunakan SSD yang memiliki performa lebih baik dibandingkan HDD, membuatnya sangat cocok untuk dipasang di laptop. Sehingga performa pada laptop jauh lebih baik. Sedangkan untuk eksternal kalian dapat memilih HDD yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Kapasitas

Besarnya kapasitas merupakan hal yang penting bagi media penyimpanan. Hal ini merupakan kelemahan dari SSD. Dengan menggunakan teknologi terbaru, SSD belum dapat melampaui kapasitas yang dimiliki oleh HDD. SSD memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD.

Harga

Selain besarnya kapasitas, SSD juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Hal ini dikarenakan SSD menggunakan teknologi terbaru yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan teknologi pada HDD yang sudah lama. Perbedaan harga ini dapat dilihat pada harga HDD yang jauh lebih murah dibandingkan dengan SDD dengan besar kapasitas yang sama.

Dari keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan HDD, dapat disimpulkan bahwa SSD memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD pada banyak hal seperti kecepatan pemindahan data, ukuran, ketahanan dan lainnya. Walaupun SSD sendiri kalah dalam kompetisi harga dan kapasitas data pada HDD, banyak orang yang tetap memilih SSD karena performanya.

Sehingga bagi kalian yang tidak memiliki budget yang besar maka dapat memilih HDD yang memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan SSD dengan kapasitas yang sama. Untuk kalian yang ingin kecepatan pemindahan data yang cepat, maka SSD adalah pilihan terbaik.

Tips memilih SSD yang tepat

Spesifikasi

Untuk memilih SSD yang paling baik, tentu saja yang paling penting adalah spesifikasi yang dimilikinya. Spesifikasi yang paling penting dimiliki sebuah SSD adalah performa dan besar kapasitasnya. Semakin bagus performa dan kapasitas juga akan membuat SSD memiliki harga yang lebih tinggi. Selain itu kalian juga dapat memakai fitur-fitur andalan lain yang dimiliki oleh SSD sebagai sebuah acuan untuk memilih SSD yang tepat bagi kalian.

Performa

Salah satu poin yang terdapat pada spesifikasi yang dimiliki oleh SSD adalah performa. Pada SSD performa merupakan hal yang membuat SSD lebih unggul dari media penyimpanan yang lain dengan teknologi yang paling baru. Dengan performa yang baik akan membuat pemindahan data akan lebih cepat. Selain itu laptop yang menggunakan media penyimpanan SSD dengan performa yang bagus, juga akan membuat performa laptop kalian lebih baik.

Performa yang dimiliki oleh SSD sangat dipengaruhi oleh controller yang terdapat pada drive. Dimana, controller berfungsi untuk menangani pengelolaan data pada berbagai chip memori. Sehingga controller akan berperan pada kapasitas yang dimiliki oleh keseluruhan drive.

SSD selalu menggunakan Serial ATA (SATA) sebagai interference-nya. Versi yang dimiliki oleh interference ini akan mempengaruhi performa yang dikeluarkan oleh SSD kalian. Semakin baru versi-nya akan menghasilkan tentu saja akan menghasilkan performa yang lebih baik. Kecepatan transfer data tiap tipe SATA berbeda-beda. Pada tipe SATA I memiliki kecepatan transfer sebesar 1,5GB, SATA II 3,0GB dan kecepatan transfer SATA III sebesar 6,0GB.

Kecepatan Baca dan Tulis

SSD dengan performa yang baik akan menghasilkan kecepatan baca dan tulis yang dimiliki oleh SSD menjadi baik juga. Kecepatan baca dan tulis ini biasanya juga dituliskan pada spesifikasi yang dimiliki oleh SSD. Semakin tinggi angkanya berarti semakin cepat pula kecepatan baca dan tulis yang dimiliki oleh SSD. Tentu saja hal ini juga akan menentukan harga dari SDD tersebut.

Kapasitas Penyimpanan

SSD dengan kapasitas besar tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD dengan kapasitas yang sama. Akan tetapi SSD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan HDD. Hal ini membuat SSD sangat cocok untuk dipasangkan pada laptop yang dirancang tipis. Walaupun ukurannya yang kecil, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Perlu diingat kapasitas penyimpanan yang dimiliki SSD tidak akan mempengaruhi harga yang dimiliki oleh SSD. Oleh karena itu kalian jangan sampai beranggapan performa SSD yang baik terdapat pada SSD yang berkapasitas besar, ini tidak benar.

Untuk kalian yang ingin menggunakan SSD sebagai media penyimpanan internal, kalian harus memahami terlebih dahulu kapasitas yang kalian butuhkan untuk sistem yang bekerja pada laptop. Tentu banyak dari kalian berpikir kapasitas yang dimiliki oleh SSD adalah sedikit, sehingga SSD tidak cocok digunakan oleh laptop kalian.

Pemikiran ini merupakan hal yang salah. Sebenarnya pada saat ini kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan oleh laptop tidaklah penting karena pada saat ini kalian dapat menggunakan sistem cloud sebagai media penyimpanan. Selain memiliki kapasitas yang besar, sistem ini juga memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Dengan menggunakan sistem cloud, media penyimpanan yang diperlukan oleh laptop tentu saja akan berkurang. Nah, dengan ini kapasitas yang dibutuhkan oleh laptop tentu saja lebih kecil. Kapasitas yang diperlukan hanyalah untuk keperluan sistem yang kalian gunakan saja.

Ukuran

Media penyimpanan SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Walaupun ukurannya kecil tetapi memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan HDD yang memiliki ukuran yang lebih besar. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan sudah full elektronik.

Selain itu ukuran kecil yang kecil dan tipis membuat SSD sangat cocok untuk digunakan sebagai media penyimpanan laptop yang tipis dengan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Saat memilih SSD internal tentu saja pemilihan ukuran sangatlah penting. Hal ini dikarenakan SSD internal membutuhkan kecocokan ukuran terhadap laptop yang kalian miliki.

Umur

Tentu saja SSD dengan umur yang panjang merupakan hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Akan tetapi hal ini akan membuat harga yang dimiliki oleh SSD menjadi lebih mahal juga. Umur pada SSD dapat dilihat pada fitur-fitur yang dimiliki untuk membuat SSD dapat berumur lebih panjang. Selain itu pemakaian juga akan berefek pada umur yang dimiliki oleh SSD. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan tentang maksimal umur yang dimiliki oleh SSD dengan kemampuan budget yang kalian miliki.

Harga

Harga merupakan hal yang terpenting pada saat memilih suatu barang untuk dibeli, termasuk SSD. Harga yang dimiliki oleh SSD lebih mahal per GB-nya dibandingkan dengan media penyimpanan HDD. Hal ini dikarenakan performa yang dimiliki SSD lebih baik dari pada HDD membuat banyak orang tertarik dengan media penyimpanan SSD.

Dengan spesifikasi yang bagus tentu saja memiliki harga yang mahal juga. Oleh karena itu, sangat perlu pertimbangan antara harga dan kualitas SSD yang kalian pilih.

10 Rekomendasi SSD Terbaik Di Indonesia

1. SanDisk SSD Plus 120GB SATA

SanDisk SSD Plus 120GB SATA

Untuk SSD merek SanDisk memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan SSD dengan besar kapasitas yang sama. Tentu saja hal ini dikarenakan performa lebih tinggi dan merek yang lebih dikenal dengan kepercayaan terhadap produk-produk media penyimpanan yang dihasilkan oleh SanDisk. SSD ini sendiri memiliki kapasitas sebesar 120GB.

SSD ini akan membuat kecepatan booting yang dimiliki laptop kalian akan jauh lebih cepat. Baik untuk start maupun proses shutdown. Dengan kecepatan pembacaan sampai dengan 520 Mbps dan kecepatan penulisan hingga 400 Mbps. Akan membuat laptop dapat dipakai dengan kecepatan yang tinggi.

Dengan produksi dan desain yang baik membuat ukuran dan berat SSD dibuat seminimal mungkin dan dibuat tanpa memiliki ruang kosong, sehingga SSD akan tahan terhadap getaran yang akan merusak data pada SSD. Teknologi yang digunakan sendiri adalah tipe SLC. Yang menghasilkan performa SSD jauh lebih baik. Dengan konsumsi daya yang sedikit akan membuat laptop dapat bertahan lebih lama.

Kelebihan:

  • Mempercepat booting laptop
  • Kecepatan baca hingga 520 Mbps
  • Kecepatan baca sampai dengan 400 Mbps
  • Ukuran kecil dan bobot yang ringan
  • Tahan terhadap getaran
  • Menggunakan teknologi SLC
  • Konsumsi daya yang hemat

Kekurangan:

  • Harga yang lebih mahal
  • Kapasitas yang kecil

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/sandisk-ssd-plus-120gb-sata-sdssda-120g-hitam-i5788792-s7242597.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/oyaonlinecomp/sandisk-ssd-plus-120gb-sata-sdssda-120g

2. Samsung SSD 970 EVO NVMe M.2 250GB

Samsung SSD 970 EVO NVMe M.2 250GB

Untuk SSD ini memiliki tipe yang jauh berbeda dengan beberapa SSD yang ada di pasaran. Ini disebabkan oleh SSD ini yang tidak menggunakan interface SATA, melainkan PCIe Gen 3 yang memiliki performa jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu SSD ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dari SATA. Ukuran yang lebih tipis dan panjang membuat SSD sangat cocok untuk laptop generasi baru yang dapat menggunakan SSD ini.

Dengan kecepatan baca sampai dengan 3400 Mbps dan kecepatan tulis hingga 1500 Mbps, memperlihatkan perbedaan jauh yang dimiliki antara kedua tipe SSD. Dengan kapasitas 250GB dan teknologi MLC yang digunakan membuat SSD ini sudah sangat baik diantara SSD lainnya.

Kelebihan:

  • Interface PCIe Gen 3
  • Ukuran yang sangat tipis
  • Kecepatan baca hingga 3400 Mbps
  • Kecepatan tulis sampai dengan 1500 Mbps
  • Kapasitas penyimpanan 250GB

Kekurangan:

  • Interface yang belum tentu sesuai dengan semua laptop
  • Menggunakan teknologi MLC
  • Harga yang jauh lebih mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/samsung-ssd-970-evo-nvme-m2-250gb-voucher-i380863082-s412488200.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/samsung-evo-970-nvme-m-2-ssd-250-gb/pc–MTA-2241738

3. SSD WD 120GB GREEN SATA

SSD WD 120GB Green SATA

Dengan performa yang ditingkatkan untuk kebutuhan sehari-hari, SSD WD SATA membuat kalian lebih nyaman dalam memakai komputer. Performa yang dimiliki oleh komputer kalian akan meningkat sehingga melancarkan browsing dan game yang kalian mainkan. SSD ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 120GB.

Dengan desain yang kecil dan ringan, SSD ini telah dibuat menggunakan teknologi sehingga SSD akan tahan terhadap guncangan. Hal ini akan membantu SSD tidak mudah rusak apabila terjatuh atau terhimpit oleh barang-barang.

SSD ini menggunakan Interface SATA III, yang merupakan versi yang baik untuk saat ini. Selain itu, dengan sertifikasi dari WD berupa F.I.T Lab yang membuktikan kompatibilitas dan keandalannya merupakan standar WD yang tertinggi.

SSD WD juga memiliki keperluan daya yang sedikit. Sehingga laptop yang memakai SSD ini dapat bertahan lebih lama dari kehabisan daya baterai yang digunakan untuk media penyimpanan. Khusus pada SSD WD, telah disediakan software resmi yang akan membuat kalian dapat melihat keadaan SSD pada laptop kalian.

Walaupun SSD menggunakan teknologi SLC (single-level cell), yang membuat performa nya menjadi sangat baik dibandingkan dengan SSD lain yang menggunakan teknologi MLC ataupun TLC. Walaupun begitu SSD ini juga tidak memiliki harga yang begitu mahal.

Kelebihan:

  • Performa yang baik untuk kebutuhan sehari-hari
  • Desain dengan ukuran kecil dan bobot yang ringan
  • Tahan guncangan
  • Hemat daya
  • Memiliki software pembantu
  • Menggunakan teknologi SLC
  • Tidak mahal

Kekurangan:

  • Kapasitas penyimpanan yang kecil

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ssd-wd-120gb-green-sata-i125930062-s132271401.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/tokoexpert/ssd-wd-green-120gb-sata-iii-2-5

4. SSD Solid State Drive V-GeN 120GB SATA 3

SSD Solid State Drive V-GeN 120GB SATA 3

SSD dengan merk V-GeN yang memiliki kapasitas penyimpanan besar 120GB. SSD ini juga menggunakan teknologi interface SATA 3. Dengan kecepatan baca sampai dengan 510 Mbps dan kecepatan penulisan sampai dengan 410 Mbps. Kecepatan ini akan membantu laptop kalian untuk dapat lebih nyaman saat digunakan.

Dengan ukuran yang kecil yaitu dengan panjang diagonal hanya 2,5in. Juga dengan bobot yang sangat ringan akan membuat laptop yang dipasangkan media penyimpanan ini tidak akan terasa berat. V-GeN sendiri merupakan merek yang sudah terkenal dalam inovasi-inovasinya. Sehingga V-GeN dapat dengan serius menggunakan chipset Samsung, yang membuat kualitas SSD pastinya terjamin.

Kelebihan:

  • Menggunakan teknologi SATA 3
  • Kecepatan baca hingga 510 Mbps
  • Kecepatan tulis hingga 410 Mbps
  • Ukuran kecil dan bobot ringan
  • Menggunakan chipset Samsung
  • Memiliki harga yang tidak mahal

Kekurangan:

  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ssd-solid-state-drive-v-gen-120gb-sata-3-ssd-vgen-i109626710-s111492763.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/cyberkomputer/ssd-solid-state-drive-v-gen-120gb-sata-3-ssd-vgen-120-gb

5. Apacer SSD 120GB AS340 PANTHER SATA III

Apacer SSD 120GB AS340 PANTHER SATA III

Masih dengan SSD dengan kapasitas yang sama, yaitu 120GB. Apacer merupakan SSD dengan interface III dan teknologi Triple Level Cell (TLC). Teknologi TLC memiliki performa yang jauh dibawah SSD dengan teknologi SLC. Akan tetapi hal ini membuat SSD memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan SSD yang memiliki besar kapasitas yang sama.

Kelebihan:

  • Teknologi interface III
  • Harga yang murah

Kekurangan:

  • Kapasitas penyimpanan yang kecil
  • Teknologi TLC

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/apacer-ssd-120gb-as340-panther-sata-iii-i359601564-s377043620.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/linecomp/ssd-120gb-apacer-as340-panther

6. SSD Kingston A400 120GB 2.5″ SATA3

SSD Kingston A400 120GB 2.5 Inch SATA 3

Kingston juga merupakan merek yang terkenal di kalangan produk media penyimpanan. SSD dengan kapasitas 120GB memiliki interface SATA 3. Dengan kecepatan membaca data sampai dengan 500 Mbps dan kecepatan dalam menulis hingga 320 Mbps.

SSD ini memiliki kelebihan dalam kecepatan start-up yang baik, pemindahan data dan memiliki ketahanan yang bagus. Dengan ukuran yang kecil dan ringan dapat membantu meringankan laptop kalian pula. Walaupun SSD ini memiliki teknologi TLC yang merupakan teknologi yang paling rendah yang dimiliki oleh SSD, tetap saja SSD ini menggunakan interface terbaik sehingga memiliki performa yang baik pula. Oleh sebab itu SSD ini memiliki harga yang tidak murah.

Kelebihan:

  • Menggunakan interface SATA III
  • Kecepatan membaca sampai dengan 500 Mbps
  • Kecepatan dalam menulis hingga 320 Mbps
  • Kemampuan start-up dan pemindahan data yang baik
  • Ketahanan yang bagus

Kekurangan:

  • Kapasitas penyimpanan yang terbatas
  • Menggunakan teknologi TLC
  • Harga relatif mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ssd-kingston-a400-120gb-25-sata3-sa400s37120g-i193632490-s236301476.html

Beli di Blibli: https://www.blibli.com/p/kingston-a400-ssd-120-gb-sa400s37-120g/ps–IDH-16956-00917

7. Samsung SSD 860 Evo 2.5″ SATA 250GB

Samsung 860 Evo 2.5 Inch SATA 250GB SSD

Selain memiliki kapasitas yang lebih besar dari produk sebelumnya, yaitu sebesar 250GB. Samsung SSD juga memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih baik dari yang sebelumnya. Yaitu kecepatan baca hingga 550 Mbps dan kecepatan tulis sampai dengan 520 Mbps.

SSD juga menggunakan interface SATA III, yang akan membuat laptop lebih cepat. Dan SSD menggunakan teknologi MLC yang merupakan teknologi diatas TLC dan dibawah SLC. Hal ini akan membuat SSD Samsung akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan teknologi SLC.

Kecepatan yang dimiliki oleh SSD ini merupakan kecepatan yang dibuat agar dapat stabil dan konsisten. Sehingga pengguna akan dapat merasa lebih nyaman. Akan tetapi SSD ini memiliki harga yang cukup mahal.

Kelebihan:

  • Memiliki kapasitas yang lebih besar
  • Kecepatan baca sampai dengan 550 Mbps
  • Kecepatan menulis hingga 520 Mbps
  • Dengan menggunakan interface SATA III
  • Kecepatan pemindahan data yang stabil dan konsisten

Kekurangan:

  • Teknologi MLC yang berada dibawah SLC
  • Memiliki harga yang cukup mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/samsung-ssd-860-evo-25-sata-250gb-mz-76e250bw-i103275150-s103754873.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/trinityplaza/samsung-ssd-860-evo-250gb-2-5-sata-iii

8. Pioneer SSD APS-SL2 240GB 2.5″ SATA 3

Pioneer SSD APS-SL2 240GB 2.5 Inch SATA 3

Pioneer merupakan SSD yang memiliki performa yang tinggi dengan produk yang dapat bertahan lama. Dengan kelebihan yang anti getar akan membuat performa SSD menjadi lebih baik dan membuat SSD dapat bertahan lama dan awet. Kapasitas yang dimiliki pun tidak kecil, yaitu besar kapasitas hingga 240GB.

Selain dapat hemat energi, SSD ini juga menggunakan bahan yang membuat SSD tidak akan mudah mengeluarkan suara bising yang dihasilkan oleh SSD. Akan tetapi SSD ini memiliki harga yang mahal untuk dibandingkan dengan beberapa kompetitornya di pasar SSD.

Kelebihan:

  • SSD dengan performa tinggi dan tahan lama
  • Kapasitas penyimpanan 250 GB
  • Anti terhadap getaran dan benturan
  • Hemat energi
  • Tidak mengeluarkan suara yang bising

Kekurangan:

  • Harga yang relatif mahal

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/pioneer-ssd-aps-sl2-240gb-25-sata-3-i100026740-s100037875.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/trinityplaza/ssd-pioneer-aps-sl2-240gb-2-5-sata-3-6gb-s

9. Team SSD L7 EVO 120 GB

Team SSD L7 EVO 120 GB

SSD dengan besar kapasitas 120GB dan menggunakan interface SATA III. Daya tahan yang dimiliki oleh SSD ini juga bagus sehingga tidak mudah rusak karena guncangan dan benturan kecil. dengan kecepatan baca hingga 500 Mbps dan kecepatan tulis sampai dengan 360 Mbps.

Ukuran yang dimiliki oleh SSD ini juga tidak terlalu besar sehingga sangat pas dipasangkan pada laptop yang tipis. Dengan keperluan daya yang kecil akan membuat laptop dapat bertahan lebih lama menggunakan SSD ini pada laptopnya.

SSD ini juga memiliki aplikasi yang akan membantu kalian untuk memeriksa kondisi dari SSD yang sedang kalian gunakan. Tentu saja semua hal ini didukung dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan:

  • Ketahanan yang baik
  • Kecepatan baca hingga 500 Mbps
  • Kecepatan tulis sampai dengan 360 Mbps
  • Memiliki ukuran yang tipis dan kecil
  • Keperluan daya yang sedikit
  • Memiliki aplikasi untuk memperhatikan kondisi SSD
  • Harga yang murah

Kekurangan:

  • Besar kapasitas penyimpanan yang kecil

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/team-ssd-l7-evo-120-gb-hitam-i7923977-s10094394.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/jayapc/team-ssd-l7-evo-120gb-team-l7-120-gb-sata-3-non-bracket

10.SSD Midasforce Super Lightning 240GB

SSD Midasforce Super Lightning 240 GB

Midasforce super lightning menggunakan teknologi MLC dengan kecepatan baca sampai dengan 560 Mbps dan kecepatan penulisan hingga 500 Mbps. Selain memiliki ukuran yang tipis, SSD ini juga didukung oleh SATA III yang membuat kecepatan interface yang baik. Besar kapasitas yang dimiliki oleh SSD ini adalah 240GB.

Kelebihan:

  • Memiliki kecepatan baca hingga 560 Mbps
  • Memiliki kecepatan tulis sampai dengan 500 Mbps
  • Memiliki ukuran yang tipis
  • Didukung interface SATA III
  • Besar kapasitas 240GB
  • Memiliki harga yang tidak begitu mahal

Kekurangan:

  • Menggunakan teknologi MLC

Beli di Lazada: https://www.lazada.co.id/products/ssd-240gb-ssd-midasforce-midasforce-super-lightning-i356857126-s373086773.html

Beli di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/fortunestoreindo/ssd-midasforce-super-lightning-240gb

Kesimpulan

Dapat dilihat 10 SSD terbaik di Indonesia pada tahun 2019. Dengan ini kalian dapat lebih paham akan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh tiap SSD. Seringnya masih banyak yang menggunakan SSD dengan kapasitas yang lebih kecil. hal ini dikarenakan harga SSD dengan kapasitas besar memiliki harga yang sangat mahal.

Untuk itu bagi kalian yang ingin memiliki SSD dengan kemampuan yang dapat mempercepat laptop, kalian dapat memilih SanDisk SSD Plus 120GB SATA yang memiliki teknologi satu cell untuk setiap datanya sehingga memiliki kecepatan yang sangat baik.

Ataupun bagi kalian yang memiliki budget besar tidak ada salahnya untuk memilih SSD dengan interface PCIe Gen 3. SSD ini akan membuat kecepatan laptop yang kalian miliki terasa sangat jauh berbeda dari biasanya. Selain itu SSD ini memiliki ukuran yang sangat tipis dan sangat menghemat tempat pada laptop kalian. Sehingga desain laptop dapat dibentuk dengan sangat tipis.

Tinggalkan komentar

shares